SEO : Blog vs Website, Google Lebih Senang Mana ?

Sebelum jauh menjelaskan mari kita bersama-sama mengartikan perbedaan Blog dengan Website. Menurut wikipedia.org website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet. Sedangkan blog menurut wikipedia adalah singkatan dari "web log" yaitu bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum.

Nah, dari dua penjelasan diatas bisa kita pahami bahwa website dan weblog sebenarnya sama-sama kumpulan dari halaman situs. Sedikit perbedaannya website bisa dikatakan jenis web yang statis atau jarang di update oleh pemiliknya karena memang memerlukan waktu dan keahlian, sedangkan blog bisa dikategorikan jenis web dinamis dimana bisa lebih mudah di update oleh pemiliknya sewaktu-waktu.

Pada artikel kali ini saya sedang tidak ingin menjabarkan lebih detil mengenai definisi blog atau website, anda bisa baca lebih lanjut pada link wikipedia yang saya beri diatas. Karena kali ini saya hanya ingin memberikan pertanyaan simple saja...

Dalam metode SEO, kita sering sekali mendengar atau membaca bahwa salah satu keunggulan blog jika dibandingkan dengan website-website statis pada umumnya adalah bisa dengan mudah di update oleh pemiliknya,. Nah, seperti kita tahu salah satu hal yang disukai robot-robot crawler dari sebuah web adalah halaman yang sering update.

Bila kita membaca alur tersebut maka seharusnya blog akan lebih mudah untuk di optimisasi untuk masuk halaman utama, dengan syarat menggunakan layanan yang friendly dengan search engine yah... Tapi pada kenyataannya dalam bloghosphere dengan tema bisnis (bisnis, bisnis internet, bisnis online, internet marketing, peluang bisnis online, peluang bisnis, dsb) sebagian keyword-keyword yang banyak diperebutkan oleh marketer online justru tidak sedikit yang di kuasai website-website statis.

Lalu apakah itu berarti tidak ada jaminan antara blog atau website untuk berhasil menempati halaman utama.

Berikut contoh salah satu web yang saya optimisasi hampir 2 bulan ini, lumayan berhasil masuk halaman utama :
Peringkat masih terus berubah. Gambar diambil tanggal 19 Feb' 10, pkl. 16.00an, dengan browser firefox.

Tidak bermaksud menggurui, tapi itu adalah gambaran pembanding dengan optimisasi pada blog businessman ini yang terus di optimisasi tapi belum pernah sampai menembus peringkat puncak pada keyword yang dibidik.

Apakah ini berarti website lebih bersahabat dengan google? atau mungkin web yang berakhiran .com/info/org dll lebih disenangi ?, atau yang lainnya ?,

Bagaimana menurut anda sendiri sobat ?, manakah yang lebih disenangi google.....website atau weblog ?...

Saya Ricky, terimakasih dan sampai jumpa pada artikel peluang bisnis internet selanjutnya...



P.S: klik pada gambar untuk memperbesar.

Comments :

12 komentar to “SEO : Blog vs Website, Google Lebih Senang Mana ?”

Kristanto Wds mengatakan...
on 

Nah, seperti kita tahu salah satu hal yang disukai robot-robot crawler dari sebuah web adalah halaman yang sering update.

Berarti harus sering apdate ya mas.....

Sugiana Hadisuwarto mengatakan...
on 

Mudah-mudahan blog lebih disenangi Om Google Mas.......

Ricky mengatakan...
on 

@Kristanto Wds: Yup, setidaknya itu yang sering saya baca mas :)

@Sugiana Hadisuwarto: Mudah-mudahan ya mas :)

pudana mengatakan...
on 

Google love content kan mas, jadi isi sangat penting bagi search engine google, apalagi kontennya fresh dan up to date.

Jadi biar sering di kunjungi crawler, buat konten yang fresh dan posting informasi baru sebagai update.

Jadi blog saya pikir lebih dilirik oleh Google !

Hidup blogging !

heru mengatakan...
on 

mudah2an blog saya selalu disenangi ama mbah google

Unknown mengatakan...
on 

dinamika google sulit ditebak, jadi kita harus mengekor perubahan coding nya

T. Wahyudi mengatakan...
on 

yang tau jawabannya cuma mbah google mas... bingung juga saya... :) tapi kalau menurut saya pribadi... itu berdasarkan mata serch engine lebih bagus mana.... jadi bisa blog... bisa website...

darahbiroe mengatakan...
on 

menurut saya sama saja untuk web / blog seo mana, tapi sedikit lebih seo dot com sok teu nuy klo salah mohon jgn diketawainn


berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasihhh :D

Rizkyzone mengatakan...
on 

setuju T. Wahyudi biat mbah google aja yg kasih nilai, yang penting pemilik web / blog sudah memaksimalkan SEOnya

tukeran link mau g sob ? link kamu dah aq pasang duluan d blog aq sekalian folow juga

d tunggu baliknya

SaputraMZ mengatakan...
on 

Kalau menurut hebat saya, sekarang punya website ama punya blog mending punya blog aja, biarpun domain gratisan asalkan kita selalu exist dan aktif, maka akan terkenal juga dari pada punya webmahal tapi ditinggal begitu saja...!

iskandaria mengatakan...
on 

Saat saya menulis komentar ini, posisi keyword blog mas sudah menghilang dari halaman pertama. Kayaknya persaingan sangat ketat tuh mas.

Oya, mengenai website, bukankah banyak juga yang menggunakan CMS untuk memanage kontennya? Situs portal berita misalnya. Rata-rata sudah menggunakan CMS, sehingga bisa lebih dinamis dan sering diupdate.

Jadi persaingan di SERP hanya masalah backlink, keyword, dan tingkat kepercayaan google pada web/blog yang bersangkutan.

Ricky mengatakan...
on 

@Saputra MZ: Ya, begitupun sebaliknya kan mas. Apapun jenis web kita kalo ga di urus sayang yah..

@iskandaria: Yup, perubahan posisi disearch engine memang cepat... bahkan sudah sampai dipuncakpun belum stabil...Thanks atas pemaparannya mas.

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET