Scam Berkedok Kuis SMS ?

Beberapa waktu yang lalu iseng-iseng saya coba mengikuti kuis yang disiarkan tengah malam oleh salah satu stasiun televisi nasional. Jenis kuisnya sangat sederhana yaitu kita hanya tinggal mendaftarkan no HP secara 'gratis' untuk kemudian no tersebut akan diikutkan dalam pengundian.

Setelah mendaftar ternyata mereka akan memberikan ringbacktone secara 'paksa'. Setelah itu ada pemberitahuan bahwa dalam waktu 15 hari pulsa kita akan otomatis terpotong sekian ribu rupiah untuk perpanjangan ringbacktone tersebut.

Menurut pandangan saya, cara itu bukanlah sebuah praktek scammer jika mereka memberi pilihan untuk menerima atau menolak layanan tersebut sebelum dilakukan pemotongan pulsa secara otomatis. Tapi yang terjadi sebaliknya, setelah 15 hari berjalan dan setelah pemotongan pulsa otomatis dilakukan barulah sms pemberitahuan untuk menghentikan layanan diberikan...hmm...

Jadi, intinya praktek semacam itu adalah sebuah pemaksaan...Coba kita bayangkan seandainya acara tersebut disaksikan oleh jutaan orang Indonesia, bisa saja sekian persen nya akan mengikuti kuis. Hitunglah berapa besar keuntungan yang bisa didapatkan vendor dengan 'cara paksa' seperti itu.

Sobat netter, cerita diatas hanyalah sebuah opini saya melihat fenomena maraknya jenis-jenis acara kuis via sms yang terus berkembang dewasa ini. Jadi, hati-hatilah anda bila ingin mengikuti acara-acara kuis ditelevsi dengan iming-iming 'gratis', karena sudah sewajarnya bahwa setiap perusahaan pasti akan mencari keuntungan sebesar-besarnya dari aktivitas yang dilakukan. Jadi sangatlah tidak mungkin mereka akan memberikan hadiah cuma-cuma tanpa ada tujuan lain dibelakangnya.

Ok, sekian dulu artikel singkat ini. Semoga bermanfaat

Best Regards,

Comments :

3 komentar to “Scam Berkedok Kuis SMS ?”

AgenPru Online mengatakan...
on 

Iya bro, itu sama saja dengan lotre alias tidak halal. Mereka ngumpulin pulsa dari yang daftar terus sebagian dibelikan hadiahnya.

Mendingan bisnis yang real daripada nunggu hadiah yang gak halal.

AgenPru Online

Ricky mengatakan...
on 

@AgenPru Online: Betul mas, mendingan bisnis yang real aja deh :)

Erdien mengatakan...
on 

Iya tuh, marak banget sekarang SCAM berkedok SMS kek gitu. Beberapa teman saya juga ada yang jadi korbannya :D

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET