Affiliate Program - Cara Mudah Atau Termudah ?

Sebagian besar expert marketer berpendapat cara paling mudah dan cepat memulai bisnis internet bagi seorang pemula atau newbie adalah menjalankan program affiliasi atau affiliate program. Benarkah pendapat tersebut ?.

Sebelum lebih jauh, berikut ini merupakan langkah-langkah dasar dalam affiliate program yang membuat sebagian besar expert marketer mengatakan program ini cocok dijalankan oleh seorang newbie.


1. Menfaftar pada situs-situs dengan sistem affiliasi
2. Ambil affiliate link untuk promosi
3. Promosikan link affiliate tersebut melalui berbagai media online

Yup, cukup tiga langkah saja untuk bisa menjalankan program affiliasi, mudah bukan ?, maka itu program ini memang cocok dijalankan oleh seorang newbie atau pemula bila ingin cepat mendapat uang diinternet.

Tapi, sebuah kenyataanpun muncul bahwa lebih dari 95 % affiliate marketer gagal menjual apapun diinternet...Hmmm...Kenapa bisa terjadi ?, apa ini salah para expet marketer yang mengatakan program ini cocok untuk pemula, atau justru kesalahan para newbie dalam mengartikan istilah tersebut.

Bagi saya pribadi akan mengatakan benar jika affiliate marketing dikatakan sebagai cara termudah menghasilkan uang diinternet, paling tidak jika dibandingkan dengan program-program make money online lainnya seperti product creation, web designer, dll. Tapi saya akan mengatakan salah bila ada yang menganggap affiliate marketing merupakan cara mudah menghasilkan uang.

Memang hanya pandangan subyektif saja, akan tetapi tidak sedikit pemula yang memulai affiliate marketing dengan anggapan program ini merupakan cara mudah mendapatkan uang diinternet Setelah menjalankan akhirnya gagal...rugi...berhenti...

Tidak mudah menjalankan program affiliate. Karena untuk bisa memasarkan sebuah produk secara online kita membutuhkan strategi yang tepat, alat-alat promosi yang lengkap dan kemampuan memilih produk yang diinginkan pasar. Ternyata sulitkan ?

Tidak juga, kalo mau semua item tersebut bisa dilakukan lewat internet.

1. Strategi yang tepat
Ada banyak cara memasarkan produk secara online, misalkan PPC, blog, SEO, web presell, dll semua cara tersebut bisa ditemukan pada internet. Kita hanya tinggal memilih dan memilah cara yang tepat dan cocok untuk digunakan, dengan riset semua itu akan bisa ditemukan. Setelah itu praktekan dan modifikasi.

2. Alat-alat promosi
Dalam program affiliate terdapat banyak sekali tools yang bisa kita gunakan untuk berpromosi. Alat-alat tersebut sifatnya hanya sebagai penunjang strategi promosi yang akan kita jalankan, jadi pilihlah tools yang cocok dengan strategi tersebut. Semua bisa kita cari di search engine, sebagai contoh bila kita ingin mempromosikan website presell melalui optimasi di search engine maka gunakanlah software-software yang bisa membantu misalnya bookmarking demon, pengirim iklan massal, dsb. Jangan salah alat dengan menggunakan url cloaking yang justru akan menghambat proses.

3. Kemampuan produk yang diinginkan pasar
Banyak sekali cara riset produk yang diminati pasar, kita cukup gunakan alat-alat riset seperti keywordtool external.

Masih banyak masalah dan solusi yang lainnya, tapi semua itu tetap membutuhkan proses. Pada intinya semua cara pasti ada prosesnya, jadi benarkah affiliate program masih merupakan cara termudah untuk memulai bisnis diinternet ?,

Best Regards,

Comments :

2 komentar to “Affiliate Program - Cara Mudah Atau Termudah ?”

adi mengatakan...
on 

Setuju sekali pak Ricky, yang jelas gampang2 susah, yang penting belajar terus deh.. update terus ulasannya pak biar saya bs belajar terus...

Ricky mengatakan...
on 

@adi: terus belajar :) ,. Sip mas, insyaallah terus di update...

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET