Apa Itu Email Marketing ?

E-mail marketing merupakan suatu bentuk pemasaran secara langsung dengan menggunakan surat elektronik sebagai media penyampaian pesannya. Atau dengan kata lain, setiap pesan yang dikirimkan secara massal kepada para subscriber/pelanggan bisa dikategorikan sebagai email marketing.

Dalam bisnis internet, email marketing sering di identikan dalam hubungannya dengan sistem autoresponder. Karena dengan sistem autoresponder memungkinkan seorang marketer online untuk mengatur strategi pengiriman email secara langsung maupun terjadwal terhadap semua subscriber.

Aktivitas email marketing bisa difungsikan guna :
1. Meningkatkan hubungan antara merchant dengan pelanggan baru dan lama guna mendorong loyalitas pelanggan untuk merespon kembali informasi yang baru.
2. Memperoleh pelanggan baru atau meyakinkan calon pelanggan untuk segera mengambil tindakan.
3. Join venture dengan marketer lain untuk saling bertukar informasi terhadap masing-masing contact list.

Dalam proses email marketing, kita sering mendengar istilah permission marketing. Yaitu suatu metode pengiriman email yang sudah melewati proses dimana sipenerima email setuju untuk menerima setiap informasi yang dikirim. Metode permission marketing sangat direkomendasikan oleh para expert marketer untuk mengurangi aktivitas spam.

Proses permission email marketing bisa kita lakukan melalui opt-in email yang sudah terhubung dengan sistem autoresponder. Opt-in email adalah istilah yang digunakan ketika seseorang diberikan pilihan untuk menerima e-mail yang dikirim secara massal, biasanya berupa mailing list, newsletter, atau iklan. Mendapatkan izin sebelum mengirim e-mail sangat penting, karena tanpa adanya izin maka setiap e-mail yang dikirim bisa dkategorikan sebagai spam.

Best Regards,



sumber : wikipedia.org

Comments :

0 komentar to “Apa Itu Email Marketing ?”

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET