Apa itu SEO ?

Pernahkan anda mendengar Search Engine Optimisasi atau biasa disingkat dengan SEO ?,

menurut wikipedia.org " Search Engine Optimization atau SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung ".

Dalam internet metode SEO memang dipergunakan oleh para pemilik web untuk mendapatkan traffic organik yang berasal dari search engine. Salah satu keuntungan traffic yang berasal dari search engine biasanya merupakan traffic tertarget, maksudnya mereka memang sedang mencari informasi yang sedang kita tampilkan di sana. Jadi kemungkinan mereka untuk menindaklanjuti informasi tersebut akan semakin besar.

Sebagai contoh bila anda mengunjungi search engine google atau yahoo dan mengetikan sebuah kata kunci pada kolom pencarian maka anda akan menemukan ribuan atau bahkan jutaan halaman website disana. Kenyataannya, hampir seluruh pencari informasi diinternet hanya akan mengunjungi 3 s/d 5 halaman pencarian saja, selanjutnya mereka akan mencoba kata kunci lain untuk melakukan pencarian.

Nah, itulah salah satu keuntungan website yang berhasil menempati posisi/rangking tinggi pada SERP's (Search Engine Result Page's), karena hampir setiap pengunjung yang datang memang sedang mencari informasi yang ditampilkan, sehingga kesempatan untuk merespon informasi tersebut pun akan semakin besar.

Sebelum menempatkan sebuah website pada halaman pencarian, ada beberapa komponen search engine yang menentukan posisi/rangking sebuah website. Diantaranya :

1. Web Crawler / Web Spider
yaitu komponen yang bertugas untuk mengumpulkan semua informasi yang ada di dalam halaman web. Setiap kali web crawler mengunjungi sebuah website, maka dia akan mendata dan menindaklanjuti semua link yang ada dihalaman tersebut. Proses web crawler dalam mengunjungi setiap dokumen web disebut dengan web crawling atau spidering. Secara umum crawler memulai prosesnya dengan memberikan daftar sejumlah alamat website untuk dikunjungi, atau disebut seeds. Setiap kali sebuah halaman web dikunjungi, crawler juga mencari alamat lain yang terdapat didalamnya dan menambahkan kedalam daftar seeds sebelumnya. Selanjutnya, setelah salinan dari halaman web selesai crawler akan mengirimkan informasi-informasi tersebut ke indexing system untuk di proses lagi.

2. Indexing System.
Secara singkat indexing sistem bisa dikatakan sebuah proses pengumpulan, pemilahan dan penyimpanan data yang diberikan oleh crawler. Selanjutnya data-data tersebut akan dianalisa secara otomatis dengan menggunakan penggabungan beberapa ilmu, antara lain bahasa, psikologi, matematika, informatika, fisika, dan ilmu komputer. Setelah selesai data-data tersebut akan disimpan dalam database indeks untuk dapat digunakan pada proses pengaksesan informasi secara tepat dan akurat.

3. Search System
Search system adalah proses yang berhubungan langsung dengan pengguna untuk menyediakan informasi yang diinginkan. search system akan mencari data dari indeks database, data yang cocok kemudian akan ditampilkan, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan terkadang sebagian teksnya.

Rangkaian diatas merupakan proses bagaimana sebuah website bisa berada di posisi terdepan search engine. Nah, untuk bisa berhasil menaklukan ketiga proses tersebut para web master melakukan pengoptimalan terhadap web mereka. Proses pengoptimalan inilah yang dikenal dengan istilah Search engine optimization.

Pada awal berkembangnya search engine proses pengoptimalan hanya dilakukan pada bagian dalam sebuah website saja, seperti pengaturan keyword density, judul, anchor text atau field khusus yang disebut meta tags, dll. Akan tetapi seiring perkembangan pengetahuan para web master, akhirnya search engine pun merubah rumusan algoritma mereka dengan menerapkan system on-page dan off-page optimization. Secara singkat :
1. on-page opmization adalah pengaturan yang ada didalam sebuah website. Sedangkan
2. off-page optimization adalah pengaturan-pengaturan diluar sebuah website.

Selain kedua system tersebut sebenarnya masih banyak sekali mitos SEO yang dimunculkan oleh para web master, akan tetapi tidak semua mitos tersebut benar. Karena pada intinya tidak ada yang tahu pasti rumusan algoritma yang dirancang oleh masing-masing search engine, rumusan tersebut sudah ditanamkan kedalam system otomatis pada komponen-komponen search engine yang berfungsi menentukan proses pe-rangkingan.

Ok sobat, itu saja penjelasan umum tentang apa itu SEO. Sebenarnya masih banyak komponen, manfaat, strategi dan mitos dalam SEO, tapi akan terlalu panjang jika harus diurai pada artikel ini. Semoga penjelasan umum tersebut bisa menjawab pertanyaan dasar anda tentang pengertian Search Engine Optimization (SEO), next time kita coba bahas tentang SEO selanjutnya yah...

Silakan download free ebook tentang SEO versi resmi google pada link berikut :

Download



Kesimpulan :

1. SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk menempatkan sebuah website pada rangking tertinggi pada sebuah keyword search engine.
2. Tujuan utama SEO yaitu untuk meningkatkan jumlah traffic/kunjungan dari search engine.
3. Ada 3 komponen search engine dalam menentukan rangking sebuah web di halaman pencarian, yaitu web crawler, indexing system dan search system.
4. 2 Strategi untuk menaklukan search engine yaitu on-page optimization dan off-page optimization.
5. Tidak ada satu pakarpun yang tahu pasti rumusan algoritma untuk menaklukan search engine, karena hal tersebut merupakan rahasia masing-masing search engine.

Semoga bermanfaat...



sumber : berbagai sumber diolah.

Comments :

0 komentar to “Apa itu SEO ?”

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET