2 Kesalahan Yang Harus Dihindari Dalam Joint Venture

Anda mungkin tahu, bahwa dalam bisnis online Joint Venture atau JV bisa dijadikan suatu kekuatan besar dalam membangun sebuah bisnis yang berpotensi melipatgandakan profit jika disatukan dengan sempurna. Yang menjadi masalah yaitu tidak semua bisnis bisa disatukan dengan baik, dan tidak semua pemilik bisnis bisa cocok dengan yang lain. Ada banyak alasan mengapa Joint Venture tidak bisa bekerja bagi banyak orang, akan tetapi sebenarnya semua kesalahan-kesalahan tersebut bisa di eliminir bila kita bisa menghindari hal-hal yang bisa memicu konflik.

Berikut ini 2 kesalahan Joint Venture dalam bisnis internet yang bisa kita hindari.

Hal pertama yang harus kita perhatikan bila ingin mendapatkan hasil terbaik dalam JV bisnis internet yaitu dengan siapa kita bekerjasama dan komponen apa yang kita tawarkan untuk menjalin kerjasama tersebut. Seperti halnya mailing list, jika kesepakatan JV yang kita buat termasuk melibatkan list email maka harus dipastikan informasi seperti apa yang akan di berikan. Email marketing dalam hubungannya dengan JV bisnis internet bisa diibaratkan seperti surga atau neraka, semua tergantung tawaran yang diberikan di mana reputasi kita sangat di pertaruhkan, karena belum tentu listing subscriber yang kita miliki merespon secara positif tawaran tersebut. Maka itulah sebabnya kita harus berkomunikasi dengan jelas dan menganalisa setiap tawaran yang diajukan oleh calon patner JV. Satu kesalahan besar yang kerap kita lupakan yaitu memberikan data subscriber kepada patner JV tanpa izin, tindakan ini bisa berdampak buruk terhadap reputasi kita karena data subscriber bisa dikatakan bersifat pribadi. Oleh sebab itu bila ingin bertukar data pelanggan dengan patner JV kita harus mendapat persetujuan dan memberitahu bahwa kita sedang menjalin kerjasama dengan mitra yang akan saling memberi informasi. Beri pengertian pada mereka untuk tidak perlu khawatir.

Hal yang kedua yaitu memilih momentum terbaik untuk menjalankan kerjasama. Momentum awal bisa sangat mempengaruhi hasil akhir kerjasama, maka itu carilah momentum terbaik yang bisa menguntungkan misalkan pemilihan hari, musim, dsb. Beberapa expert mengatakan bahwa pengiriman email di pertengahan minggu dan di awal bulan bisa jauh labih baik dibanding waktu lain. Banyak marketer baru yang kurang memperhatikan bahwa terkadang hal-hal yang dilihat sederhana sebenarnya bisa mempengaruhi hasil akhir sebuah kesepakatan, jadi kita bisa hindari kesalahan tersebut. Dalam bisnis internet joint venture bisa dijadikan strategi promosi yang mendatangkan kunjungan dan keuntungan dalam waktu singkat.

Joint Venture dalam bisnis internet bisa dikatakan sebagai salah satu strategi promosi yang dapat menjadikan banyak uang dalam waktu singkat. Meskipun pada kenyataannya lebih banyak internet marketer yang masih menggunakan cara-cara umum menghasilkan traffic yaitu dengan article marketing, PPC, SEO dan video marketing yang membutuhkan waktu lebih banyak. Tidak ada yang salah dengan cara-cara tersebut, akan tetapi pada intinya Joint venture hanyalah salah satu strategi promosi dalam bisnis internet, dan cara ini bisa menjadi efektif bila kita tahu bagaimana memanfaatkannya. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mulai membangun list milik sendiri, karena seperti yang sering dikatakan para expert bahwa dalam bisnis online, LIST = ASET yang bernilai tinggi.

Best Regards,

Comments :

1
Erdien mengatakan...
on 

Siiip, makasih ilmunya Mas :)

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET