Hidden Stakeholder Dalam Bisnis Internet...

Pengusaha Dunia Maya. Begitulah istilah yang sering digunakan bagi para pengusaha yang menjalankan bisnis mereka didunia maya. Saya tidak asal memberikan istilah tersebut, namun berdasarkan terminology yang dikemukakan oleh para pelaku bisnis itu sendiri. Dalam beberapa tahun terakhir, wacana tersebut bahkan menjadi hangat diperbincangkan para kalangan pelaku bisnis, mahasiswa sampai dengan pelajar!. Yang lebih mencengangkan nama2 seperti Warren Buffet, Bill Gates, William Colgate Rockefeller, Donald Trump, Anita Rodick sampai gurunya para jutawan dunia ‘Robert T.Kiyosaki’ melalui buku2 bisnisnya, meski tidak secara eksplisit mereka menyinggung bahwa bisnis internet merupakan jenis bisnis yang akan merubah masa depan dunia.

Lantas, apa hubungannya antara pengusaha didunia maya dengan Hidden stakeholder ?,

Okey teman..Seperti kita ketahui istilah stakeholder dalam bisnis adalah pihak-pihak yang harus kita layani. Antara lain : pelanggan, pemasok, karyawan, investor, media massa dan masyarakat umum.
Akan tetapi sebagai orang beragama seharusnya kita wajib mempunyai falsafah bahwa bisnis adalah ibadah. Dan ibadah yang baik tidak hanya wajib melayani hal2 yang sifatnya sekuler, namun juga spiritual. Ibadah yang suci yaitu bila kita melibatkan Tuhan YME dalam segala pekerjaan kita sehari-hari, dan Tuhan dalam konteks ini adalah Hidden Stakeholder.

“Meski Tuhan tidak pernah meminta, tapi manusia harus memberi” , kutipan tersebut merupakan nasehat dari Robert T. Kiyosaki –guru para jutawan dunia-. Lalu apa maksudnya?

Di sadari atau tidak seringkali kita membaca artikel atau mungkin bagi yang sudah mengalami, yaitu betapa mudahnya mencari uang melalui bisnis internet. Pekerjaan yang seharusnya dikerjakan beberapa orang, bisa kita kerjakan sendiri hanya dengan mos dan keyboard pada komputer kita. Dengan begitu penghasilan yang seharusnya dibagikan ke beberapa orang bisa kita nikmati sendiri :)
Tapi kawan, bukankah itu suatu pertanda…pertanda bahwa dengan kemudahan seperti itu, apakah mungkin kita juga sedang diberikan kemudahan untuk berbagi dengan sesama ?

Lihatlah contoh seorang remaja bernama Habibie Afsyah, Seorang remaja Indonesia berusia 20 tahun yang mendapat penghargaan dari Amazon.com -sebuah situs afilliate network terbesar didunia- sebagai afilliate asal Indonesia yang berhasil mendapatkan penjualan terbanyak disitus tersebut. Percayakah kalian bila saya katakan Habibie adalah remaja yang mempunyai keterbatasan fisik !, yap..ia tidak bisa menggunakan kedua kakinya untuk berjalan karena penyakit yang di deritanya sejak kecil. Lalu dengan kondisi tersebut apakah mungkin ia bisa melakukan hal serupa didunia nyata..mungkin bisa..tapi mungkinkah dalam tempo 1 tahun ia bisa menjadi jutawan melalui bisnis nyata dengan kondisi "seperti itu" ?..jujur saya katakan sulit..Bahkan untuk orang yang normal sekalipun! (maaf tidak bermaksud melecehkan kondisinya).

Lalu apa yang ia lakukan sehingga bisa sukses seperti itu di internet ?, Habibie melibatkan hidden stakeholder dalam bisnisnya. Dia mendermakan 10 % dari setiap penghasilannya diinternet untuk yayasan sosial yang ia dirikan. Lalu apakah Tuhan mengurangi hartanya, saya rasa tidak. Tuhan justru menambah kesuksesannya melalui situs yang baru dibuatnya. Khusus situs tersebut, bahkan nama2 seperti Tung desem waringin (motivator bisnis), Fabian Lim (CEO Asia Internet Academy), Ivan Satya (SEO specialist), Suwandi Chow (Penulis sukses di internet), Jim Meidy & Arief Adinoto (motivator) berani memberikan aplus kepada Habibie.

Habibi Afsyah adalah salah satu dari sekian banyak contoh orang yang melibatkan hidden stakeholder dalam bisnis internet. Urusan mudah, bisnis lancar, penghasilan berlipat ganda,bisnis berkembang. Percayalah!

Mungkin benar apa yang dikatakan Robert T. Kiyosaki ?, bahwa :
“Meski Tuhan Tak Pernah Meminta, Tetapi Manusia Harus Memberi”

- Tulisan ini diilhami dari majalah pengusaha edisi “Enterpreneur Religius” dan pengalaman pribadi penulis selama menjalani bisnis didunia maya -



NB : Kita juga bisa berbagi kepada sesama dengan cara transfer melalui Indosiar Peduli Kasih atau RCTI Jalinan Kasih.

Comments :

11 komentar to “Hidden Stakeholder Dalam Bisnis Internet...”

Umar Puja Kesuma mengatakan...
on 

Menarik dan menggugah inspirasi artikel anda Mas Ricky.
Memang kebanyakan kita melupakan faktor X (derma) itu saat asyik berbisnis. Padahal sudah banyak bukti faktor X itu bisa menjadi kekuatan super yang kasat mata untuk menggerakkan perputaran bisnis kita menjadi sangat luar biasa. Dan nyatanya tidak pernah terdengar kisah karena banyak menggunakan faktor X itu lalu si pengusaha jadi bangkrut. Cerita yang ada malah sebaliknya.

Saran: Bagaimana kalau captcha di off saja.
KLIK BISNIS GURU : Referensi Bisnis dan Info Pendidikan

syahru tetepsemangat mengatakan...
on 

membangun tras jika nempel di raksasa jadi raksasa jugayaaaa...salam fantastic

Ricky mengatakan...
on 

To :
Mas Umar : Ya memang itulah rahasia alam mas, Terimakasih komentarnya dan sarannya, langsung diproses.

Mas Syahru : Terimakasih komentarnya & salam fantastic juga.

Zamahsari se mengatakan...
on 

Banyak memberi maka akan banyak menerima... Semoga kita termasuk orang yang banyak shodaqohnya, Amien

Ardy Pratama mengatakan...
on 

Mnusia hrusx brsyukur dngn ap yg dberikan oleh Tuhan.. Tpi syngx bnyk yg krng brsykur, mngaggap bhwa yg dhsilkan adalh brsla dri krjax sndiri. Pdhal ada 'faktor X' dblik apa yg ia dptkan...

Habibie Afsyah, sya mmng kgum dngn shbat sya yg satu ini... Slah satu intrnet mrketer luar biasa yg prnah sya jmpai.. :)

sumartono mengatakan...
on 

Sungguh posting yang berkualitas dan inspiratif. Dan memotivasi kita semua, bahwa trend bisnis online memang semakin cerah.
Terima kasih sebelumnya sudah berkunjung ke blogku. Salam kenal kembali.

Ricky mengatakan...
on 

To :
Ardy : Terima kasih atas komentarnya, senang mengetahui bahwa kita mengagumi orang yang sama
Sumartono : Terima kasih atas pujiannya, saya juga masih harus banyak belajar.

Joko Susilo mengatakan...
on 

Bill Gates pernah berkata begini: "In terms of doing things I take a fairly scientific approach to why things happen and how they happen. I don't know if there's a god or not, but I think religious principles are quite valid."

Ricky mengatakan...
on 

@ Mr.Joko Susilo : Benar dan sangat bijaksana kutipan kata" yang dikatakan bill Gates, memang sampai kapanpun kita tidak akan pernah tahu bagaimana cara Tuhan bekerja kepada setiap umatnya, tetapi sesuatu yang harus kita tahu adalah Tuhan selalu memberikan yang terbaik bagi umatnya.
Terima kasih atas kutipan motivasinya, Pak Joko memang selalu menjadi panutan bagi kita semua.

-salam sukses-

sinyalbisnismurah mengatakan...
on 

1 harta yang kita nafkahkan di jalan Allah dengan penuh ikhlas, tidak tanggung-tanggung, Allah akan melipatkan gandakan menjadi 700x lipat...

salam kenal..

http://LendraAndrian.com

Ricky mengatakan...
on 

@lendra: Terima kasih atas kunjungannya mas, wah hebat mas sudah bisa melipatgandakan profit menjadi 700x lipat.
Memang Allah sangat menyukai setiap hambanyanya yang mau berbagi dengan orang" yang membutuhkannya.

-salam sukses-

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET