Cara Sembunyikan Url Affiliate

Beberapa waktu lalu saya mendapatkan sebuah email dari program e-course di internet, salah satu isi materi yang diberikan adalah cara menyembunyikan url affiliate agar terlihat lebih professional, atau biasa disebut cloacked url affiliate.

Setelah dipikir-pikir, tak ada salahnya tho tema tersebut saya ulas pada blog ini...Yah, siapa tahu bisa disharingkan dan menjadi sebuah informasi yang bermanfaat :-)

Oke langsung saja, apa saja manfaat yang bisa kita dapat dengan menyembunyikan url affiliate/cloaked url affiliate ?

1. Bisa sedikit membantu penjualan. Meskipun bagi orang awam tidak ada pengaruhnya kode affiliate dibelakang url atau bahkan mereka tidak tahu apa itu affiliate, tapi bagi beberapa marketer yang sudah paham bisnis internet biasanya suka menindaklanjuti sebuah informasi langsung pada situs utamanya. Sebagian dari mereka sungkan untuk berhubungan dengan affiliate.
2. Kredibilitas sebagai marketer, yap sebagai marketer kita terlihat lebih professional jika mempromosikan url tanpa ada kode apapun dibelakang nama domain.
3. Link url kita akan lebih singkat dan mudah diingat.

Lalu, bagaimana cara menyembunyikan url affiliate atau url redirect ?

Pertama-tama kunjungilah situs-situs yang menyediakan layanan url redirect secara gratis, seperti tinyurl atau offto.net. Setelah itu modifikasi url kita disana. Berikut cara memodifikasi url dengan offto.net, salah satu situs yang pernah saya dapat dari blog milik welly mulia dan kebetulan mudah dipraktekan bagi pemula:




1. Affiliate url : isi dengan affiliate url anda.
Contoh pada gambar diatas saya memasukan url afiliate milik saya, yaitu: http://www.thegeniusbiz.com/?id=ricky_rich
2. Nickname (optional). Tuliskan optional affiliate link yang ingin anda
gunakan, pada contoh gambar diatas saya menggunakan nama situs aslinya yaitu
thegeniusbiz.
3. Title. Isilah meta-title produk yang anda jual. Contoh diatas saya menulis
affiliate marketing.
4. Hide links to affiliate program on landing page. centang saja.
5. cloak it!. Klik saja.
6. Cloacked Url. Tekan copy to clipboard-ok, selesai. Setelah itu jangan lupa lakukan test terhadap url modifikasi tersebut sebelum dipromosikan. Contoh diatas url baru saya adalah http://offto.net/thegeniusbiz (coba perhatikan perubahannya dengan url affiliate yang asli).
Note: bila kita memodifikasi url dengan cara ini maka akan munculnya nama domain situs tersebut pada url affiliate. Contoh diatas muncul offto.net.

Meskipun terlihat praktis tapi ada kekurangan dalam modifikasi url dengan cara ini yaitu bila optional nick name affiliate url yang kita inginkan sudah terpakai, maka akan muncul 'kode unik' dibelakang url affiliate yang sudah dimodifikasi. Kembali pada contoh diatas, bila optional nickname thegeniusbiz dicloaked sekali lagi, maka url modifikasinya akan menjadi seperti ini : http://offto.net/thegeniusbiz/3e91 (coba bandingkan kedua url modifikasi yang sudah jadi pada contoh diatas).

Wah..sama aja dong dengan url affiliate sebelum di cloacked?, lebih jelek malah

Tenang sobat, berikut ada solusi yang mungkin bisa dipraktekan yaitu kita bisa gunakan optional nickname lain yang masih berhubungan dengan produk yang sedang dipasarkan. Misalnya optional nickname lain untuk contoh diatas saya buat jadi bisnisjenius,setelah dicloaked maka url affiliate modifikasi akan menjadi seperti ini : http://offto.net/bisnisjenius (bagus juga kan..). atau bisa juga gunakan kata-kata yang lain sehingga url affiliate kita terlihat lebih singkat dan profesional.

Up date

Ternyata ada info yang tertinggal, bahwa kitapun bisa mencari uang dengan menggunakan salah satu situs penyedia layanan url redirect ini lho. Mau tau cara nya ?

Ada situs bernama adf.ly dan linkbuks yang siap memberikan komisi bagi membernya untuk setiap klik pada link yang sudah di cloacked menggunakan layanan situs tersebut.

Kita kembali ke contoh diatas ya, misalnya affiliate link milik saya http://www.thegeniusbiz.com/?id=ricky_rich saya cloacked dengan adf.ly. Maka bentuknya akan menjadi seperti ini : http://adf.ly/VXj.

Nah, bila ada orang yang melakukan klik pada link tersebut maka adf.ly akan membayarkan sejumlah komisi ke rekening paypal saya. Mudah kan .

Memang mudah, tapi bila kita perhatikan bentuk URL jadi kurang menarik

Yup, salah satu perbedaan cloacking URL dengan menggunakan adf.ly dibandingkan dengan offto.net atau tinyurl adalah kita tidak bisa memilih sendiri bentuk url, atau dengan kata lain url sudah otomatis terbentuk pada saat kita melakukan cloacking.

Terus ada cara lain ga, biar kita bisa dapat komisi tapi url tetap bisa terlihat bagus ?...
Ok, ada sedikit tips yaitu anda bisa coba sedikit mengecoh pengunjung dengan memasukan url yang sudah di cloacking tersebut dalam anchor text sebuah artikel atau signature email, contohnya jadi seperti ini : thegeniusbiz.com..ga keliatan kan .

Andapun bisa menyelipkan url tersebut pada banner. atau link download sebuah produk. Dan banyak lagi yang bisa anda lakukan untuk mengecoh pengunjung.

Selain komisi dari setiap klik link, adf.ly juga akan memberikan sejumlah komisi untuk setiap referrer yang bergabung melalui affiliate link milik anda.

Hmm..iya sih, tapi coba ada situs lain yang bisa memberikan komisi untuk setiap klik tapi juga bisa memberikan pilihan bentuk url. Seperti perpaduan offto.net dengan adf.ly gitu...mungkin lebih enak kali ya

Mmm,.. sebenarnya ada lho sebuah situs lagi yang menyediakan layanan url redirect dengan bisa memilih bentuk url sendiri seperti offto.net tapi juga bisa memberikan komisi untuk setiap klik link seperti adf.ly.

Mau tau ?...MAUUUU..
Tapi jangan bilang siapa-siapa ya

Oke sobat, situs tersebut bernama linkbee. Fungsinya hampir sama dengan adf.ly atau linkbuks tapi perbedaannya yaitu anda bisa menentukan sendiri bentuk url nya.

Kembali ke contoh diatas. Misalnya affiliate link contoh diatas yaitu http://www.thegeniusbiz.com/id=ricky_rich akan saya cloacked dengan menggunakan linkbee, setelah selesai maka bentuknya menjadi seperti ini : http://linkbee.com/thegeniusbiz.(coba bandingkan dengan hasil cloack url dengan offto.net)..Hampir sama kan ?, tapi di linkbee anda juga bisa dapatkan komisi untuk setiap klik link yang dilakukan pengunjung anda serta persentase komisi untuk setiap klik yang dilakukan pengunjung referer anda sampai kedalaman 5 tingkat.

Apa ini ilegal ?, sejauh yang saya tahu semua situs tersebut legal kok. Karena untuk setiap klik pada link yang sudah di cloacking, pengunjung tidak akan dibawa langsung pada halaman situs yang dituju...akan tetapi akan lebih dulu dibawa ke halaman iklan para advertiser yang sedang bekerjasama dengan linkbee, adf.ly atau linkbuks.

Jadi prinsip dasarnya hampir sama dengan situs PPC...Yaitu pengelola situs bisa diibaratkan sebagai broker yang menghubungkan advertiser - publisher - pengunjung.

Bingung ?

Oke, sebagai contoh coba anda klik affiliate link yang sudah saya cloak dengan adf.ly [disini] atau linkbee [disini] lihatlah kemana anda akan dibawa. Ya, anda akan dibawa kehalaman situs adf.ly atau linkbee dulu. Bila anda ingin meneruskan untuk melihat situs thegeniusbiz.com, maka lanjutkan dengan klik link yang ada dipojok kanan atas monitor anda. Nah, pada halaman itulah nanti situs adf.ly atau linkbee menampilkan iklan para advertiser mereka, dan beberapa % dana iklan advertiser tersebut diberikan kepada saya yang sudah membawa anda untuk melihat iklan mereka...Jadi jelas tho siapa yang membayar kita...

Terus mendingan pake yang mana dong untuk menyembunyikan url affiliate kita ?, yang ada komisinya atau tidak ?,

Sebenarnya tidak ada yang lebih bagus atau jelek, karena setiap situs url redirect pasti memiliki kelebihan atau kekurangannya masing-masing. Tinggal anda yang bisa mencobanya sendiri untuk mencari yang cocok.

Bagaimana sobat, tertarik mengutak-atik url affilate anda?, atau punya pengalaman menarik tentang cloaked url affiliate, saya tunggu komentarnya yah...

Saya ricky, terimakasih dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.



Comments :

51 komentar to “Cara Sembunyikan Url Affiliate”

Benny mengatakan...
on 

sips mas, selain singkat juga hemat huruf dan pastinya lebih sedikit terlihat profesional.
tp sy sering pake tinyurl.com, ya sama saja sich fungsinya :)

thank mas infonya sangat bermanfaat.

Umar Puja Kesuma mengatakan...
on 

Wah... lagi bagi-bagi tips dan informasi nih. Hmmm...bagus banget, bisa menambah khasanah percloakingan. Saya yakin informasi ini sangat-sangat penting bagi para pebisnis online, khususnya reseller pragram, tul gak Mas?

Salam istimewa!

Iwan Epianto mengatakan...
on 

Infonya yg sangat bermanfaat buat saya mas, Saya pernah coba untuk modifikasi url tetapi gagal terus, tapi saya lupa situs nya.
Terima kasih mas, Salam sukses.

Ricky mengatakan...
on 

@Benny: Sip juga mas benny, sepertinya fungsi modifikasi url hanya sebagai alat pembantu saja mas, selebihnya ya sangat tergantung strategi kita dalam berpromosi.

@Umar P.K: ya, terimakasih mas umar. Harapan saya ya seperti itu, bisa saling membantu.

@Iwan Epianto: Silahkan dicoba lagi mas, sukur-sukur bisa cocok. Yang penting tetap semangat ya.

Terimakasih sudah berkunjung.

-Keep Spirit-

Ricky

Ahmadinda mengatakan...
on 

'ajiiiiibbb.... Mantap mas, mas ricky ne emang gak da habisnya.
Meluncur ke tkp

Handoko Tantra mengatakan...
on 

Tips bermanfaat nih mas....alternatif baru selain pake co.cc. Tak test drive dulu mas...he..he..he..

Salam Spesial!

BLOG BISNIS DAN MOTIVASI

Fadly Muin mengatakan...
on 

akhirnya di ulas disini juga.
offto.net kebetulan sudah saya praktekkan Mas. dan memang, terlihat lebih menawan. dan saya rasa clocked url sangat berguna bagi internet merketer.

salam sukses mas ricky
semoga Makin mantap melangkah..

wilson mengatakan...
on 

cocok mas ricky akan saya coba thanks infonya maju terus,,.....

Ricky mengatakan...
on 

@Ahmandinda: jangan abis dulu dong mas tar nasih blognya gmn..hehe..monggo silakan mas, semoga bermanfaat.

@Handoko Tantra: Silahkan mas, semoga berhasil.

@Fadly muin: Oke mas, terimakasih sudah berbagi pengalaman.

@Wilson: Monggo silahkan mas, semoga bisa bermanfaat ya :-)


Salam Sukses
Ricky - The Bussiness Man

Ricky mengatakan...
on 

Bukan rahasia juga kok mas, cuma menyampaikan sedikit informasi yang saya tahu dan mungkin bisa bermanfaat :)

Ehm...mungkin mas arief mau berbagi pengalaman sama temen-temen disini cloacked url menggunakan apa ?

-salam sukses-

btw testimoni mas arief lebih mantep loh...SIP juga deh

habibie reza mengatakan...
on 

Sharing info yah mas ricky, thanks for share. Tapi untuk promo affiliate merketing atau bisnis2 reseller gitu tetep lebih oke bikin landing page sendiri buat penjualannya :)

Ricky Nova Iskandar mengatakan...
on 

@Habibie reza: betul mas, membangun list building merupakan salah satu 'kewajiban' yang harus dijalankan oleh setiap marketer.

-salam sukses-

blog rekan bisnis mengatakan...
on 

wah saya mau nyobain mas.
mas ricky emang sangat baik

Ricky mengatakan...
on 

@Dadang Firdaos: Selamat mencoba mas dadang. Kita sama-sama baik aja deh ya :)

-salam sukses-

Irwan M Santika mengatakan...
on 

Ada juga yang unik mas, yaitu menggunakan subdomian dri domain kita sendiri.

Pernah ada calon konsumen yang order dan menanyakan tentang petunjuk manual yang lebih komplit, lalu sya bilang untuk panduan lebih komplit silahkan masuk ke situs utama nya. tapi dia bilang ' sya selalu lupa dgn nama situs utamanya yg saya ingat yaitu yg pertama kali sya lihat yaitu ... .websukses.com ' ini sekedar contoh saja ya mas :-)

Sya pikir lumayan nempel juga dibenak konsumen jika kita membuat nama yang unik.

Obrolan lepas mengatakan...
on 

yap ini penting,, dan sangat berpengaruh,, bagus sharingannya mas,,

Unknown mengatakan...
on 
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
habibie reza mengatakan...
on 

Weh, ide cemerlang mas irwan? baru kepikiran :)

Sumartono mengatakan...
on 

Wah ada ilmu baru nih, berkah benar hari ini saya blogwalking ke Mas Ricky. Tks Mas, lagi-lagi saya minta ijin untuk di save. Sukses selalu ya sobat.

Sa'id mengatakan...
on 

Trims sekali lagi untuk postingan ini, segera ditindaklanjuti. Sukses untuk anda semua....

Ricky mengatakan...
on 

@Irwan M Santika: terimakasih atas sharing ilmunya mas irwan, sangat bermanfaat untuk saya :)

@Rizal: semoga bermanfaat mas rizal.

@Habibie Reza: Betul mas, bisa dipraktekan ide nya tuh. Selamat mencoba.

@Sumartono: Monggoh silahkan mas, semoga bisa bermanfaat.

@Untaian Hikmah: Terimakasih sudah berkunjung mas.


Keep Spirit

Ricky
The Business Man

Andre mengatakan...
on 

Wah..nice tuh..thanks buat idenya :)

firza abdi mengatakan...
on 

wow praktis and sekalian bisa liat stat jg.
Langsung saya coba, neh http://offto.net/firzaabdi coba tebak, web aslinya apa?

Ricky mengatakan...
on 

@Andre: sip, jempol :)

@Firza abadi: Oke, tapi sepertinya clocked anda tidak jadi tuh mas.

-salam sukses-

FUTURE mengatakan...
on 

Good, mas masukan bagus kadang URL Affiliasi ada yang pake nama asli kita terpampang, topik ini sangat membantu, anyway thanks commentnya diblog saya:)

Zamahsari mengatakan...
on 

Clickbank bisa nggak disembunyikan di tinyurl, kemarin saya coba hasilnya error tuh.. sampai 2 kali..

Zamahsari mengatakan...
on 

Yang offto sukses mas.. thanks infonya--

Ricky mengatakan...
on 

@Future: Good juga mas, silahkan dicoba. sama-sama mas terimakasih sudah berkunjung.

@Zamashari: Langsung dijawab dua-duanya aja ya mas...Atau jika mas zams sudah punya domain sendiri, bisa juga melakukan cara yang dilakukan mas arief dan mas irwan yaitu menggunakan halaman index atau domain sendiri, yang kemudian diarahkan ke website reseller kita. Jadi bisa kelihatan lebih profesional lagi :) .


-Keep spirit-

Ricky
The Business Man

Mas Tronik mengatakan...
on 

mas ma kasih atas infonya salam kenal aja !!!!

mashengky mengatakan...
on 

clickbank sih udah langsung URL cloaking, jadi ga usah lagi disembunyikan URL nya hehehe

antony mengatakan...
on 

mas mau nanya donk cara2 promosi jitu dalam affiliate, lbh efektif pake iklan baris ato ppc seperti adsense camp sama ppcindo,tolong di jawab,thaks

Ricky mengatakan...
on 

@mas kurniawan: salam kenal kembali, terimakasih sudah berkunjung.

@mas hengky: wah terimakasih sudah berbagi mas hengky, hehehe..

@antony: Kalo mengacu pada efektivitas waktu dan tenaga PPC merupakan metode promosi yang paling efektif. Dan kalo bicara masalah budget dana, saya rasa tinggal pintar-pintar kita saja mengelola.
Sebenarnya semua metode promosi diinternet pasti membutuhkan uang, waktu, tenaga dan pikiran atau disingkat pengorbanan mas. Karena yang dituntut sekarang adalah kecerdikan kita dalam memanage semua metode tersebut sampai bisa menghasilkan.
thanks for visit,

Keep Spirit

Ricky
Blog Businessman

muhammad pawi mengatakan...
on 

informasi ini yang saya cari
saya pingin coba juga mas
soalnya saya masih baru di dunia network
terimakasih mas Ricky
semoga kebaikan mas Ricky dibalas berlipat ganda

salam sukses

pasang iklan mengatakan...
on 

wah... Kreatif sekali... bagus!!

Peluang Bisnis - Ricky mengatakan...
on 

@Muhammad pawi: selamat mencoba, semoga bermanfaat. Salam sukses untuk anda.

@Kusuma putera: Terima kasih pujiannya pak, jika ada kekurangan mohon sarannya.

Keep Spirit

Ricky
Business Man

indourl mengatakan...
on 

bisa juga pake indourl.net loh .....bisa pasang iklan gratis lagi

Ricky mengatakan...
on 

@indourl: ok mas, terimakasih masukannya. sukses untuk anda.

bisnis internet mengatakan...
on 

memang banyak tools yang bisa digunakan untuk meningkatkan income bisnis internet kita.

Ricky mengatakan...
on 

@bisnis internet: benar mas, salah satunya seperti yang saya paparkan diatas tho :)

Saeful Ulum mengatakan...
on 

Informasi yang sangat menarik ! Artikel ini mengilhami Postingan saya, Mas dapat membacanya..

foredi gel mengatakan...
on 

jadi semangat untuk langsung praktek cobain triknya, bagus-bagus.

foredi mengatakan...
on 

Menyembunyikan link affiliasi boleh juga, biar tidak terlalu menyolok.

mengatasi lemah syahwat mengatakan...
on 

Informasi menarik! Artikel ini Membuat saya ingin mencoba.Salam Sukses

foredi cianjur mengatakan...
on 

Thank, infonya

foredi bau – bau mengatakan...
on 

Thank’s infonya…oke bgtz…saya share ya pak…

foredi balikpapan mengatakan...
on 

Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

foredi pekanbaru mengatakan...
on 

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

foredi padang mengatakan...
on 

Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

jamu kuat mengatakan...
on 

Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

obat memperbesar penis mengatakan...
on 

Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

Umrah Dan Haji Khusus mengatakan...
on 

Makasih tipsnya Gan, perlu di coba nih. sukses selalu.

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET