PONDASI SIKAP AFFILIATE MARKETER

Hi sobat marketer, apa kabar?, sekedar kilas balik..sebenarnya sudah lama loh, saya ingin mengeluarkan artikel dengan tema ini..tapi akhirnya baru kesampaian sekarang ini deh. Meski begitu ,tidak ada salahnya tho.., kan ada pribahasa yang mengatakan "lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali" :-).

Sobatku, apa saat ini perjuangan anda sama seperti saya?,..seorang marketer yang sedang mencoba fokus diinternet melalui Program Affiliate.. Jika ya, maka saya senang mengetahui bahwa kita bisa sama” belajar kenapa ada affiliate marketer yang sukses besar melalui program ini, tetapi tidak sedikit juga afffiliate marketer yang gagal total dalam bisnis internet ini.

Kenapa masalah ini bisa terjadi ?, apakah ada strategi” khusus yang disimpan rapi oleh para top affiliate marketer yang sudah sukses...atau mungkin ada cara” salah yang diterapkan oleh setiap affiliate marketer pemula???

Okey sobat..bila kita sedang membahas strategi dalam affiliate program, disadari atau tidak sebenarnya sebagian besar metode yang gunakan hanya bersumber pada satu ilmu, yaitu marketing…TITIK !. Maka itu ada sebuah analogi mengatakan, jika seorang affiliate sudah benar” menerapkan semua metode marketing, seharusnya keberhasilan hanya tinggal tunggu waktu saja. Tapi kenyataannya, masih banyak marketer yang sudah menerapkan semua metode tersebut dan hasil yang didapat tetap mengecawakan… parahnya orang” semacam ini biasanya mencari kambing hitam atas kegagalan mereka atau menutupi kegagalan dengan kata” bakat, ahli, waktu, dsb.

Sebuah kenyataan bahwa sebagian orang seringkali meremehkan hal” kecil yang justru bisa menjadi point penentu keberhasilan…Dalam hal ini point utama yang harus dihindari oleh setiap affiliate atau jika boleh saya katakan juga setiap orang yang ingin berhasil adalah SIKAP mencari alasan atas kegagalan yang dibuat. Sebuah SIKAP yang bertolak belakang dengan kesuksesan..ingat, jangan pernah berani terjun dalam program affiliate jika anda belum memiliki pondasi sikap yang harusnya dimiliki seorang marketer.

Apa saja pondasi sikap tersebut ?, berikut 6 sikap yang saya rasa bisa kita tauladani dari beberapa top affiliate yang sudah berhasil melewati tahap” sulit dalam karier mereka.

1. Keinginan memberi yang terbaik.
Seorang top affilitate selalu hati” dalam memilih produk yang terbaik, karena bagi mereka kepuasan dan kesuksesan seorang konsumen adalah keberhasilannya telah merekomendasikan sebuah produk yang bisa memberikan win-win solution bagi keduabelah pihak (merchant dan konsumen).
2. Menjaga sikap rendah hati.
Dalam persepsi umum rendah hati bisa dikategorikan tidak sombong, memang benar bahwa sikap tauladan seorang top affiliate berpengalaman adalah selalu berusaha memotivasi orang lain dengan kerendahan hatinya.
3. Selalu menumbuhkan rasa ingin tahu.
Seorang affiliate yang sudah merasa sudah tahu segalanya, biasanya akan tamat karena keangkuhannya. Maka itu peliharalah sifat seorang newbie/pemula yang kita miliki, karena seorang pemula identik dengan rasa keingintahuan yang besar dan selalu berusaha mencari jawabannya.
4. Menghindari persaingan tidak sehat
Dalam konteks persaingan, Robert K. Cooper (penulis dan motivator) dalam salahsatu bukunya berjudul Unleash Your Other 90% pernah mengatakan : "Tak seorangpun harus kalah agar anda bisa menang". Yap, sikap seorang affiliate sejati tak pernah mau menjatuhkan produk orang lain agar bisa menawarkan produk yang sedang ia pasarkan.
5. Siap memberi solusi.
Seorang top affiliate selalu siap memberikan solusi kepada prospek yang masih ragu-ragu terhadap produk yang sedang ia tawarkan, meskipun terkadang tahap ini membutuhkan ekstra waktu, uang dan kesabaran.
6. JUJUR terhadap diri sendiri dan orang lain.
Kejujuran merupakan inti sikap tauladan seorang top affiliate yang bisa ditiru.

Nah sobat, sudah saya paparkan 6 sikap dasar yang bisa kita tauladani dari para top affiliate yang sukses dibidangnya. Apakah anda sudah memiliki sikap” tersebut?, atau ada sikap” lain yang belum saya tulis..Silahkan ditambahkan , maklum didunia affiliate marketing ini sayapun seorang pemula yang masih terus mencari ilmu. Maka itu, yuk mari kita sama” belajar, sukur" bisa mengangkat negeri tercinta ini menuju kemakmuran :-)

Saya Ricky, terimakasih dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya...


Comments :

28 komentar to “PONDASI SIKAP AFFILIATE MARKETER”

Ahmadinda mengatakan...
on 

Sikap yg mutlak dimiliki kl pngin jd affiliate marketer sukses. Mas ricky benar skali, apalagi kl dtmbah dng kemampuan komunikasi yg mumpuni.. Hemm... Kesuksesan tinggal menunggu waktu aja. Great posting mas

Umar Puja Kesuma mengatakan...
on 

Dahsyat artikel ini !
Sangat penting bagi para pebisnis afiliate, termasuk saya.

Memang 6 pondasi/prinsip inilah yang harus diperhatikan.
Kalau Pak Tung punya 24 ilmu miliarder
Maka Mas Ricky punya:
6 ilmu super afiliate

Terus posting artikel bermanfaat seperti ini, Mas!
Support Bisnis Guru untuk anda.
Salam Istimewa!

Motivasi Kumpulan Berbagai Sumber mengatakan...
on 

mang bisa ya ki menghindari persaingan tidak sehat di internet, ini cuma hasil pernerawanganku aja, kalau dugambarkan mereka itu malah saling sikut-sikutan bahkan ada sebuah produk yang bersaing dengan reselernya sendiri, jadi pernah saya liat disebuah situs iklan pada waktu-waktu tertentu di penuhi iklan produk yang sama dengan id yang berbeda-beda, karene q newbe ko q terus berpikir pada saat suatu produk buming n semua ingin jadi reselernya siapa yang mau beli? pada kasus ini yang di untungkan ya yang punya produk mohon pencerahan...., and di tunggu jurus-jurus mautnya.. salam sukses...

Ricky mengatakan...
on 

@Ahmadinda: kemampuan komunikasi yang mumpuni merupakan salah satu keahlian yang harus dikuasai oleh setiap marketer, dan keahlian itu makin terasah karena pengalaman. Terimakasih sudah berkunjung mas :-)

@Umar Puja Kusuma: Terimakasih pujiannya mas, kalo Pak Tung adalah guru dalam bidang motivasi, maka mas umar adalah the next guru motivasi.

@Wilson: Saya rasa bisnis dalam dunia nyata dan dunia maya sama saja mas, penuh persaingan tidak sehat dan kita bisa menghindarinya. Mungkin yang dimaksud bukan suatu produk bersaing dengan resellernya mas, tetapi reseller bersaing dengan reseller yang lain untuk memasarkan produk yang sama :-). Untuk masalah ini seharusnya kita tidak perlu khawatir, karena salah satu keunggulan bisnis diinternet adalah pangsa pasar yang tidak terbatas. Jadi tidak usah takut pada hilangnya pembeli. Sebagai pembanding, dengan pasar yang sangat terbatas apakah pedagang dimalioboro pernah takut kehabisan pembeli?, Setiap hari akan muncul pembeli baru tho :)
Saya lebih senang mengatakan win-win solution untuk pemilik produk dan reseller, karena dua"nya bisa menikmati hasil dari penjualan yang dilakukan. Tapi bila keduanya saling membandingkan penghasilan masing" maka yang terjadi adalah timbul perasaan dirugikan satu sama lain, karena manusia memang dilahirkan untuk selalu merasa kurang.
Terimakasih sudah berkunjung mas

-Keep Spirit-

dadang firdaos mengatakan...
on 

mas ada beberapa point yang mungkin bisa sharing

1. pada klik disini, sangat sejalan dengan artikel saya.

2. siapa aja ya yang sudah berhasil

3. hasil analisa yang memang sangat manteb

----------
sukses pa ricky, sangat beruntung saya bisa kenal bapak

Sumartono mengatakan...
on 

Semua apa yang telah diuraikan oleh Mas Ricky terutama mengenai 6 points tersebut memang sudah seharusnya kita jalankan sebagai pebinis internet.
Dan kalau boleh saya tambahkan, jangan lupa belajar dari ilmu pada, "Semakin berisi semakin menunduk."

Ricky mengatakan...
on 

@Dadang Firdaos:
1. Itu hanya pengamatan pribadi dari beberapa artikel di blog teman-teman yang kemudian coba saya simpulkan mas. Semoga kesimpulan itu tidak menyimpang :-)
2. Bila maksudnya yang sudah berhasil dalam program affiliate, beberapa nama pernah saya singgung pada artikel sebelum ini mas. Silahkan dibaca.
3. Hanya coba menganalisa lewat tulisan-tulisan saja mas, terimakasih atas pujiannya. Saya yakin mas dadang bisa melakukannya juga.
-------------
Sangat beruntung juga punya rekan bisnis seperti kang dadang. Saya teh jangan dipanggil bapak atuh kang, jadi kelihatan tua euy..hehe..

@Sumartono: Mungkin maksudnya padi ya mas, terimakasih atas tambahannya.

-salam sukses-

habibie reza mengatakan...
on 

Betul mas ricky apa yang dipaparkan. saya juga baru, di affiliate marketing, mari sama saling berbagi ilmu :)

ricky mengatakan...
on 

@habibie reza: terimakasih sudah berkunjung mas, semoga kita bisa sharing ya..

-salam sukses-

madhysta mengatakan...
on 

Toast sama Ahmadinda .... komunikasi yang matang... euy... sangat berpengaruh dalam keberhasilan menyampaikan sebuah pesan.

Benny mengatakan...
on 

Thank mas sharingnya.. tp saya tertarik point 6, dan sebaiknya dipindah menjadi point 1, karena menurut saya itu point yg paling dasar.
usaha apapun jika didasari dan diawali dengan pondasi sikap mental yang jujur, sy yakin hasilnya akan maksimal dan biasanya awet..

Fadly Muin mengatakan...
on 

sebenarnya 6 poin yang di utarakan mas Ricky, sudah tertanam jauh di dasar pemikiran kita. hanya saja kita tidak mau meluangkan waktu untuk merasakan kehadiran pemikiran tersebut. dan dengan kepandaian mas Ricky memaparkannya saya bisa merasakan betapa banyak langkah-langkah marketing yang perlu diberi pondasi mentalitas. agar bisa berjalan dan bisa bertahan.

oh iya mas Ricky, kalo boleh sedikit koreksi.
ada beberapa kalimat dobel yang di ganti dengan simbol seperti ini " yah?? kalo bisa di tulis aja mas dobelannya biar enak dibaca..:)

Salam Sukses
Semoga Bisa Memberikan Perspektif

zams mengatakan...
on 

sepakat mas.. Namun sayang banyak produk ebook di Indonesia yang kurang memperhatikan aspek manfaat. Mudah2an ini jadi perhatian dan lebih baik kedepannya

ricky mengatakan...
on 

@madhista: betul mas, komunikasi merupakan keahlian yang harus dikuasai oleh setiap marketer.

@Benny: Terimakasih inputnya mas, bisa ditaro no. 1 jadi yang utama, atau ditaro no.6 sebagai point punutup dengan harapan mudah diingat :-).

@FadlyMuin: Mentalitas sukses merupakan tonggak dasar yang harus dimiliki setiap marketer.

Terimakasih masukannya mas, sangat bermanfaat untuk kemajuan blog ini.

@Zams: Setuju mas saat ini banyak produk-produk yang penciptaannya kurang memperhatikan aspek manfaat, dan bila saya perhatikan ternyata tidak sedikit juga produk-produk yang sudah cukup berkualitas tapi kurang bisa daimanfaatkan dengan maksimal oleh penggunanya. Semoga keadaan ini bisa terus membaik seiring dengan perkembangan internet marketing di Indonesia ini.

Terimakasih buat kunjungannya.

-Keep Spirit-

Obrolan lepas mengatakan...
on 

Untuk menjadi affiliate marketer yang punya masa depan yang cerah saya rasa memilih produk yang berkualitas itu sangat penting, karena ini menyangkut nilai Anda untuk masa yang akan datang.

Anda bisa menjual sampah untuk hari ini tapi tidak untuk besok kepada orang yang sama walau dalam label yang berbeda.

negeri hijau mengatakan...
on 

keren....

sikap yang perlu di teladani

www.katobengke.com mengatakan...
on 

wa mantap solusinya....wah aq baru gabung nih...bagus postnya...boleh aq minta ijin memasang linknya...sekalian tukeren....

perjalananmatahari mengatakan...
on 

mogah info kamu banyak yang membacanya biar mereka tahu...apa sebenarnya tujuan dalam berbisnis

Ricky mengatakan...
on 

@Rizal: Komentar yang sangat bijaksana mas, pemilihan produk memang merupakan langkah penting. Karena pada tahap ini seorang marketer bukan hanya mencari produk yang berkualitas tapi juga produk yang mempunyai tingkat konversi penjualan tinggi.

@Negeri hijau: Terimakasih sudah berkunjung mas.

@Katobengke: Silahkan mas, senang juga bisa kenalan. Semoga kita bisa sharing.

@Perjalanan matahari: Harapan saya kita semua bisa mempunyai tujuan yang jelas sebelum mulai berbisnis mas. Terima kasih sudah berkunjung.

-salam sukses-

ARIEF MAULANA mengatakan...
on 

Two thumbs up! Mantep bos... Anda memang bisa diteladani soal affiliate marketing, sama seperti mas Nicko!

Salam Sukses,

Arief Maulana | Golden Dynasis.com

Ricky mengatakan...
on 

@Arief Maulana: haha..terimakasih..terlalu tinggi pujiannya mas, mungkin tepatnya kita sama" bisa menauladani sikap nicko :-) , terimakasih sudah berkunjung.

-salam sukses-

antony mengatakan...
on 

mas mau nanya donk cara2 promosi jitu dalam affiliate, lbh efektif pake iklan baris ato ppc seperti adsense camp sama ppcindo,tolong di jawab,thaks

wellsen (solusi sukses) mengatakan...
on 

wew..
tambahan ilmu lagi nih..
thx y mas..
posting ini sangat penting untuk para affiliate marketer, termasuk saya..
Semoga nantinya saya bisa jadi super affiliate juga seperti anda..

Salam kenal :)

wellsen
solusi-sukses.blogspot.com

Ricky mengatakan...
on 

Sama-sama mas wellsen, terimakasih sudah berkunjung jangan kapok ya :)

Ricky
Blog BusinessMan

bisnis internet mengatakan...
on 

Sikap, hal besar yang sering terlupakan oleh setia orang. Padahal sebuah keberhasilan tidak lepas dri sikap yang benar.

Ricky mengatakan...
on 

@bisnis internet: Yup, sebuah keberhasilan sangat dipengaruhi sikap yang benar. Salam sukses

humaid mengatakan...
on 

sy pendatang baru di dunia internet..makasih infonya

produkbisnisaffiliasi mengatakan...
on 

benar mas,sikap2 tersebut wajib affliate marketer kita,smoga saya bisa lebih mengamalkannya,salam kenal

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET