Affiliate Network VS Affiliate Kaki Lima

Apakah kalian tahu Clickbank sobat ?. Yup, isu yang sedang ramai menjadi perbincangan kalangan pebisnis internet di Indonesia dalam beberapa minggu terakhir ini...Setelah sempat mem-blacklist negara Indonesia dari percaturan bisnis mereka, akhirnya pada tahun 2009 salah satu situs affiliate program provider terbesar didunia itu melunak dengan mulai menerima kembali marketer Indonesia sebagai affiliate mereka.

Sebenarnya apa itu Clickbank dan apa hubungannya dengan Program Affiliate Marketing ?

Clickbank merupakan salah satu situs pasar digital yang berfungsi sebagai pihak ketiga atau penghubung antara merchant/pemilik produk yang menaruh produk” mereka untuk dipasarkan -dengan- Affiliate/sales yang ikut memasarkan produk” tersebut kepada konsumen. Prinsip dasar yang digunakan sebenarnya sama dengan program" afiliasi lokal umumnya, yaitu kita sebagai affiliate menjual produk milik oranglain, dan para merchant memberikan komisi untuk setiap penjualan. Tapi bedanya disini ada pihak ketiga yang berfungsi untuk melindungi hak dan kewajiban para merchant dan affiliate agar tidak melakukan berbagai pelanggaran terhadap perjanjian yang sudah disepakati.

Situs" affiliate semacam ini sering disebut sebagai affiliate network/affiliate program provider/affiliate solution provider/jaringan afiliasi,dsb..tapi saya lebih mudah mengatakan affiliate network. Ada beberapa situs affiliate network selain Clickbank yang cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia, diantaranya adalah : Amazon, CJ, Paydotcom, Linkshare, dll..

Lalu apa bedanya dengan Program Affiliate Kakilima ?, dan lebih baik yang mana diantara keduanya ?

Oke sobat, bila sedang membahas tentang affiliate network maka kita bisa memberi perumpamaan sebagai pasar induk dalam dunia nyata. Sekarang bila anda sebagai pedagang, apa untungnya belanja dipasar induk ?, yang pasti jenis pilihan bahan lebih bervariasi, harga lebih murah, keamanan lebih terjamin, dsb. Berbeda jika anda belanja dari warung untuk dijual kembali, maka tidak semua kelebihan tersebut bisa anda dapatkan. Tapi bukan berarti kesempatan untuk bersaing sudah tertutup, karena point utama bagi seorang pedagang adalah bagaimana cara menghasilkan penjualan maksimal dan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dari setiap penjualan tersebut.

Begitupun kita sebagai affiliate, apapun program dan produk yang kita pilih, baik program affiliate kaki lima atau affiliate network pada akhirnya kita tetap akan dihadapkan pada pilihan strategi penjualan yang tepat untuk menghasilkan keuntungan maksimal...Sebagai contoh, Lihatlah sosok fenomenal Habibie afsyah, seorang affiliate yang sukses menghasilkan 2.169 dolar dalam sebulan lewat amazon.com, beberapa media diindonesia bahkan pernah menulis habibie adalah affiliate asal indonesia dengan penghasilan terbesar di amazon.com, atau sosok Agung Hari Prabowo yang sudah menembus angka 3.000 dollar dalam 28 hari melalui Paydotcom, dan tidak ketinggalan sosok G.M Susanto dengan income mencapai 5.661 dollar dalam 30 hari. Mereka merupakan contoh marketer yang sukses diinternet dengan menjual produk orang lain melalui Affiliate network. Sekarang coba bandingkan dengan seorang Dodi Broto yang sukses hasilkan 15,3 juta/sebulan lewat 4 program afiliasi lokal atau ada juga sosok Nicko martantyo, seseorang marketer lokal yang sukses menghasilkan 70 juta dari salah satu program afiliasi lokal !!, bayangkan berapa besar penghasilan yang bisa di dapat dalam sebulan jika semua program afiliasi yang ia jalankan menghasilkan income kurang lebih sama.

Dari beberapa perbandingan sosok affiliate diatas, satu kesimpulan yang bisa diambil adalah bila kita ingin fokus untuk menjalani bisnis affiliate, apapun pilihannya cobalah untuk terus mempelajari strategi pemasaran yang efektif dan bisa menghasilkan income. Karena tolak ukur keberhasilan seorang affiliate adalah bagaimana kelihaiannya memanfaatkan produk orang lain untuk menjadi sumber uang bagi dirinya.

Setelah sebelumnya pernah saya berikan tips dalam program affiliate kakilima (silakan kunjungi bila anda belum membaca). Berikut saya berikan cara mendaftar beberapa situs affiliate network yang sudah cukup populer bagi anda yang masih belum mengerti:
1. Cara daftar Amazon.com panduan dari Rudy Tarigan
2. Cara daftar Clickbank.com panduan Suwandi chow
3. Cara daftar Paydotcom.com panduan Suwandi Chow
*Silakan cari di search engine google atau yahoo bila anda ingin coba mendaftar program affiliate network yang lain.

Berikut beberapa tips bagi anda yang ingin mulai menjalankan program affiliate network :
1. Buat account rekening virtual sebagai media transaksi anda diluar negeri, disarankan gunakan Paypal. Panduan membuat account paypal silahkan klik disini, sedangkan untuk verifikasinya bagi anda yang tidak memiliki credt card bisa gunakan jasa VCC-Indonesia milik mas hengky.
note: Beberapa affiliate network pembayaran komisinya bisa menggunakan cek yang dikirim langsung ke alamat tujuan.
2. Buatlah web blog berbahasa Inggris sebagai salah satu sarana pemasaran produk affiliate anda, bisa gunakan wordpress atau blogger.
3. Pelajarilah terlebih dahulu metode pemasaran yang paling tepat, karena persaingan diluar sana lebih berat dari persaingan lokal. Saya sarankan bila mampu cobalah beli panduan milik orang” yang sudah sukses dibidangnya, dan ikuti dulu strategi mereka untuk anda kembangkan dengan metode pemasaran milik sendiri. Lebih baik berkorban diawal untuk mempelajari dulu daripada mendapat resiko besar dibelakang.

Oke,cukup sekian dulu untuk sekarang sobat, sudah kebanyakan :-)
pertanyaan dari saya, menurut anda mana yang lebih baik diantara kedua program bisnis internet tersebut ?, dan
kira" berapa ya potensi income yang bisa kita didapat jika menjalankan kedua-duanya :-)

Saya Ricky, terimakasih dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya...


Comments :

19 komentar to “Affiliate Network VS Affiliate Kaki Lima”

Tjandra Danny | Pakar SEO mengatakan...
on 

Saya buktikan sendiri di Bisnis adik saya cuma jualan baju di internet omzet nya menemus 3/4 dari omzet toko baju offline yang ada di mall Mayofield Cilegon-Banten.

Menurut itung-itungan, perputaran bisnis di internet cepat, pelanggan ada di seluruh dunia, pasar lebih luas, perputaran modal cepat, memotong cost sewa tempat dll.

Kaki lima VS Aff network?
ya, saya plih network lah...hehehe

salam kenal bro Ricky, terimakasih kunjugan ke blog dan komentnya, sering-sering main mas...
cu

Tjandra Danny

Ricky mengatakan...
on 

@Tjandra Danny: 3/4 omzet toko baju di mall?, wow..wow..ternyata mas danny pakar jual baju juga nih :-)

Setuju mas, banyak sekali keunggulan bisnis internet dibanding konvensional. Satu keunggulan lagi yang saya suka adalah jam kerja yang sangat bebas (tapi tetap disiplin loh..hehe)

Salam kenal juga mas tjandra, terimakasih sudah berkunjung. oke langsung ke TKP.

-Keep Spirit-

Ricky
TheBussiness Man

Fadly Muin mengatakan...
on 

lengkap mas Ricky!

Artikelnya sangat berguna untuk kita-kita yang ingin dan mau serius berbisnis di internet.

saya perlu belajar nih dari blog ini. banyak ilmu yang harus diserap.... kutunggu Gebrakan selanjutnya Mas Ricky

Sukses selalu

Ricky mengatakan...
on 

@Fadly Muin : Terimakasih atas pujiannya mas fadly semoga bisa menggugah untuk terus memperbaiki blog ini,

Saya lebih suka mengatakan kita bisa sama" belajar mas :-)

Terimakasih juga sudah mau menunggu mas.

-Keep Spirit-

Ricky
TheBussiness Man

Irwan M Santika mengatakan...
on 

Mantap mas, dari artikelnya banyak sekali ilmu yang bisa di dapat.
dari alur tulisan mas Ricky, sya yakin mas adalah org yg bisa sangat dipercaya.(ini yg paling sya suka)

Sya belajar mas. salam sahabat.

Ricky mengatakan...
on 

@Irwan M.Santika: Amin..terimakasih atas sanjungan mas irwan, terlalu tinggi malah :).
Lebih enak saya katakan, saya hanya berusaha selalu percaya dengan orang mas :)

-salam sahabat juga, kita sama" belajar-

Ricky
The Bussiness Man

Sumartono mengatakan...
on 

Mas Ricky salah satu rekan dari rekan-rekan blogger lainnya, yang postingnya sering saya save. Karena punuh inspirasi dan menambah wawasan bisnis internet kita.
Btw, disamping reseller-reseller di atas, Mas Ricky juga salah satu reseller sukses juga kan?
Thanks posting-postingnya.

dadang firdaos mengatakan...
on 

mas ricky itu salah satu panutan saya dalam internet. salam sukses ya n jaga kesehatan

Ricky mengatakan...
on 

@Sumartono: Terimakasih mengetahui blog ini punya manfaat buat mas sumartono, tak ada yang bisa saya berikan selain informasi yang saya tahu mas.
Hahaha...masih jauh tho mas, tepatnya dari mereka semua saya belajar :-)

@Dadang Firdaos: Sebuah kebanggan punya Rekan Bisnis yang selalu memotivasi seperti mas dadang ini.

-Keep Spirit-

Ricky
TheBussiness Man

Zamahsari mengatakan...
on 

Saya masih ancang-ancang untuk terjun di affiliasi luar. Mudah-mudahan dalam waktu dekat. Klo mas Ricky yang mana nih yang udah dicoba? Mungkin bisa disharingkan..

Ricky mengatakan...
on 

@Zamashari: Sama mas lagi terus ancang" juga, untuk sekarang lagi pelajari amazon lewat video milik pak suwandhi. Insyaallah dalam waktu dekat pengin mulai fokus.

-salam sukses-

mix2profit mengatakan...
on 

Wah ki bagi-bagi ilmune, postinganya bagus cocok karo impen, q mo merguru sama kiki, mudah-mudahan sukses ki...

Ricky mengatakan...
on 

@mix2profit: terimakasih sudah berkunjung, wah merguru opo to kang :-), ayo..kita sama" belajar untuk sukses ya...

Keep Spirit

Ricky
TheBussiness Man

onabunga mengatakan...
on 

hehe, ternyata kita sehati Mas. sama-sama memposting tentang "membuat pilihan" yang tentu saja dengan gaya yang sangat berbeda. postingan kali ini semakin memperjelas sosok seorang Ricky. menulis sesuatu dengan dasar riset yang kuat. sehingga orang yang membaca terpaksa bilang "I believe and I'll do". great....

bout pilihan, masih pelajari dan pilah-pilih. matur tengkyu, tulisan ini mempermudah proses menemukenali model yang cocok...

Joko Susilo mengatakan...
on 

Sepakat Mas Ricky dengan poin-poinnya. Di luar negeri, persaingan diluar sana lebih berat dari persaingan lokal. Untuk itu, perlu kesiapan mental yang lebih kuat. Salam ACTION!

Ricky mengatakan...
on 

@Onabunga: Terimakasih mba, melalui komentar ini juga menunjukkan sosok seorang onabunga yang ramah dan profesional.
Semoga segera dapat menentukan pilihan yang terbaik mba.

@Joko Susilo: Betul pak, banyak hal yang harus dipersiapkan bila ingin mulai bermain affiliate diluar.Satu yang jelas adalah bahasa.

-Keep visit-

Ricky
TheBussiness Man

Handoko Tantra mengatakan...
on 

Mereka-mereka itulah yang memberikan inspirasi bagi dunia bisnis internet Indonesia agar semakin maju.

Untuk mana yang lebih baik, affiliate network atau affiliate kaki lima, menurut saya kembali pada diri kita masing-masing manakah menurut kita yang cocok untuk dijalankan.

Saya pribadi menilai dua-duanya sama-sama enak dijalankan asal kita menikmati dalam menjalankannya.

NB : Oya mas, link saya diganti ke blog yang baru ya...
Salam Hangat

bisnis internet mengatakan...
on 

Untuk pemula lebih baik bermain dipasar lokal dulu saja, karena persaingan diluar sana lebih berat.
Tapi bila sudah siap mental, untu perkembangan kita memang harus berani merambah kepasar luar.

Ricky mengatakan...
on 

@bisnis internet: Saya lihat Indonesia merupakan salah satu pasar potensial dalam internet marketing, jadi bila ditekuni bisa menjadi peluang yang bagus juga lho :)

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET