SUN TZU IN MARKETING GAMES (Lev.2)

Hi sobat netter, bagaimana kabar anda malam ini ?…hehe..soalnya postingnya malam sih. Melanjutkan permainan mengaktualisasikan kalimat pada Sun Tzu in Marketing Games (Bag.1), sekarang kita sudah masuk pada level 2. Pada level ini, anda akan menemukan beberapa kutipan yang lebih berat dalam menguji kemampuan marketing dalam bisnis internet...hehe, serius amat :) . Yap, karena pada level ini terdapat beberapa kutipan panjang yang dikemukakan oleh Sun Tzu. Maka itu bagi sobat yang baru saja mengikuti games ini, disarankan untuk mulai pada level 1 atau klik disini dulu supaya lebih jelas gitu :)

Oke langsung kita mulai, berikut lanjutan kutipan strategi perang Sun Tzu :

Sun Tzu berkata :

10. “Penyesuaian dengan medan adalah sekutu terbaik bagi serdadu dalam pertempuran”.

11. “Pada umumnya gunakan metode langsung untuk menghadapi musuh dalam pertempuran ; meski demikian, metode - metode tak langsung juga diperlukan untuk memperoleh kemenangan”.

12. “Apakah jarak antar lokasi jauh atau dekat, apakah lokasinya mudah atau sulit untuk ditempuh, apakah medannya terbuka atau berupa jalan-jalan sempit, serta peluang-peluang untuk hidup dan mati”.

13. “Seorang jendral adalah seperti jeruji roda. Jika kaitannya erat dan meyeluruh, roda tersebut akan kuat. Hal yang sama juga terjadi pada negara”.

14. “…bergeraklah dengan cepat ke tempat-tempat yang tidak anda harapkan…belokkan musuh dengan sesuatu yang aneh dan tak terduga di jalannya”.

15. “Bentuklah aliansi–aliansi dengan negara–negara tetangga pada daerah yang saling bersilangan”.

16. “Semua pertempuran bertumpu pada penipuan. Karena itu, jika bisa, berpura-puralah tidak bisa ; bila aktif, berpura-puralah tidak aktif ; bila dekat, buatlah musuh anda percaya bahwa anda masih jauh...ulurkanlah umpan untuk menarik musuh, berpura-puralah kacau balau dan seranglah dia”.

17. “Semakin banyak perencanaan akan lebih banyak memberikan kesempatan untuk menang. Kurang perencanaan akan mengurangi kesempatan untuk menang. Apa yang terjadi bila tidak ada perencanaan sama sekali”.

18. “Momentum seseorang yang terampil dalam berperang akan besar sekali. Dia sudah memperhitungkan waktu dengan baik dalam mengambil keputusan untuk menyerang”.

Oke sobat, sekian dulu permainan Sun Tzu in Marketing Games Level 2, selamat mengaktualisasikan dalam berbagai macam bahasa marketing...Semoga bisa memberikan solusi untuk masalah anda, level selanjutnya adalah Sun Tza in Marketing Games Level 3, dimana Sun Tzu akan memberikan lagi strategi-strategi yang lebih dasyat untuk dipecahkan.

Note: meskipun sudah punya bukunya, akan lebih baik bila anda mengaktualisasikan dengan bahasa sendiri.

Saya Ricky, terimakasih dan sampai jumpa di level berikutnya.

Comments :

27 komentar to “SUN TZU IN MARKETING GAMES (Lev.2)”

Benny mengatakan...
on 

Petamax Juga..

Wew.. mantap mas ricky, ini baru artikel bebobot mengenai ilmu marketing, sepertinya saya harus banyak belajar dari anda..!

Btw, Istilah diatas merupakan strategi jitu yang harus dipahami dan dipraktekkan.. saya bookmark dulu ya..!

Salam Sukses,

Belajar Blog mengatakan...
on 

mantap bah,,,,,metode marketing dengan gaya permainan...kalau dipraktekkan kayaknya pasti berhasil...

T. Wahyudi mengatakan...
on 

ini gaya tingkat tinggi.. kalau orang biasa yang ngarikannya pasti bingung.. kayak saya... he...
kapan-kapan mas ricky boleh tuh posting tentang arti istilah diatas.. :)

Iwan Epianto mengatakan...
on 

Terima kasih Mas Ricky, artikel diatas banyak pelajaran yang dapat saya ambil khususnya untuk bisnis yang sedang saya jalani.

Salam Sukses Mas Ricky.

Ardy Pratama mengatakan...
on 

tnggal diaplikasian aja kedalam bisnis atw marketing kita nih.. mantap! Sya pling suka yg kyak gini

Ricky mengatakan...
on 

@benny: silahkan mas benny, semoga bermanfaat..yuk, kita sama-sama belajar :). o iya, terimakasih sudah menjadi yang pertama mas..

@belajar blog: mudah-mudahan pak, permainan ini hanya untuk menguji seberapa tangguh kemampuan marketing kita..terimakasih

@T.wahyudi: hehe...jangan dibuat bingung mas tri,Saya juga suka iseng-iseng nyari inspirasi lewat kalimat-kalimat itu, makanya ta pindah keblog aja mas...biar bisa bantu kerja gitu :). terimakasih

salam,

Ricky
Businessman

Ricky mengatakan...
on 

@Iwan Epianto: sama-sama mas iwan, semoga bisa membantu..terimakasih

@Ardhy pratama: wah kalo tingkat kemampuan marketing mas ardhy mah, harusnya udah langsung level 4 ya..hehe..terimakasih mas :)

ammadis mengatakan...
on 

Artikel pencerahan yang membangkitkan semangat untuk tetap bertahan dan maju....

Terima kasih...

I'll waiting your comment back in my blog...THANK SO MUCH...

Ricky mengatakan...
on 

@Ammadis: oke mas, terus bertahan dan maju.

salam sukses

Umar Puja Kesuma mengatakan...
on 

Sungguh teknik bisnis yang cerdas.
Mengingatkan saya pada pertarungan politik yang mulai menghangat lagi akhir-akhir ini.
Yang pasti strategi di atas patut menjadi pedoman dalam memenangkan pertarungan bisnis, tanpa melupakan etika bisnis.

Salam Istimewa!

habibie reza mengatakan...
on 

“Penyesuaian dengan medan adalah sekutu terbaik bagi serdadu dalam pertempuran”

Hihi, bisa diaktualisasikan; Memahami pasar dan kompetitor, adalah modal utama memenangi persaingan di dunia bisnis! :D

habibie reza mengatakan...
on 

Oh ya Mas Rick, mana nih emoticon-nya? Biar bisa tersenyum ke anda Mas Rick.. ;)

Ricky Nova Iskandar,S.Sos, mengatakan...
on 

@Umar P.K: Terimakasih mas, wah pandangan pak guru memang luar biasa...mengaplikasikan strategi diatas dalam dunia politik, sepakat mas...yang penting pegang teguh aturan main yang ada.

salam sukses

Ricky mengatakan...
on 

@Habibie reza: aktualisasi mantap mas, pentingnya melihat kondisi pasar terlebih dahulu sebelum kita mulai bersaing.

see..ga pake emoticon juga udah pada cakep-cakep kalo senyum mas..hehe..makasih blog tipsnya :)

Keep Visit

Benny Andhika mengatakan...
on 

lagi nunggu session 3. "SUN TZU IN MARKETING GAMES (Lev.3)"..

Ricky mengatakan...
on 

@Benny Andhika: oke mas, segera diterbitkan :)

Blog Motivasi Arief mengatakan...
on 

Lama-lama bisa bijaksana neeh dalam membuat strategi marketing... kalau membaca blognya mas Ricky. Bisa jadi Tsunzu kedua. hehehe

Fadly Muin mengatakan...
on 

Makin berat aja nih strateginya Mas Rick
memang perlu banyak belajar dan penyesuaian dalam aktualisasi strategi marketing kita.

Salam Hangat,

Ricky mengatakan...
on 

@Blog motivasi arief: emang betul mas, membahas strategi marketing memang ga ada habis-habisnya, layaknya strategi perang.. terimakasih sudah berkunjung.

@Fadly Muin: Iya mas, makin banyak kutipan-kutipan yang agak panjang..selamat mencoba dan terimakasih :)

Ricky
Businessman

Mas Hengky mengatakan...
on 

saya mah sun tante aja deh wkwkwkw.. kabuuurrr

Ricky mengatakan...
on 

@mas hengky: sun tante, kayanya sip juga tuh mas..wkwkw

Ahmad mengatakan...
on 

"semua pertempuran bertumpu pada penipuan"..... Keren2.... Cukup menggelitik untuk diaktualisasikan.

Makace mas ricky untuk posting mantaps ne. Ilmu marketingnya tambah tinggi ne kayaknya

Ricky mengatakan...
on 

@Ahmad: Terkadang trik berpura-pura juga bisa menjadi strategi yang ampuh dalam marketing lho :) . Terimakasih sudah berkunjung...

Adi F. Paputungan mengatakan...
on 

Wah, sambungannya sudah keluar lama tho? Lama ga blogwalking nih, sampai2 baru sadar. Satu-satu coba diterapkan. Karena ternyata, penerapannya tidak semudah disangka. Thks mas Ricky

blog motivasi arief mengatakan...
on 

Game ini bener2 menguji kreativitas dan pemikiran kita.
Dan kalau bener2 bisa diaktualisasikan dalam bisnis, hasilnya bisa sangat positif.

nice post.

Salam Sukses,
Instant Business Idea | Rahasia Menemukan Ide Bisnis Kurang Dari 2 Menit

Sumartono mengatakan...
on 

Maaf Mas Ricky, baru bisa nongol nih setelah dijemput.. he.he.. kayak tamu penting aja.

Untuk strategi 18 yaitu “Momentum seseorang yang terampil dalam berperang akan besar sekali. Dia sudah memperhitungkan waktu dengan baik dalam mengambil keputusan untuk menyerang”.

Bagi para pebisnis masalah waktu untuk penetrasi pasar memang sangat penting. Sekedar contoh, sangat tepat sekali kita jualan perahu karet di suatu daerah di saat musim banjir telah datang.

Ricky mengatakan...
on 

@Adi F.Paputungan: sepakat mas adi, terkadang fokus pada satu hal dulu sampai benar-benar maksimal lebih baik daripada mempelajari banyak hal tapi tidak ada yang maksimal.
"Penyesuaian dengan medan adalah sekutu terbaik bagi serdadu dalam pertempuran", iya tho :)

@Blog Motivasi Arief: terimakasih mas arief, selamat mencoba...

@Sumartono: Seorang pebisnis sejati tahu kapan yang tepat untuk bertindak, sepakat dengan mas sum tentang contoh perahu karet.

Ricky
Businessman

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET