SUN TZU IN MARKETING GAMES (Lev.1)

Tak terasa 1 minggu sudah berlalu ya, sudah waktunya update blog tercinta ini lagi...siapa tau infonya bermanfaat dan sukur-sukur bisa naikin pagerank juga tho :)

Ok sobat, pada artikel kali ini saya sedang tidak ingin menulis tentang Tips Trik atau opini-opini pribadi tentang bisnis internet. Tapi saya ingin memberikan sebuah permainan yang bisa sobat gunakan untuk menguji kemampuan marketing…waduh..tinggi banget bahasanya ya :). Yap, permainan ini diinspirasi dari penulis terkenal bernama Khoo Kheng Hor dengan salah satu buku terlarisnya berjudul Sun Tzu’s Art Of War in Marketing.

Langsung aja, bagaimana permainannya ?

Dalam buku tersebut ada 35 kutipan kata-kata Sun Tzu tentang strategi perang yang tenyata sangat ampuh untuk dijadikan strategi dalam marketing. Bagi anda yang sudah pernah membaca buku Sun Tzu’s Art Of War in Marketing pasti paham…Yap, ada sebuah tantangan untuk menemukan strategi yang tersembunyi yaitu anda harus bisa mengaktualisasikan atau mengartikan kutipan-kutipan tersebut dalam bahasa marketing…mudahkan :)

Agar dapat mengaktualisasikan kedalam bahasa marketing anda perlu memiliki pikiran yang terbuka. Yap, anda bebas mengaktualisasikan dalam berbagai masalah dalam dunia marketing seperti Perencanaan, Produk, Harga, Promosi, Distribusi, Layanan, dsb. Tapi jangan yang porno ya..hehe..

Masih bingung ?...sama :)
Langsung pake contoh aja deh biar ga bingung,

Sun Tzu berkata :
“Dalam ratusan pertempuran, bila anda mengenal diri anda dan musuh anda. Anda tidak akan pernah takut akan hasilnya…”

Diaktualisasikan dalam bahasa marketing :
“Dalam banyak kesempatan, bila anda mengenal diri anda dan orang-orang yang akan anda hadapi. Anda tidak akan pernah takut akan hasilnya”

Atau dalam masalah pemasaran :
“Dalam pemasaran sebuah produk, bila anda sudah menguasai produk tersebut dan mengetahui kebutuhan pasar. Anda tidak akan khawatir pada persaingannya”.
Point yang bisa disimpulkan : Pentingnya sebuah riset.

Sekarang lebih jelaskan jenis permainannya, anda bebas mengaktualisasikan pada berbagai permasalahan didunia marketing. Dari 37 kutipan pada buku itu, akan saya bagi menjadi 4 artikel dan anda juga bebas mau mengaktualisasikan yang mana saja. Berikut kutipan level pertama :

1. Sun Tzu berkata :
Kecepatan merupakan esensi suatu perang

2. Sun Tzu berkata :
Jangan biarkan musuh anda memahami gerakan pasukan-pasukan anda

3.Sun Tzu berkata :
Pertama-tama, para prajurit yang terampil zaman dulu akan mencari posisi bagi diri mereka agar tidak terlihat oleh musuh. Kemudian mereka akan menunggu kesempatan untuk menyerang titik lemah musuh

4.Sun Tzu berkata :
Para komandan yang terampil akan memaksakan keinginannya pada musuh dengan memaksa musuh datang kepadanya...dia menawarkan beberapa keuntungan pada musuh

5.Sun Tzu berkata :
Komandan yang baik akan mencari berbagai kebajikan dan berusaha mendisiplinkan diri sesuai dengan hukum, sehingga ia bisa mengendalikan kesuksesannya

6.Sun Tzu berkata :
Seseorang tidak bisa mendapatkan keuntungan-keuntungan topografi bila dia tidak menggunakan para pemandu lokal

7.Sun Tzu berkata :
Pertahankanlah posisi-posisi yang tidak bisa diserang agar keselamatan anda terjamin

8. Sun Tzu berkata :
Suatu pasukan akan menang bila dia menjalin hubungan dengan musuh yang dihadapi

9.Sun Tzu berkata :
Seekor elang menukik tepat waktu…

Ok sobat selamat mengaktualisasikan...semoga bisa menemukan solusi untuk masalah anda. Pada artikel selanjutnya kita akan melanjutkan pada level yang lebih berat lagi pada Sun Tzu in Marketing Games (Lev.2). Atau klik disini untuk meneruskan.

Note : Meskipun punya bukunya, akan lebih baik jika anda bisa mengaktualisasikan dengan bahasa sendiri.

Saya ricky, terimakasih dan sampai jumpa pada level selanjutnya...


Comments :

34 komentar to “SUN TZU IN MARKETING GAMES (Lev.1)”

T. Wahyudi mengatakan...
on 

kayaknya comment pertama nih... he...
ruar... biasa mas ricky... kayaknya saya harus belajar pelan-pelan nih biar teraktual dgn baik...
ilmu yang sangat mantap ini mas...

Fadly Muin mengatakan...
on 

Asyik Juga Permainannya Mas Ricky..

Semuanya dalam ruang pertempuran yah?? hm...
- Mengerti dan memahami esensi perang
- Mengetahui Senjata Apa yang akan di gunakan
- Memiliki strategi yang meyakinakan

memiliki poin ini siapapun orangnya, berperang di dunia marketing Pasti akan menyenangkan... Tul ga mas Rick??

DOCRAN mengatakan...
on 

Wah, ilmu marketing tingkat tinggi nih...

Benny mengatakan...
on 

Nah yg gini-gini paling seru.. ternyata mas ricky pintar mengaktualisasikan suatu kalimat menjadi bahasa marketing. mungkin udah bakat kali yah..? hehe.. Salut dech...

Oya no.8 “Suatu pasukan akan menang bila dia menjalin hubungan dengan musuh yang dihadapi”. wah ini boleh dipraktekkan..! mungkin bagian dari taktik juga.. yaitu mendekati salah satu pasukan musuh kemudian hasut/ rayu dan korek kelemahan musuh, baik itu dari kekurangan, kelemahan, kelebihan, keinginan, dsb.. kemudian baru serang..!! hehe.. :)

Ricky mengatakan...
on 

@T. wahyudi: ayo semangat mas, siapa tau bisa temukan solusi lho..hehe..

@Fadly muin: No.1, aktualisasi dalam masalah strategi. "perencanaan yang tepat adalah faktor penentu kemenangan"...hehe..

@Docran:tingkat samping mas :), sukses untuk anda.

@Benny: Yang pintar mah bukunya mas, mungkin bisa juga musuh diaktualisasi sebagai customer bukan kompetitor. jadi aktualisasi dalam masalah pemasaran, "bila kita bisa berhubungan baik dengan customer, kita jadi tahu keinginan mereka tho"...lebih enak daripada perang dengan kompetitor :)
Terimakasih sudah berkunjung,

Keep visit

Ricky
Businessman

iklan baris gratis mengatakan...
on 

Iya betul, untuk memasarkan suatu produk kita harus menguasai produk yang kita pasarkan! kita hrus tau keunggulan-keunggulan produk tersebut!

TITIK mengatakan...
on 

Sungguh dik ricky ... memang pintar ...cara mengolah kata, cara menulis agar enak dibaca ... dan pengetahuan yang jitu .. bagus sekali dik ricky , segala sesuatu yang telah kita kuasai .. sesungguhnya tak akan ada keraguan.. dan takan ada rasa takut ... karena kita telah mampu menguasai diri...
Dan yang paling penting diik ..
Dimanapun kita berada bila senantiasa percaya telah ada yg mengaturnya maka segala perjuangan yg telah kita lakukan kita tidak akan takut bila kalah dan tetap bersahaja mesti kita ada diatas awan.....

Salam Istimewa

Sumartono mengatakan...
on 

Wah paling suka nih kalau saya dikasih permainan seperti ini. Maka itu saya akan mencoba mengaktualisasi versi bebas menurut saya no. 2. saat Sun Tzu berkata :
“ Jangan biarkan musuh anda memahami gerakan pasukan-pasukan anda ”

Artinya, "Jangan biarkan inteligen marketing yang berpura-pura sebagai pembeli memasuki toko anda. Sekali dia masuk, maka akan mencatat habis harga produk-produk toko anda. Jika orang itu dibiarkan, secara tidak langsung anda sudah menambah energi pesaing anda untuk mempelajari harga dan produk anda."

Ricky mengatakan...
on 

@Kusuma putra: setuju pak, kalo boleh saya tebak itu adalah aktualisasi dari no.7 "Pertahankanlah posisi-posisi yang tidak bisa diserang agar keselamatan anda terjamin". salam.

@Titik: Terimakasih atas supportnya bu titik, ibu memang bisa dijadikan figur wanita tauladan. thanks.

@Sumartono: Hebat mas, langkah antisipasi memang mutlak diperlukan dalam penerapan marketing.
Terimakasih sudah berkunjung

Keep Visit

Ricky
Businessman

sukadi mengatakan...
on 

artikel yang menarik, tempat belajar yang tepat.. salam sukses

T. Wahyudi mengatakan...
on 

wah... saya jadi puyeng nih mas ricky... wakakakakkkkk....

saya tunggu yang level kedua mas... :)

Ricky mengatakan...
on 

@Sukadi: terimakasih sudah berkunjung pak, semoga bermanfaat.

@T.Wahyudi: lho kok puyeng...minum panadol mas se-empleng 1500 wkwkwkwkwwkwk...wah, tar level yang kedua bisa buat tambah puyeng lho..hehe..thanks ya

Keep visit

Ricky
Businessman

candradot.com mengatakan...
on 

waduh ini ilmu tingkat tinggi mas, saya beli dulu suplemen dari dukun blogger, nanti balik lagi membacanya hehehe...

firza abdi mengatakan...
on 

wow baru yang level 1 aja udah sangar gini,
saya masih ragu ama no.8 neh... apakah ini maksudnya agar lebih mengenal musuh sehingga "tidak takut..."
Atau jangan2 ada tetangga yang freelance di kubu musuh, hmmm...

Ardy Pratama mengatakan...
on 

dahsyat2 kalimat2nya, aplgi klo diaktualisasikan dlam strtegi bisnis,,, :) thanks dah berbagi mas ricky...

Irwan M Santika mengatakan...
on 

ok mas SIP, saya tunggu kelanjutannya :)

Haris mengatakan...
on 

Saya sangat setuju dengan strategi marketing diasosiasikan dengan strategi perang. jadi kenal dulu kekuatan sendiri, kemudian pelajari medan, dan bagaimana cara menaklukkan lawan.

kebanyakan kesalahan yang dilakukan internet marketer adalah tidak mengenal dengan baik sebuah produk sebelum melakukan pemasaran. jadinya tidak tepat sasar.

Rudy Azhar mengatakan...
on 

Strategi marketing hampir mirip dengan strategi perang ya mas??
inspirasinya banyak banget mas ini, saya mesti belajar banyak nich...

Ricky mengatakan...
on 

@candra dot.com: oke mas, tapi sepertinya dukun blogger lagi loyo tuh...blognya abis kena banned sih ama pakde google...hehe

@firza abdi: wah mengerikan sekali ya mas, tapi kalo misalnya musuh pada point nomor 8 diaktualisasikan sebagai customer. Mungkin artinya jadi beda ya mas, bukankah berhubungan baik dengan customer akan membantu untuk memenangi persaingan tho :)

@Ardhy pratama: oke mas sama-sama, selamat bermain :)

@Irwan M.santika: oke mas, terimakasih sudah berkunjung.

@Haris: Sepakat mas haris, aktualisasi yang mantap..

habibie reza mengatakan...
on 

"Seseorang tidak bisa mendapatkan keuntungan-keuntungan topografi bila dia tidak menggunakan para pemandu lokal"

dengan lugunya saya aktualisasikan.. ehm, biar ngga tersesat di dunia internet marketing, carilah mentor yang tepat..yang bisa memandu anda menuju kesuksesan hehe

Nice post Mas Rick, ;)

Blog Motivasi Arief mengatakan...
on 

nice post. memang perang bisa dianalogikan dengan marketing. Sama-sama butuh strategi dan kebijaksanaan dalam setiap pengamblan keputusan dan action!

Ricky mengatakan...
on 

@Rudy azhar: silahkan mencoba mas, semoga bermanfaat...terimakasih sudah berkunjung.

@Habibie reza: dengan lugunya saya salut dengan aktualisasinya mas, benar bahwa kesuksesan seorang marketer banyak dipengaruhi oleh bimbingan dari seorang mentor yang tepat...

@Arief maulana: yap, persaingan didunia marketing dewasa ini memang layaknya sebuah perang didunia pekerjaan.
Thanks,

Ricky
Businessman

Mas Hengky mengatakan...
on 

gue banget tuh.. kalo ada kesempatan langsung ambil.. pikir resiko belakangan..

kalo gak gitu.. kapan gue bisa maju?

buktinya? gue sekarang asik jalan2 ke eropa.. duit dari vcc tetep masuk rekening tiap hari wakakaka

Ricky mengatakan...
on 

kalo boleh saya tebak itu aktualisasi nomor 1 ya..mantap bos...ilmunya bisa ditiru nih. ke eropa gitu lho... :)

salam sukses

Adi F. Paputungan mengatakan...
on 

Astaga... Kalau cuma dibaca, kesannya kita sudah paham banget. Gampang. Tapi, kalau ditanya bagaimana prakteknya, itu lain cerita. Seperti poin no1 "Kecepatan merupakan esensi suatu perang". Semua jg tahu, yg tercepat akan punya potensi menang lebih besar. Lebih cepat buat produk, lebih cepat masuk ke suatu pasar, lebih cepat update content blog dan cepat2 lainnya (asal jgn cepat tepar :P ).Tapi, kalau ditanya: secepat apa kamu memutuskan utk melepas status 'buruh' dan jadi wirausaha.. Hehehe nanti-nanti terus jawabannya. Thanks Mas atas poin-poin yg bagus ini.

zams mengatakan...
on 

“ Seekor elang menukik tepat waktu…” the right business on the right time.. muingkin gitu kali ya mas Ricky

Ricky mengatakan...
on 

@Adi F.Paputungan: Sepakat mas, jika dengan membaca tapi tidak ada tindakan lebih lanjut maka hasilnya akan sama juga bohong. Meneruskan aktualisasi no.1 "Kecepatan merupakan esensi suatu perang". Siapa yang cepat bertindak dia akan mempunyai kesempatan lebih besar untuk menang. Itulah pentingnya sebuah action tho..hehe..terimakasih.

@Zams: aktualisasi yang mantap mas, pentingnya membuat keputusan yang tepat bisa mempengaruhi hasil akhir..terimakasih

Keep visit

Ricky
Businessman

belajar ngblog mengatakan...
on 

Kunjungan malam

belajar ngeblog mengatakan...
on 

Kunjungan malam

Ricky mengatakan...
on 

@Belajar ngeblog: terimakasih sudah berkunjung :)

sarji mengatakan...
on 

marketing ala sun tzu sudah ada dalam acara flora dan fauna di TVRI jaman dulu.siapa yang macan, singa, dan siapa yang hanya sebagai keledai. lengkap abiz.

yono mengatakan...
on 

tinggal kita itu sekarang kapasity jadi keledai,singa, unta, atau tazmania, dll ! tinggal pilih sesuai kemampuan jangan paksa diri. pastikan kita seandainya hewan itu hewan pemangsa or dimangsa.

Ricky mengatakan...
on 

@Sarji: o ya, ekstrim juga ya mas..hehe..

@Yono: Lho kok nerusin :). Yup, setiap orang punya kapasitasnya sendiri-sendiri mas...Btw, strategi no.3 mungkin pas untuk analogi tersebut ya mas. "Seorang pemangsa sejati akan menunggu musuh mendekati dahulu baru bertindak"..ekstrim kan :)

edy_win mengatakan...
on 

waduh harus belajar giat neh....
ayo kita berperang....

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET