5 TIPS MENJADIKAN E-BOOK BERMANFAAT

Hi rekan booker, hehe…opo meneh...Bila kita sedang membahas e-book bisnis, disadari atau tidak seiring terus berkembangnya bisnis internet di Indonesia, ternyata memberi dampak makin banyaknya muncul berbagai jenis e-book. Dari bermacam pilihan tersebut, mungkin posisi anda sama seperti saya yang bingung untuk mengikutinya..:)

Saat ini masalah utama pun timbul, yaitu munculnya stigma yang membandingkan antara e-book berkualitas dan tidak berkualitas…Terus terang sampai sekarang saya masih tidak mengerti, dasar apa yang digunakan untuk menilai sebuah e-book berkualitas atau tidak..Kenapa ?

Karena, ada sebuah argumentasi yang mengatakan bahwa sebuah e-book bisa bermanfaat atau tidak tergantung bagaimana cara menggunakannya.…maka itu bila tolak ukur penilaian sebuah e-book dikatakan berkualitas atau tidak dilihat dari sisi manfaatnya, bisa-bisa kedepan nanti para penulis memilih konsumen yang kira-kira bisa memanfaatkannya saja dong...luchu pikachu kali ya :)

Oleh sebab itu, pada artikel ini saya ingin memberi sekedar tips untuk memanfaatkan e-Book yang sudah anda miliki bisa mempunyai arti.

Berikut 5 Tips menjadikan e-book bisa bermanfaat :

1. Fokuslah pada e-book yang sudah kita miliki.
Saat ini banyak marketer yang tiba-tiba menjelma jadi seorang kolektor, yup..karena secara tidak sadar mereka hanya mengumpulkan beberapa e-book tanpa mempraktekannya. Maka itu, kembalilah ketujuan awal anda membeli sebuah e-book, bila tujuan anda hanya untuk menjualnya kembali (affiliate marketing) maka carilah produk-produk yang banyak diminati (cara riset untuk mencari sebuah produk pernah saya ulas pada artikel affiliate kaki lima). Tapi bila tujuan anda ingin menjalankan metode e-book tersebut maka cobalah terus sampai bisa atau paling tidak sesuai dengan tujuan yang diarahkan penulisnya.

2. Baca tahap demi tahap dengan teliti.
Inti dari tips ini, yaitu kesabaran. Yup, untuk menguasai materi sebuah e-book bukanlah pekerjaan mudah, dibutuhkan waktu untuk membacanya..Biasanya banyak hal-hal yang kita anggap kecil sebenarnya mempunyai pengaruh besar…maka dari itu carilah cara yang kita anggap nyaman untuk bisa mempelajarinya. Contoh : saya merasa nyaman bila membaca satu metode langsung praktek sampai bisa, halaman yang lain biasanya tidak saya buka dulu untuk menghindari kebingungan. Selain itu, ada juga cara yang biasa dilakukan sobat saya Irwan M.Santika yaitu membaca sampai habis berulang-ulang sambil praktek, atau anda punya cara lain..Yes, intinya buatlah diri anda nyaman untuk bisa menerima satu metode untuk kemudian berlanjut ke metode yang lainnya.

3. Carilah informasi tambahan untuk melengkapi materi yang ada.
Hanya mengandalkan informasi dari satu e-book merupakan hal yang sulit bila ingin sukses di Internet, kita membutuhkan informasi-informasi tambahan yang bisa menunjang e-book tersebut...atau bahasa kerennya improvisasi…Misalkan anda sudah memiliki e-book cara masak Ayam Tulang Lunak (nyam..nyam), nah seringkali ada hal-hal yang kurang atau ingin ditambahkan tapi tidak terdapat dalam e-book tersebut. Salah satu solusi untuk memecahkan masalah itu yaitu sering-seringlah surving di search engine google, yahoo, dll untuk mencari informasi-informasi yang bisa melengkapinya. Harapannya yaitu kita bisa temukan ilmu baru dari hasil improvisasi tersebut.

4. Praktekan secara bertahap.
Inilah inti dari semuanya yaitu.Praktek atau Action, apapun tujuan yang sudah kita buat dan sebanyak apapun metode yang sudah kita kuasai, akan menjadi percuma tanpa action. Tapi tetap harus diingat bahwa bisnis internet bukanlah cara mudah dan instan mencari uang, tetap dibutuhkan tahapan untuk mempraktekannya.

5. Konsisten dan Kesabaran
Seringkali saya melihat pertanyaan seperti ini “Pak saya sudah praktek tapi kok belum menghasilkan ya” atau pertanyaan sejenisnya…Saya tidak ingin panjang lebar membahas pertanyaan tersebut, karena sipenanyalah yang tahu jawabannya. Orang lain hanya bisa menyarankan untuk terus konsisten dan bersabar, maka anda akan menemukan waktunya. proses inilah inti dari sebuah praktek.

Oke sobat, itulah 5 tips yang bisa saya berikan, silahkan ditambahkan bila ada yang lain. Harapan saya semoga tips tersebut bisa membantu masalah anda…

* O iya, ada informasi yang mungkin bermanfaat buat pengunjung setia blog ini, mulai kemarin saya putuskan selama 1 bulan kedepan blog ini sudah dirubah menjadi do-follow (bisa dicek pada page source..hehe). Hanya ini yang bisa saya berikan untuk sobat blog businessman dan semoga bisa memberikan manfaat buat teman-teman yang hobbi SEO..asal jangan lakukan praktek SPAM ya. Selain itu juga sedang saya persiapkan kejutan yang lain…ditunggu saja okey,

Saya Ricky, terimakasih dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya..


Sumber Ide : Benny Andhika "Tips Sebelum Membeli E-book Bisnis"

Comments :

65 komentar to “5 TIPS MENJADIKAN E-BOOK BERMANFAAT”

heru mengatakan...
on 

absen yang pertama pak ricky, saya belum punya e-book pak ricky tapi ini tip yang jitu pak, karna melakukan segala sesuatu kunci utama adalah kesabaran.


salam sukses

Ricky mengatakan...
on 

@Heru: Terimakasih sudah berkunjung pak, jika belum berminat membeli e-book, coba saja dulu cari e-book yang gratisan dan mulai coba untuk memnfaatkannya secara benar..

ayo, semangat pak heru :)

fadly muin mengatakan...
on 

Tipsnya Bagus Mas Rick,
Solusi memanfaatkan Ebook dengan benar, luar biasa!
setelah membaca artikel ini dan berfikir sejenak, apa sebenarnya yang membuat tips ini lahir? jawabannya karena

"kurangnya rasa percaya terhadap Ebook yang di miliki"
begitu ga kira2 mas?

Ricky mengatakan...
on 

@Fadly muin: Menurut saya mungkin lebih tepat jika dikatakan kurangnya rasa percaya diri untuk bisa menjalankannya..Ada lho marketer yang membeli e-book dengan diawali perasaan ragu bisa menjalankannya..lucu kan :)
Terimakasih masukannya kawan,

Ricky
Businessman

Ferry Prima mengatakan...
on 

Makasih mas infonya.. sepertinya memang kita perlu fokus untuk membaca ebook satu persatu . Kalau tiba2 disuguhi 2-3 ebook yang terjadi malah overload knowledge.. Sesuatu yang berlebihan emank ga baik, bner begitu mas? hehe..

thanks dah main ke blog saya. Blog Anda rapi sekali. saya subscribe RSS yah

Ricky mengatakan...
on 

@Ferry Prima: Betul mas ferry, salah satu 'penyakit' yang harus diwaspadai oleh setiap marketer adalah information overload, itulah pentingnya sebuah kejelian dalam praktek.
Silahkan mas, terimakasih.

Ricky
Businessman

candradot.com mengatakan...
on 

Tipsnya oke mas...
saya ingin mengomentari no2 dan 4
pertanyaan yang sudah ada di ebook sering muncul, sebagai reseller kita pasti bantu,dan sangat disayangkan kalo ebook nya cuma jadi pajangan. kok kesusu, nggak mau pelan2 ya mas.

Top markotop. semuanya harus baca neh....

candradot.com mengatakan...
on 

hmmm..jadi pengen makan ayam tulang lunak rica2

Ricky mengatakan...
on 

@candradot.com: Benar mas, tidak ada kesuksesan yang bisa diraih secara instan. Semua butuh waktu dan pengorbanan.

Hmmm...ini dia nih, reaksi pengelola kafe melihat resep..hehe..

sukses untuk mas candra

zams mengatakan...
on 

betul mas Ricky.. oce banget tips-nya..dan menurut saya sih ada korelasi juga antara buku yang dibaca dengan pembacanya. Jadi dua2nya harus sinergi, bukunya memang bagus dan mudah difahami dan pembacanya juga memahami dengan benar maksud dari buku tersebut dan tentu sebisa mungkin dipraktekkan sesuai kemampuannya...

candradot.com mengatakan...
on 

bener mas, butuh waktu dan pengorbanan.
btw.....pernah dapat pertanyaan seperti itu dari pembeli produk mas ricky? udah ada di e book tapi masih ditanyaain?

T. Wahyudi mengatakan...
on 

inilah mas... yang membuat saya jadi berfikir panjang dan masih bertanya2... ebook yang seperti apa sh yg d anggap berkwalitas? sehingga kita punya patokan saat ingin membuat ebook... atau, mas ricky bisa membantu?

Blog Motivasi Arief mengatakan...
on 

Jangan membeli ebook hanya untuk dijual lagi. Rugi.
Beli yg sesuai kebutuhan Anda, kalau kebetulan ada reseller programnya baru jual ulang.

Dengan demikian... Anda jadi temotivasi utnuk menyelesaikan membaca ebook + mempraktekkannya, dan tidak keburu reseller.

Salam Sukses,

Ricky mengatakan...
on 

@zams : sinergi memang dibutuhkan mas, tapi sayang sekali ya saat ini banyak pembaca yang salah persepsi tentang arti sebuah e-book. Mereka menganggap bahwa sebuah e-book sudah bisa mencakup semua informasi yang diinginkannya, padahal peningkatan keinginan pembaca secara umum lebih cepat dari update sebuah buku lho..Maka itu perlunya mencari info-info tambahan disearch engine...

Ricky mengatakan...
on 

@CandraDot.com : kalo dari produk sendiri belum mas, soalnya belum punya produk sih..hehe..tapi kalo dari reseller mah sering mas, tapi sejauh masih dalam batas kewajaran ya kita layani tho..kalo mas candra sendiri pasti pernah tho :)

@T. Wahyudi: Coba kunjungi blog mas benny, beliau pernah membahasnya..kalo saya pribadi menilai kualitas baik buruknya sebuah e-book adalah hasil dari metode yang diciptakan penulisnya sendiri, bukan dari hasil copy paste..Tapi ya itu, saya masih menjalankan point no.1 jadi belum banyak memiliki e-book..hehe

Ricky mengatakan...
on 

@Blog motivasi arief: saran yang baik mas arief, memang idealnya tujuan seseorang membeli e-book adalah untuk menjalankan isi materinya..Tapi ada juga lho marketer yang hanya ingin mengikuti program afiliasinya saja, yang penting adalah sejauh mana konsistensi kita pada sebuah bidang tho..terimakasih sudah berkunjung

salam sukses

M. Ansori mengatakan...
on 

Saya kira tips nya sudah cukup. Tinggal didorong dengan kemauan yang kuat dan konsisten akan berhasil...!

Salam hangat...!

Ricky mengatakan...
on 

@M.Ansori: Terimakasih pak, Action adalah inti segalanya..

salam sukses

BLOG MOTIVASI BISNIS mengatakan...
on 

Tipsnya mantap mas, menurut saya paling penting dalam pembelian ebook adalah manfaatnya...Jika membeli ebook hanya karena uang yang akan dihasilkan dari program resellernya semata...ya kalau ngga berhasil menjual sesuai harapan sebelumnya...ini yang biasanya sering menyebut pemilik ebook adalah penipu.

Jika tujuan awal untuk memiliki ebook adalah mengambil ilmu didalamnya, maka pastinya ada kepuasaan dan manfaat yang bisa kita ambil meskipun ebook tersebut harganya selangit.

Btw, yang baru itu Do Follownya ya mas...? he..he..he..met gabung aja di komunitas blog do follow..Sukses!

Salam Spesial!

wellsen mengatakan...
on 

Intinya belajar untuk fokus..
Pelajari dulu satu e-book yang kita punya..
memang sih, sering tergoda untuk membeli e-book ini dan itu..
Apalagi yang sales letter nya meyakinkan :)
Tapi, tetap fokus!! :)
dan jangan lupa mempraktekkan.. Action !! :D

Ulasan yang menarik, mas Ricky :)

Ricky mengatakan...
on 

@Handoko Tantra: Yap, saya setuju dengan mas handoko..
Menurut saya, sepertinya ada 3 tujuan utama seorang marketer membeli e-book antara lain : 1. untuk diambil manfaatnya dan sambil ikut memasarkannya, 2. dengan tujuan utama untuk dipasarkan kembali, biasanya orang seperti ini membaca materi e-book tersebut tapi tak pernah fokus mempraktekannya. Nah yang terakhir ini nih, seseorang yang tidak pernah fokus membaca dan mempraktekannya ditambah tidak serius untuk memasarkannya kembali. Mungkin orang-orang seperti ini yang biasanya mencari kambing hitam dengan dalih penulis penipu, e-book sampah, dll..aneh kan :)

Yup, salah satunya itu mas...yang lain?, tunggu aja deh..hehe

Ricky mengatakan...
on 

@Wellsen: Dan nilai 100 untuk komentar anda!, saya sangat sepakat mas wellsen..Fokus pada e-book yang sudah kita miliki adalah sebuah keharusan, sayang tho sudah mengeluarkan banyak uang jika hanya untuk koleksi saja tanpa ada tindakan lebih jauh...

salam action!

Sumartono mengatakan...
on 

Malam Mas Ricky, 5 tips tersebut memang sangat bermanfaat bagi saya khususnya. Maka itu kalau saya membeli ebook karena benar-benar kebutuhan buka karena ingin mengoleksi. Dan memang benar, lebih baik punya sedikit ebook tapi kita pelajari dan praktekan.

Benny mengatakan...
on 

Thank mas tipnya mantap dan harus diterapkan.. (koq judulnya kebetulan mirip ya "5 Tips".. hehe..)

Btw, yang menjadikan berkualitas atau tidaknya sebuah ebook itu semua karena ada penyebanya, baik dari sipembaca maupun pembuatnya..! jadi intinya tergantung apa yang digantung.. :) (terlalu panjang dibahas.)

Kalau saya sich selalu berpikir positif saja, jangankan ebook.. satu kalimat saja bisa berkualitas/ bermanfaat kalo kita bisa memaknai dan merevolusinya menjadi sebuah pemikiran yang positif. kemudian diimplementasikan dengan bukti nyata atau perbuatan.. halah.. hi.. :)

Salam..

Adi F. Paputungan mengatakan...
on 

Haha good post. Ada satu contoh praktis dalam pekerjaan saya utk hal ini. Di dunia nyata (lhoo emang ini dunia apa..) saya berjualan pakaian dan aksesorisnya. Saya wajibkan diri saya dan team saya untuk memakai produk kami dalam keseharian (kerja ataupun bila sedang jalan dg pacar masing2). Tujuannya: agar langsung merasakan sendiri kelebihan dan kekurangan produk sendiri. Jadi pas jualan lebih PeDe ngomongnya. Orang yg sudah mengalami sendiri, pasti jauuhh lebih meyakinkan dalam menjual. Saat ini saja Saya hanya memiliki & menjual satu e-book. Belum selesai dibaca dan baru menjualnya 70-an copy. Jadi keinginan untuk menambah saya tahan dulu (sebenarnya ingin punya & menjual ebook-nya pak JS sih hehehe)

Adi F. Paputungan mengatakan...
on 

HA! Akhirnya bisa posting comment. Ternyata salah browser saya. Ga tau kenapa di Opera form comment blog mas Ricky ini tidak muncul. Ini pakai Google chrome.

habibie reza mengatakan...
on 

Mas Adi, memang untuk blogspot, dengan browser opera sering tidak bisa nge-post comment. Saya juga sering gitu soalnya.

Untuk mas ricky, tips nyang mantap..mesti diketahui mereka yang hendak terjun ke dunia bisnis online. Poin #5 apa lagi, :)

Ricky mengatakan...
on 

@Sumartono: Sepakat mas,mengutip yang dikatakan mas wellsen yang penting tetap fokus + action..salam sukses

@Benny: Iya mas, kebetulan cuma tahu 5 itu saja sih..atau mungkin ada yang kurang, monggoh ditambahkan...
Wah dasyat juga tuh mas, bisa mengambil makna hanya dari satu kalimat..tapi memang benar sih, kesuksesan kita dalam bisnis internet bisa ditentukan bagaimana cara kita bisa memaknai sebuah panduan untuk selanjutnya diimplementasikan pada tindakan.
Terimakasih sudah berkunjung

Ricky
Businessman

TITIK mengatakan...
on 

aduh adik tipsnya manis banget sih ya ... memang betul adik bisnis internet bukan mencari uang yg melimpah tapi bagaiamana kita bisa mengimpletasikannya... dan tentu selalu action.... Sip dik , saya acungkan Jempol untuk dik Ricky .... Nice post.....

Salam Sukses

Winarno mengatakan...
on 

Kunjungan kedua Mas, tips yang bagus Mas. Kadang memang tergiur dengan program affiliasi dari pada isi e-book untuk diprektekan.

Mas Hengky mengatakan...
on 

mas, aku setuju banget sama ke 5 point tersebut di atas.. apalagi karena aku sudah memberikan ebook gratis tentang tanya jawab paypal.. tapi kok masih ada orang yang ga mau baca.. apa salahku???

Umar Puja Kesuma mengatakan...
on 

Bagus sekali tipsnya Mas Ricky.
Ebook memang tidak sekedar untuk dikoleksi dan menyesaki memori hardisk, tapi juga kudu dipraktikkan, sukur-sukur bisa dijual ulang. Tapi pembuatan ebook bukan untuk poin yang terakhir, tapi poin kedua yaitu DIPRAKTIKKAN.

Rusli Zainal Sang Visioner mengatakan...
on 

Maaf mas Ricky agak sedikit nyepam.. Mohon dukungannya ya??

Makasih..

DOCRAN mengatakan...
on 

Tips bagus untuk ebook yang bagus. Namun sayang banyak internet marketer palsu Indonesia jual ebook sampah. Mudah2an ngga makin banyak orang tertipu. Malah ebook gratis yang sy dpt lebih berharga dan bermutu isinya.
BTW dofollow nya cuma sebulan ya mas ?

Ali Yusrie | Blog Bisnis Internet mengatakan...
on 

membeli e-book tujuannya untuk dapetin ilmu dari sumbernya langsung, istilahnya belajar dari ahlinya :) benar ga mas Ricky ?

AliYusrie.com | List Dofollow mengatakan...
on 

maaf agak telat, blognya sdh dimasukin daftar, silahkan dicekdulu, thanks

Ardy Pratama mengatakan...
on 

banyak yg beli prduk, baik vdeo maupun ebook, biasanya gk sabaran pngn liat tekniknya... Pdhal diawal2 kdang bnyk pnjlasan yg pnting juga untk dbaca. Mslah knsisten dan gak sbaran jga mslah yg kronis tuh mas... Hehehehehe... :D

Ricky mengatakan...
on 

@Adi F. Paputungan: Langsung dijawab 2nya aja ya. 1. Sepakat mas, akan lebih baik bila kita fokus pada satu bidang terlebih dahulu sampai benar-benar menguasainya baru beralih pada bidang lainnya untuk mengembangkannya..bahasa kerennya diversifikasi usaha gitu..hehe..btw salut mas adi, 1 produk 70 penjualan, wah apalagi dipraktekan ke forbis bisa-bisa 2 kali lipatya dong..CR forbis tinggi lho mas :)
2. Nah itu sudah dijawab mas habibie...hehe..

@habibie reza: Terimakasih mas habibie sudah atas bantuannya :)..Betul mas konsistensi dan kesabaran mutlak dibutuhkan untuk menjalankan usaha..apapun itu :)

salam sukses

Ricky mengatakan...
on 

@Titik: Serius mengimplementasikan, dengan tujuan utama untuk mencari uang yang melimpah kan bu..hehe..terimakasih masukannya ya bu,

@Winarno: Terimakasih kunjungannya pak..Mengikuti program afiliasi juga merupakan salah satu metode pembelajaran penting dibisnis internet lho..yaitu belajar metode pemasaran yang efektif tho, banyak orang yang sukses dalam program afiliasi berlanjut ke sukses dengan produk creation,..

salam sukses

Ricky mengatakan...
on 

@Mas hengky: hehe...saya sudah baca FAQ nya lho mas, tapi belum pake VCC nya,...yang pentingkan sudah jadi subcribernya mas hengky, jadi bisa ikuti infonya terus tho... :)

@Umar P.K: Sepakat mas, dalam bisnis internet membaca tanpa praktek sama halnya dengan orang pergi tapi tanpa tujuan...yang ada hanya akan membuat bingung..

@Rusli Zaenal: Oke mas, asal jangan keseringan aja ya, kasihan yang lain..btw dukungan apa nih mas, bu prita atau manohara..hehe..salam kenal mas rusli.

Ricky mengatakan...
on 

@Docran: wah, e-book kategori sampah sepeti apa ya mas..sapa tahu mas docran mau memberitahu ?, jadi bisa lebih berhati-hati gitu..hehe,,iya nih mas lagi coba dulu, penginnya sih selamanya..kalo pengunjung pada senang ya' seterusnya saya aktifkan, yang pentingkan kepuasan visitor is number one gitu lho..betul kan :)

Ricky mengatakan...
on 

@Ali yusrie: langsung dijawab 2 nya aja ya mas...90 % betul mas, seharusnya tujuan utama seseorang membeli e-book yaitu untuk mempelajari isi didalamnya..terus yang 10 %-nya untuk dijual kembali kan..hehe..
terimakasih responnya mas ali, salam sukses

@@Adhy Pratama : sepakat mas ardhy, sampai sekarang sayapun masih sering mengalami 'penyakit' itu..tidak sabaran..Tapi yang penting adalah bagaimana kita bisa mengendalikan perasaan seperti itu supaya tidak keterusan tho..terimakasih

salam sukses

agungfirmansyah mengatakan...
on 

Kayaknya itu berlaku tidak hanya untuk ebook. Buku yang ga e pun bisa. :D

Cara Membuat Web mengatakan...
on 

Terima ksh tipsnya, sanget bermanfaat, Ternyata harus bener-bener teliti ya, sukses deh!

Ricky mengatakan...
on 

@Agungfirmansyah: setuju mas, terimakasih sudah berkunjung..

@Cara membuat web: yup, ketelitian merupakan salah satu langkah penting dalam bisnis internet mas :)

Lendra Andrian mengatakan...
on 

benar mas, kalo terlalu banyak ebook yg di diownload biasanya lupa, dan bingun, hanya membaca saja tanpa ada yg di praktekkan satupun, sebauknya fokus pada satu topik dan menjalankannya dengan serius.

Ricky mengatakan...
on 

@Lendra adrian: salah satu musuh utama para marketer adalah information overload mas, maka itu hati-hatilah dengan terlalu banyak membaca...Mulailah dengan action setahap demi setahap..

salam sukses :)

Stop Dreaming Start Action mengatakan...
on 

Sore mas Ricky Saya start duluan yah.. Heeee..

Ayo "Stop Dreaming Start Action"..!! makin cepat lebih baik..!!

Ahmad mengatakan...
on 

Inkonsisten dan kesusu.... Bertentangan dg nmr 5 ya mas. Tapi ya itulah penyakit saya hingga sekarang. Capek deehhh...

Thanks pencerahannya mas ricky

Irwan M Santika mengatakan...
on 

Met siang mas, akhirnya sya bisa bwalking lagi nih, setelah sya dapat mewujudkan impian saya di bisnis offline.

Dalam memanfaatkan sebuah ebook sya sangat setuju mas, karena banyak sekali yang menganggap kurang penting pada sebuah informasi. padahal jika kita pikir informasi yg kita dapat sekecil apapun bisa menjadikan ilmu yang tdk terduga bagi kita.

Sukse ya mas :-)

Stop Dreaming Start Action mengatakan...
on 

saya setuju dengan yang sabar itu tuh :)

Ricky mengatakan...
on 

@Benny Andika: Silahkan mas, semoga bisa memenangkan kontes..

@Ahmad : Jangan meyerah mas ahmad, yang penting stop dreaming start action , seperti slogan yang didengungkan pak joko tho..hehe

salam sukses!

Ricky mengatakan...
on 

@Irwan M.Santika: Sepakat mas, banyak sekali hal-hal yang kita anggap sepele sebenarnya bisa berpengaruh besar didepannya..terimakasih

@Reza: Yup, sama-sama mas..

salam sukses!

David mengatakan...
on 

Yes... mas!! Sebaiknya kita baca dulu semuanya secara bertahap. banyak orang tergesa-gesa ingin segera tahu semua isinya, padahal kalau baca 1 ebook langsung sehari penuh malah tidak karuan hasilnya, sdh capek & ilmunya tidak terserap & akhirnya jadi malas, iya to...???

Ricky mengatakan...
on 

@David: betul mas, ada istilah banyak baca akan makin menambah pengetahuan. Tapi kebanyakan baca hasilnya tidak akan bagus juga tho :)

salam sukses

Mas Hengky mengatakan...
on 

mas, nggak ikutan kontes SEO di blog tetangga?? hehehe

Ricky mengatakan...
on 

@Mas Hengky : Belum nih mas hengky, bentar lagi deh...sambil tunggu mas hengky buat kontes SEO juga..wkwkwkwk..

salam sukses

alfon mengatakan...
on 

benar sekali mas.. tapi saya belum ada ide ni mau bikin ebook apa

hade mengatakan...
on 

Tips no 2 tepat banget mas..., saya baru nyusun ebook gratis, pas di baca ulang selalu ingin nambahin...
Dan dengan cara demikian ebbok kita akan lebih baik dan lengkap.

Tips yang sangat bermanfaat Mas...

onabunga mengatakan...
on 

kulonuwun...
fokus, pelan-pelan diresapi dan dilakukan, dilakukan sampai tuntas baru beralih. justru itu yang nggak nguatin Mas. orang sekarang maunya serba cepat, serba instan. kalau tak juga segera memberi hasil, kecenderungannya ya lari ke yang lain. tapi saya kira justru inilah yang memaksa siapapun pembuat ebook untuk meningkatkan kualitas produknya. dan para petualang ebook yang merasakan manfaatnya. ya ngga....

Obrolan lepas mengatakan...
on 

mantap, saya sangat setuju dengan apa yang mas ricky tulis, sebagus apapun ebook yang kita miliki tidak akan berguna kalo kita tidak tau cara menggunakannya.

Ricky mengatakan...
on 

@Alfon: yup, kalo belum siap mendingan sabar dulu saja mas, yang penting jangan asal-asalan membuat e-book yang nantinya justru bisa merusak citra anda.. :)

@Hade: wah selamat ya mas, ditunggu e-book gratisannya..

@Wah, analisa yang mantap mba ona...sukses

@Rizal: Maka itu perlunya kita mencari info-info tambahan yang dapat menunjang pemahaman akan suatu tema..tul ga mas :)

salam sukses

Stop Dreaming Start Action mengatakan...
on 

Selain 5 tips ini saya berharap di Indonesia semakin banyak ebook yang berkualitas.

Ricky mengatakan...
on 

@Stop Dreaming Start Action: Kita semua berharap seperti itu mas..terima kasih sudah berkunjung :)

obat alami jantung koronel mengatakan...
on 

saking banyaknya penawaran e book jadi saya bingung yang mana benar2 bgus dan dapat di mengerti.

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET