Mitos Darwin Dalam Bisnis Internet

Tempo hari saat sedang asyik membaca sebuah majalah, tiba-tiba mata saya difokuskan pada sebuah artikel yang ditulis oleh 2 orang bernama Cameron McPherson Smith dan Charles Sullivan berjudul “Empat Mitos Tentang Teori Darwin”. Melalui tulisan tersebut ternyata saya mendapatkan sebuah kenyataan yang terjadi dalam bisnis internet…

Charles Robert Darwin atau Charles Darwin. Apa yang pertamakali anda pikirkan saat mendengar nama itu ?..kalo boleh saya tebak sebagian dari kita mungkin akan menghubungkan dengan teori Evolusi….Yup, dan salah satu mitos yang cukup kontroversial dari teori tersebut adalah sebuah mitos yang mengatakan bahwa asal usul manusia berasal dari golongan kera.

Hmmm…Itulah mitos, mungkin benar…mungkin juga tidak. Tapi saya sedang tidak ingin membahas lebih jauh tentang mitos tersebut. Yang ingin saya bahas disini adalah salah satu mitos tentang teori Darwin yang mengatakan bahwa “Hanya yang Terkuat yang Bisa Bertahan”.

Ok sobat, anda boleh menyebut istilah tersebut sebagai hukum rimba atau apapun…Bagi beberapa kalangan hukum rimba memang terkesan kejam dan tidak manusiawi. Tapi disadari atau tidak dalam beberapa hal hukum tersebut bisa berlaku secara adil.

Yes, anda boleh mengakui atau tidak…tapi mitos tersebut sedang berlaku adil dalam bisnis internet…Hanya yang kuatlah yang bisa bertahan dibisnis ini sobat. Yup,dengan potensi kegagalan yang sangat besar sebenarnya kekuatan apa saja yang dibutuhkan dalam bisnis internet ?..Apakah fisik, modal atau yang lainnya untuk bisa bertahan...
Oke sobat, akan coba saya bahas satu persatu :

Modal : Modal adalah unsur utama untuk menjalankan semua ide bisnis anda, lalu bagaimana bila kita tidak punya modal. Itulah salah satu kelebihan bisnis internet sobat, dengan hanya mengandalkan koneksi anda sudah bisa menjalankan bisnis internet…Tidak percaya ?,lihat blog ini, sebagian besar pengelolaan disini hanya membutuhkan koneksi intenet saja.

Fisik : Bagi sebagian bisnis fisik memang segala-galanya, tanpa fisik yang prima seseorang akan sulit mengikuti persaingan pasar. Tapi hal ini bisa menjadi pengecualian dalam bisnis internet, meskipun fisik penting tapi bukanlah segala-galanya…Lihatlah sosok Habibie Afsyah seorang marketer yang sukses lewat amazon.com. “kelemahanku adalah sumber kekuatanku” itulah prinsip hidup yang bisa kita contoh dari seorang Habibie.

Waktu : waktu merupakan salah satu unsur penting dalam bisnis. Tapi anda bisa buat pengecualian dalam bisnis internet, dengan manajemen waktu yang benar seorang part time marketer yang bisa menghasilkan income lebih besar dari seorang fulltime marketer. Lihatlah sosok Nicko Martantyo yang memanfaatkan sedikit waktu luang sepulang kerja untuk menjalankan bisnis internet, dan hasilnya…..

Latar Belakang Pendidikan : Sadarkah anda seberapa penting pengaruh latar belakang pendidikan untuk sebuah profesi…Mungkin sangat penting bagi anda, tapi tidak bagi seorang Joko Susilo...Salah satu contoh milyuner yang sukses sebagai seorang marketer online dengan latar belakang pendidikan Sarjana Tehnik !.

Dan masih banyak lagi alasan yang lainnya...

Itu hanya sebagian contoh bahwa salah satu mitos dari teori Darwin sedang berlaku adil disini “Hanya Yang Terkuat Yang Bisa Bertahan”. Lalu kekuatan apa yang bisa membuat orang sukses dibisnis internet ?

Kekuatan Tekad...

Saya Ricky, Terimakasih dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya…



Comments :

39 komentar to “Mitos Darwin Dalam Bisnis Internet”

Winarno mengatakan...
on 

Pertama dulu Ah...

Winarno mengatakan...
on 

Setuju Mas, yang terkuat yang bertahan... terutama kuat mental, sabar,qana'ah (tetap bertahan) walaupun belum menghasilkan duuuuittt.

Tips Yang bermanfaat Mas Ricky

salam sukses selalu

Winarno

bisnis online | heru mengatakan...
on 

benar pak ricky, seperti yang saya alami sekarang, pendidikan bukanlah satu-satu membuat orang, tanpa ada niat sendiri. banyak juga orang-orang yang sukses tanpa pendidikan yang tinggi. tanpa ada keinginan dan kemauan untuk belajar semuanya takkan berhasil.
maaf pak ricky sekarang sibuk sekali, banyak kerjaan yang penting.
salam action

Ricky mengatakan...
on 

@Winarno: kedua :))

Yup benar mas, tambahan yang bagus...kekuatan mental sangatlah penting untuk menunjang konsistensi kita dibisnis ini.

salam sukses mas

Ricky mengatakan...
on 

@bisnisonline|heru: Ok pak, pendidikan hanya membantu pembentukan pola pikir saja terhadap sesuatu...selebihnya pengalaman kitalah yang paling mempengaruhinya.
Wah, meski sibuk masih tetap sempatkan posting dan blogwalking..hebat pak heru :)

salam action

baitul alim mengatakan...
on 

Saya rasa hal yang paling krusial dianatara beberapa hal diatas adalah MODAL. Sedikitpun banyak orang yang mengatakan bermodal koneksi internet, modal tekad ataupun yang lainnya, pasti juga memerlukan Uang. hal ini tidak bisa dipungkiri.

Memang dalam bisnis terdapat 2 hal yang membuat sukses dan besar. Pertama, memulai dengan modal uang yang besar. Jika tidak punya maka pinjam. Dan bisnis anda langsung menjadi besar.

Kedua, mulailah dengan yang anda punya dulu. Ini tidak butuh modal uang banyak cukup manajemen waktu,karena hal ini berlangsung lama mengikuti perkembangan bisnis.

Jadi tinggal pilih mana yang cocok menurut anda. Semuannya tidak ada yang salah tetapi butuh dukungan baik strategi, evaluasi maupun konsistensi dll.

Ricky mengatakan...
on 

@Baitul alim: Komentar yang bijaksana mas, uang memang sesuatu yang sangat krusial dalam bisnis. Dengan perhitungan yang matang, kita bisa meminimalisir pengeluaran untuk hal-hal yang memang diperlukan saja.
Thanks for sharing :)

dadang firdaos mengatakan...
on 

Jadi Inget teman, kaya diawal dari hutang

Ricky mengatakan...
on 

@Dadang Firdaos: wah, hebat juga temannya ya mas.

rudy azhar mengatakan...
on 

Setuju Mas.... Kekuatan tekad bisa menyingkirkan segala rintangan yang menghadang. point-point diatas semua akan dapat diatasi asal kita memiliki tekad yang kuat....
point 1 > Modal --> bisa pinjam kalau nggak punya uang
point 2 > Fisik --> kerja di internet cuma duduk doang, sambil tiduran juga bisa (kang ebet lagi sakitpun bisa main internet).
point 3 > Waktu --> kerja di internet waktunya cukup fleksibel
point 4 > Latar belakang pendidikan --> asal bisa mengetik dan buka Internet udah bisa memulainya kok... :x

Ricky mengatakan...
on 

@Rudy Azhar: Yes, kesimpulan yang jitu mas...semua halangan bukanlah menjadi masalah bila kita mempunyai kemauan untuk maju.

salam action :)

T. Wahyudi mengatakan...
on 

Saya sangat setuju dengan semua itu mas... yang penting niat dan keuletam... semuanya tidak ada yang tidak mungkin...

sukses mas ricky...

Ricky mengatakan...
on 

@T. Wahyudi: Sip mas dan diakhiri dengan doa.

sukses juga mas tri

Mas Hengky mengatakan...
on 

cuiitt cuuiiittt... dari semua contoh di atas, mas pernah ketemu langsung atau cuma denger2 aja dari tetangga?

Kuliah Gratis mengatakan...
on 

Analisa yang muatab Pak

salam kenal n salam Nothing Impossible

Ricky mengatakan...
on 

@Mas Hengky: siapa mas charles darwin ?..lha ya lewat browsing tho :-/

Ricky mengatakan...
on 

@Kuliah gratis: terimakasih pak, salam kenal kembali ;))

bisnis online | zam mengatakan...
on 

bener mas Ricky.. ada tekat kuat, saya kira itu poin penting dalam bisnis ini..

Ricky mengatakan...
on 

@bisnis online|zam: yup, tekad yang kuat akan mendorong seseorang mencari cara untuk sukses.

salam sukses mas

hafiid mengatakan...
on 

memang hanya yang kuat yang bertahan, tapi di hutan rimba, pohon-pohon selalu tinggi karena dia harus jadi tinggi untuk mendapat sinar matahari dan agar bisa hidup. sama halnya dengan internet marketing, kita harus bisa jadi kuat agar bisa mendapat hasil, keinginan kita yang kuat nantinya akan menemukan kita pada titik yang kita inginkan...

Ricky mengatakan...
on 

@hafid: yup, keinginan yang kuat akan menemukan kita pada titik yang diinginkan. ;)

Maulana Malik mengatakan...
on 

sektor modal paling penting bro. hehe. saya rasa berbisnis internet juga sama seperti bisnis lainnya, perlu modal untuk ngejalaninnya, entah untuk akses internet, untuk beli pernak pernik dll. hehe. salam kenal :)

Ricky mengatakan...
on 

@Maulana malik: Sip bro..walaupun tidak besar, modal memang sesuatu yang ga bisa dilepaskan dalam bisnis. Terimakasih sudah berkunjung mas maulana, salam kenal juga :)

Candradot.com mengatakan...
on 

pointnya komplit mas...
salut buat mas Nicko, tetap mengerjakan disela-sela kesibukan.
jadi semuanya tetap nggak ada yang gratis,

Ricky mengatakan...
on 

@Chandradot.com: Sip mas, ga ada yang gratis didunia ini :p . meskipun hanya untuk biaya koneksi internet juga uang tho..hehe..terimakasih sudah berkunjung.

TITIK mengatakan...
on 

sungguh luar biasa... susunan kata2 adik ricky dan step by step dikupas.. seolah dik Ricky bener2 sedang menjalaninya.. memang betul adik dalam bisnis internet ini siapa yg kuat dia yg akan mampu bertahan dengan beberapa aspek: 1.modal, 2. waktu 3. fisik dan 4. latar belakang... sungguh luar biasa ...kupas tuntas .. habis

Salam action

Ricky mengatakan...
on 

@Titik: Lha kan emang lagi njalani bu, makanya ditulis :)),hehe..ibu bisa aja..

Sepertinya kalo mau ditelusuri lebih jauh masih banyak faktor yang menggambarkan keadilan hukum rimba dibisnis ini bu, misalnya potensi,persaingan pasar,dll..hehe..

salam sukses untuk ibu :)

Umar Puja Kesuma mengatakan...
on 

Wah, analoginya sangat pas sekali Mas Ricky.
Tidak ada alasan lagi untuk tidak ACTION, karena berdasarkan tulisan ini, semua alasan sudah terpatahkan. Tinggal kita berani nekad apa ndak. Bukan begitu Mas Ricky?

Khery Sudeska mengatakan...
on 

Bagus, Mas. Sangat informatif...

Bisnis Online mengatakan...
on 

Yup bener banget, kekuatan tekad penting banget

Ricky mengatakan...
on 

@Umar Puja Kesuma: Yup, benar mas...nekad dan tekad :)

@Khery Sudeska: Sip mas, trims ya

@Bisnis online: Da juga action tho mas ;))

Benny mengatakan...
on 

sip setuju, yg terpenting adalah modal keyakinan tekat yang kuat.

contoh tidak punya modal: jika memiliki tekad yg kuat dapat mencari dengan berbagai cara.

Salam Panas Mas Ricky...

Ricky mengatakan...
on 

@Benny: Sip mas, thanks sudah berkunjung.

salam panas juga tuk mas benny.

wellsen mengatakan...
on 

menarik sekali mas, menghubungkan teori evolusi dan internet marketing.. :)
Setiap orang memang punya kelemahan dan kelebihan masing2..
Yang jadi soal, apakah kita memilih menyerah pada kekurangan kita, atau berani memperbaiki kelemahan tersebut serta berani melihat potensi dalam diri kita untuk terus diasah.. :D

Ricky mengatakan...
on 

@Wellsen: Oke mas, kekurangan adalah salah satu bagian terbaik yang juga kita miliki..Tanpa adanya kekurangan maka hidup tidak akan lengkap tho...

salam,

urutan pertama di google mengatakan...
on 

pengalaman adalah guru yang terbaik,,dan kegagalan adalah merupakan keberhasilan yang tertunda,,jadi orang yang gagal belum tentu tidak berhasil,, tetapi oran gagal adalah yang tidak mau kembali berusaha setelah mengalami kegagalan...

KIT PES mengatakan...
on 

ap bener tuh dari darwin????

Ricky mengatakan...
on 

@urutan pertama di google: pemaparan yang mantap pak, tidak ada keberhasilan yang diraih tanpa melalui proses kegagalan, ya tho pak..thanks for sharing :)

Ricky mengatakan...
on 

@KIT PES: Kurang lebih begitu yang saya baca mas. Silakan lihat di majalah Playboy edisi Juni 2006 "4 Mitos tentang Teori Darwin - dan mengapa mereka salah". (maaf, tapi itu majalah dewasa ya:) ).

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET