9 Tips Bisnis Affiliate Marketing

Sesuai janji pada artikel sebelumnya, pada posting kali ini saya ingin meneruskan pembahasan mengenai seluk beluk affiliate marketing. Ok sobat, menilik pada perkembangannya, saat ini affiliate marketing merupakan salah satu model bisnis internet yang sangat di gemari oleh para marketer. Beberapa faktor penyebabnya antara lain yaitu beragamnya pilihan model komisi serta kemudahan yang ditawarkan bagi para pelakunya. Apa sajakah itu :

1. Anda bisa mendapatkan uang hanya dengan memasarkan produk orang lain.
2. Tawaran komisi yang besar memungkinkan seorang affiliate bisa mengeruk keuntungan.
3. Sebagian besar merchant aktif membantu affiliate dalam proses pengiriman email follow up bagi setiap prospeknya.
4. Jika sudah memiliki blog anda bisa mencari uang dengan berkerjasama dengan situs-situs PPC untuk menjadi publisher.

Nah sobat, itu hanyalah sebagian contoh saja dari banyaknya tawaran menarik yang lain.

Tapi herannya, dengan berbagai kemudahan tersebut ternyata tingkat kegagalan seorang affiliate masih sangat tinggi lho. Ada beberapa indikasi yang menyebabkan tingginya tingkat kegagalan seorang affiliate, salah satunya yaitu dikarenakan meremehkan dan menggampangkan program ini

Yup, maka itu sobat...bagi anda yang sedang menjalankan affiliate marketing, mungkin 9 Tips ini bisa dijadikan pedoman agar kita selalu hati-hati :

Pilih jenis produk yang ingin anda pasarkan.
Rasanya tips ini lebih pas jika anda sedang bermain pada program affiliate network, karena produk disana lebih bervariasi yaitu produk berbentuk fisik dan digital. Pembahasan ini pernah saya ulas pada artikel affiliate kaki lima bag.1, klik disini bila anda belum membaca.

Carilah metode pemasaran yang menguntungkan.
Ada bermacam-macam metode pemasaran diinternet, pilihlah yang paling menguntungkan untuk anda. Karena setiap affiliate mempunyai caranya sendiri-sendiri. Untuk dapat menemukan cara yang pas, maka anda harus berani mencoba berbagai metode.

Fokus pada Two Ko. Konversi dulu baru Komisi.
Pada awalnya komisi memang pilihan utama yang perlu diperhatikan seorang affiliate, tapi disadari atau tidak pada akhirnya produk dengan tingkat konversi tinggilah yang selalu ramai dipasarkan para marketer. Silahkan klik disini untuk Penjelasan lebih lanjut mengenai konversi.

Sembunyikan link affiliate (Cloack Url) dalam berpromosi.
Hal ini dimaksudkan untuk menyembunyikan alamat situs asli dari pengunjung. Dengan begitu mereka akan membeli melalui link kita. Cara cloaking url pernah saya bahas disini, silahkan kunjungi bila anda belum membaca.

Mengikuti sebuah forum atau komunitas online.
Tidak usah panjang lebar saya jelaskan mengenai forum, tapi satu hal yang perlu anda ketahui adalah pentingnya mengikuti sebuah komunitas dalam bisnis internet.

Membangun opt-in list.
Ada sebuah perumpamaan penting dari bisnis internet yang harus anda ketahui, yaitu List = Aset. Yup, disinilah pentingnya anda mulai mengumpulkan daftar list orang-orang yang selalu menunggu apapun berita yang akan anda kirimkan melalui email.

Membuat Landing Page.
Dengan desain memikat dan kalimat penawaran yang ampuh Landing Page bisa menarik pengunjung untuk membeli produk yang anda tawarkan.

Berikan Produk Gratis.
Mau tau apa yang paling disukai pengunjung ?. Yes, free product...Berikan saja apa yang mereka mau, dan mereka akan memberi apa yang anda mau

Berbisnislah dengan Etika.
Etika dalam berbisnis merupakan proses yang sering terlupakan oleh kita, begitupun dalam affiliate marketing. Ada beberapa etika yang harus kita perhatikan sebagai seorang affiliate. Masalah ini pernah saya bahas pada artikel sebelumnya, silahkan klik disini untuk membaca.

Oke sobat...sekian 9 Tips bisnis affiliate marketing yang saya ketahui, silahkan ditambahkan atau direvisi bila anda punya tips dan pendapat yang lain. Semoga bisa semakin memajukan dunia bisnis internet di Indonesia.

Akhir kata : disana gunung,disini gunung ditengah-tengah pulau jawa. Dalangnya bingung...ealah...wayangnya juga bingung..yang penting bisa Stop Dreaming Start Action

Saya Ricky, terimakasih dan sampai jumpa pada artikel selajutnya...

Comments :

40 komentar to “9 Tips Bisnis Affiliate Marketing”

wellsen mengatakan...
on 

Pertamaxxx :))

Pembahasan yang lengkap sekali dari seorang master affiliate.. :)
Yang penting kita harus jujur dalam menjual..
Menipu hanya akan menghancurkan reputasi kita..
Dan saya setuju dengan prinsip "semakin banyak memberi, semakin banyak menerima" :)

Kalo menambahkan, mungkin:
-sabar(karena banyak affiliate pemula yang kurang sabar, mau yang serba instan)
-jangan melakukan spam(hanya memberi citra buruk bagi diri sendiri)

Ferry Prima mengatakan...
on 

makasih mas tips nya. sampai skarang saya masih gagal dalam bisnis aff. dulu sempet luamyan, hanya saja income nya ga konsisten :D

Evil_septian mengatakan...
on 

Salam Kenal Mas
Saya hanya ingin berkomentar, bahwa menurut saya Bisnis Aff Merupakan bisnis yang sulit, jadi saya tidak akan mengikutinya :) :p

Ricky mengatakan...
on 

@Wellsen: Terimakasih tambahannya mas, memang tidak ada yang instan didunia ini...Semua butuh proses dan pengorbanan terlebih dahulu.

salam sukses

Peluang bisnis | Ricky mengatakan...
on 

@Ferry Prima: Kenapa ga diterusin mas, namanya proses pasti ada naik turunnya. Coba pake metode yang lain mungkin bisa.

@Evil-septian: Memang ga ada yang mudah dibisnis internet mas, tapi kalo berpotensi menghasilkan ga ada salahnya dicoba tho.

salam sukses

Evil_septian mengatakan...
on 

Iya juga ya mas, tapi ada tips jitu lagi ga sukses bisnis Aff??

Sumartono mengatakan...
on 

Kesembilan tips yang mantap mas, dan sangat relevan untuk diterapkan. Cuman yang jadi masalah pelaku affiliatenya sendiri. Seperti saya ini, kadang tidak fokus. Semoga adanya posting ini akan memotivasi saya khususnya.

Ricky mengatakan...
on 

@Sumartono: Wah mendengar padatnya aktivitas mas sum dalam pekerjaan off line saya rasa wajar bila waktu jadi kendala mas..Yang penting sampai sekarang masih action terus tho mas, sedikit demi sedikit lama-lama bisa menjadi bukit juga.

salam action,

bisnis online l heru mengatakan...
on 

tips yang bermanfaat pak ricky, hanya sekarang kendalanya saya sangat sibuk sekali pak, mungkin 3bulan kedepan saya gabung dengan pak ricky. Salamaction

Winarno mengatakan...
on 

Tips yang menarik dan bermanfaat... sangat membantu saya yang baru mencoba terjun di bisnis ini. Yah... lambat-lambat asal dapat... ngono toh Mas.
Menurut Mas Ricky... orang lebih tertarik sama banner yg di pasang atau dg review produk ?
Di tunggu masukannya...

David mengatakan...
on 

Intinya semua harus melalui proses, tidak instan & cepat kaya dalam berbisnis di internet

Ricky mengatakan...
on 

@Bisnis online|heru: ok pak, terimakasih...Pantesan ga pernah OL ya pak.

salam action

Ricky mengatakan...
on 

@Winarno: Dari pengalaman saya, review produk merupakan langkah yang sangat efektif mas..satu kekurangannya yaitu hanya bersifat sementara karena akan terus tergeser dari halaman utama oleh artikel yang baru (kecuali anda tidak publish artikel baru lagi..hehe). Sedangkan pemasangan banner pada halaman utama blog sifatnya bisa permanen kecuali di cabut kembali.

Sebenarnya anda bisa melakukan kedua cara tersebut dalam satu langkah mas, yaitu mereview produk yang disertai banner affiliate sebagai image-nya. Seperti yang pernah saya lakukan disini.

Begitu mas, atau mungkin mas win punya pendapat lain ?..ayo kita sharingkan disini :)

Ricky mengatakan...
on 

@David: Sepakat mas, memang dibutuhkan konsistensi untuk bisa berhasil menjalankan bisnis.

TITIK mengatakan...
on 

WAH .. HEBAT DIK ... Dik Ricky emang Calon Pebisnis Handal. Sleamat ya Semoga Sukses selalu ...

Ardy Pratama mengatakan...
on 

kalau udah nemu metode marketing yg tpat pakai trus, kmbnasikan dngn metode2 baru... :D

Umar Puja Kesuma mengatakan...
on 

Tidak ada keberhasilan tanpa 'keringat'. Konsistensi dan berfokus pada ACTION akan mengantarkan pada tujuan yang diinginkan. termasuk dalam hal bisnis affiliasi, dan bisnis-bisnis lainnya.


Tipsnya sangat bagus Mas Ricky. Saya suka poin terakhir masalah etika. Mari menjunjung tinggi etika bisnis demi kebaikan bersama.

stop dreaming start action mengatakan...
on 

akhir2 ini saya gak seret tuh.. gimana mas Ricky apa karena nggak ngikuti poin2 di atas ya.. ok deh dicoba lagi, thanks tipsnya -zam

Ricky mengatakan...
on 

@Ardhy Pratama: Sip, terimakasih tambahannya mas. Trik yang jitu..:D

@@Titik: Amin..terimakasih doa nya, ibu juga semoga selalu sukses ya..salam,

Ricky mengatakan...
on 

@Umar Puja Kesuma: Sepakat mas, etika merupakan pondasi yang harus dijunjung dalam berbisnis..btw, terimakasih tips tambahannya mas.

salam,

Ricky mengatakan...
on 

@stop dreaming start action: wah mas zams bisa aja, kayanya metode promo presell forbis lancar ya mas. Udah nangkring di halaman utama tuh...

salam sukses,

Galantrang Setra mengatakan...
on 

mantab... sangat menambah keinginan saya untuk....

Ricky mengatakan...
on 

@Dadang Firdaos: Untuk apa mas...untuk sukses gitu ya :D

salam,

baitul alim mengatakan...
on 

Wah menarik sekali mas ricky atas penjabarannya. sangat lengkap mulai dari keuntungan dan beberapa tips-tips yang bisa diterapkan dalam program afiiliate marketing. eh iya gabung mas di komunitas bisnis online. Para netter semua mana ya? biar tambah rame. di http://nongkrongyuk.com

Bisnis Online mengatakan...
on 

tips yang mantab mas ricky.. untuk sementara saya bookmark dulu, mungkin pada saat pengimplementasiannya nanti akan berguna.

thank you.. yg penting Action.. hoho.. :)

Fadly Muin mengatakan...
on 

tipsnya banyak yah mas, kalau kita bisa menjalankan semuanya, tidak ada alasan lagi untuk gagal dong?

tapi ada dua hal yang terlupakan mas
Pertama : Pilihan Bisnis
Kedua : Konsisten

jika kita sudah memilih jenis bisnis tertentu dan serius konsisten di jalur itu, maka kiat2 khusus pasti akan mengikuti. seperti mas ricky yg serius di jalur affiliate, maka tips2 lahir secara natural... bukan begitu mas Ricky???

Ricky mengatakan...
on 

@Baitul alim: Terimakasih dan selamat mencoba mas..oke, langsung ke TKP.

@Bisnis Online: Silahkan mas, semoga bermanfaat.

Ricky mengatakan...
on 

@Fadly muin: Terimakasih mas tambahannya, konsistensi memang salah satu kunci sukses dalam bisnis..

salam sukses

T. Wahyudi mengatakan...
on 

tips yang mantap nih mas... seger praktek...

sukses mas ricky...

Bisnis Online mengatakan...
on 

Allow, met pagi, blogwalking nih :)

baitul alim mengatakan...
on 

Salam mas...kunjung lagi nih, there is something new :)

Ruli Saputri mengatakan...
on 

Lengkap and kumplit nih, pembahasan yang bagus mas,...
mantappp,..

Ricky mengatakan...
on 

@T.Wahyudi: ok mas, semoga bermanfaat ;)

@Bisnis Online: Monggoh silahkan mas, :D

Ricky mengatakan...
on 

@Baitul Alim:ok,langsung ke TKP..

@Rully Saputri: oke mba, terimakasih :p

Mascis mengatakan...
on 

Wuah, saya harus belajar banyak tentang ini. Sangat menarik dan ingin berkecimpung didalamnya. :))

Terimakasih, mas. Juga kunjungannya!

Ricky mengatakan...
on 

@Mascis: sama-sama mas, semoga bisa memberi manfaat :)

salam,

urutan pertama di google mengatakan...
on 

infonya mantap abis mas...

Ricky mengatakan...
on 

@Urutan pertama di google: terimakasih pak, semoga bermanfaat :)

Anonim mengatakan...
on 

Tips yang mantap. Saya sendiri belum bisa serius di affiliate marketing. Yang mudah untuk para affiliate marketer ternyata tidak mudah untuk saya.

Ricky mengatakan...
on 

blogduit.com: Sebenarnya tidak mudah juga kok mas...Buktinya tingkat kegagalan jenis bisnis ini sangat tinggi lho..Maka itu tetap butuh keseriusan dan konsistensi untuk menjalankannya tho.

Dan mas pasti bisa, asal mau :)

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET