Waspadai HP Anda

Waspadai HandPhone anda. Yup, pada artikel ini saya tidak sedang ingin mereferensikan produk apapun, tapi ingin sedikit berbagi pengalaman yang mungkin berguna bagi anda yang sudah menekuni bisnis internet. Apakah itu ?

Jujur, kejadiannya baru saya alami tadi siang. Begini ceritanya, siang tadi kurang lebih jam 11.30 saya menerima telpon dari seseorang bernama Drs. Alfian Junaedi (entah nama sebenarnya atau bukan), dan ia mengaku berprofesi sebagai salah seorang karyawan XL center...Dengan bahasa marketing yang sangat sopan dan lugas serta menghipnotis ia menginformasikan bahwa nomor saya adalah salah satu dari 99 nomor yang beruntung memenangkan undian XL dengan hadiah lebih dari 10 juta rupiah…wow…

Satu hal yang membuat terkecoh pada waktu itu adalah ia mengerti data diri saya. Anehkan, yang buat bingung darimana ia mendapatkan…

Setelah sempat menginformasikan ini itu,akhirnya ia mengajukan pilihan pada saya apakah hadiah ingin diambil sendiri atau via transfer rekening. Awalnya saya ingin ambil sendiri karena belum percaya, lalu ia berikan alamat lengkap PT. Comindo Pertama, XL center Jakarta pusat…Hmm..ini sangat mengecoh sekali lho..

Singkat cerita, saat itu saya tidak tahu mungkin ia sedang menerapkan ilmu hipnotisnya, secara tidak sadar saya mengikuti semua sarannya agar hadiah ditransfer saja ke rekening untuk memudahkan. Setelah meminta nomor rekening lalu ia meminta saya stand by di mesin ATM dan tunggu terima transferan….

Layaknya orang terhipnotis saya mengikuti saja semua saran orang tersebut. Tapi pada saat sudah didepan mesin ATM Alhamdullilah tiba-tiba saya sadar dan bisa berpikir realistis untuk segera menghubungi XL center. Pada waktu itu Allah SWT ternyata masih melindungi saya dari tindak kejahatan hipnotis lewat HP. (karena sempat pada posisi dimana ia sudah memandu saya untuk membacakan jumlah uang yang ada direkening)

Ok sobat netter. Sedikit pengalaman diatas mungkin bisa memberikan gambaran kepada anda bahwa saat ini motif kejahatan sudah semakin bervariasi. Lalu apakah motif kejahatan seperti itu bisa menimpa kita sebagai pebisnis online ?

Yes, sangat bisa sobat. Jika sudah serius untuk menekuni bisnis internet maka anda harus bisa menerima konsekuensi siap dihubungi oleh siapapun, dari yang meminta informasi tentang sebuah produk, mengetes kemampuan anda, mempromosikan sebuah produk secara ilegal (spam), juga yang baru saya alami tindakan hipnotis melalui HP, dsb.

Mungkin kejadian yang saya alami masih belum umum dikalangan pebisnis online, tapi tetaplah waspada bila kejadian itu menimpa anda.

Ok sobat, tips mengenai bagaimana cara menerima telpon by HP pernah diulas oleh sobat saya Linggawati, silahkan kunjungi bila anda belum membaca. Nah melalui artikel ini saya hanya ingin menitipkan satu pesan selalulah waspadai telpon tanpa nama yang sedang menghubungi anda...

Mulailah Stop Dreaming Start Action untuk meraih semua impianmu.

Saya Ricky, terimakasih dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya…




P.S: Selama kejadian tersebut, orang itu melarang saya menutup telpon dengan alasan sedang direkam. Dengan kata lain selama kejadian bisa dikatakan HP terus terhubung meskipun sama-sama tidak bicara.

Comments :

52 komentar to “Waspadai HP Anda”

bisnis online | heru mengatakan...
on 

pertamax lagi pak ricky, akhirnya muncul lagi nich kotak komentarnya, kalau teman saya pak pake no.rekening kosong, eeh mau tipu ngak taunya dia juga ketipu. direkening ngak uangnya, jadi penipu itu ngak bisa dapat uangnya pak. mudah-mudahan ini buat pelajaran bagi anda semua jangan terlalu percaya memberikan nomor rekening anda sebelum semuanya jelas

Ricky mengatakan...
on 

@bisnis online|heru: Sebenarnya siapapun boleh tahu no. rekening kita, karena pihak bank sudah punya pengaman untuk nasabahnya. Hanya sekarang banyak orang yang teledor dengan memberikan password ke orang lain atau lupa log out pada saat transaksi online. Sehingga rekening mereka dengan mudah dapat diakses oleh orang lain.

salam sukses

Bisnis Online Indonesia mengatakan...
on 

thanks informasi nya mas ricky, mengingatkan agar bisa terus berhati2.
blognya sdh ga dofollow lagi ya mas ? maaf nih terpaksa saya hilangkan dari daftar di AliYusrie.com | List Dofollow tapi saya pindahin ke page Tukaran Link, ditunggu link baliknya, thanks n sukses untuk anda

Peluang bisnis | Ricky mengatakan...
on 

Oce mas ali :D , kebetulan memang saya pasang cuma 1 bulan aja. Insyaallah kedepan saya ganti aliran dofollow lagi...Link segera dipasang...

salam sukses

TITIK mengatakan...
on 

;)) Adik Ricky setelah baca pengalaman anda tadi, saya sering dapat yg begituan tapi ga pernah saya tanggapin , tapi crita punya crita ada juga teman yg kena sampai 40 juta, motifnya persis dengan cara hipnotis lewat HP, kebetulan teman suka berbisnis jualan rumah keika mau di DP terlebih dahulu ternyata malah menghipnotis...memang sebaiknya jgn mudah percaya dik dan selalu baca istigfar agar tidak mudah terkecoh, waspada dan hati2 disetiap lagkah InsyaAlloh tidak akan terjadi... alhamdulilah dik Ricky masih mendapat perlindungan NYa sehingga cepat sadar & tidak terbawa emosi ....yg menyesatkan. Trimakasih Tipsnya pasti bermanfaat bagi yang lain...

Peluang bisnis | Ricky mengatakan...
on 

@Titik: Wah terimakasih sudah berbagi pengalaman bu.

salam sukses

Winarno mengatakan...
on 

Alhamdulillah, Allah menyelamatkan Mas Ricky.
Jadi ingat Mas, kejadian akhir juni lalu. Saya juga hampir pernah ketipu, waktu itu malah istri saya dikabarkan kecelakaan dan sdh masuk rumah sakit, siap dioperasi lagi. Tapi telponnya tidak ke saya, melainkan ke Mertua saya. Pada saat itu hampir percaya, dan saya punya inisiatif nelpon ketempat kerja. Alhamdulillah yang mengangkat langsung istri saya...
Memang orang penipu sekarang makin pinter Mas...

Benny Andhika mengatakan...
on 

hehe.. Selamat mas atas lolosnya anda dari jeratan penipuan lewat HP.
Saya juga dulu pernah mengalami hal serupa, karena saya orangnya selalu curiga dengan orang lain makanya jadi gak sampe ketipu. hihi..

jadi waktu dia pas nyuruh sy pergi ke ATM (sm spt kejadian diatas), sya bilang sama dia begini. "eh mas kalau benar saya menang langsung saja transfer sebagian dan 50% hadiahnya untuk anda", setelah itu si penipu bingung dan langsung mematikan hp nya. hehe..

baitul alim mengatakan...
on 

Saya sama halnya seperti mas winarmo. Saya juga pernah ditelpon, katanya ada seorang cewek temen saya yang masuk rumah sakit dan saya disuruh ke rumah sakit. Karena saya curiga dengan mempertanyakan cewek itu siapa malah tidak dijawab. Bahkan saya disuruh bertanggung jawab karena hamil, wah ini sudah ngelantur, kapan berhubungan? ceweknya saja saya tidak tahu.

Sepertinya kejahatan dalam ilmu hipnotis semakin marak ya...bahkan modusnya semakin bervariasi mulai dari menjual jam tangan, menepuk bahu, menawarkan minuman sampai model telpon memakai HP juga ya? Hemm...sepertinya semakain banyak orang yang melakukan cara kotor sperti ini. Semoga kita selalu berada pada jalan yang lurus dan dihindarkan dari hal seperti itu.

Bisnis Online mengatakan...
on 

banyak cara mencari duit... gilee aja mau nipu yach...

Ricky mengatakan...
on 

@winarno: Wah, aneh banget itu mas...maksudnya apa coba ya, mau buat orang khawatir gitu...

Ricky mengatakan...
on 

@Benny Andhika: haha..Tipsnya unikjuga tuh mas,boleh dipraktekin nih kalo ada telpon dengan motif kaya gitu..

Ricky mengatakan...
on 

@Baitul Alim: Wah nih kasus aneh lagi..hehe..Kalo dipikir-pikir kenapa mereka ga praktekin ilmunya dibisnis online aja ya, mungkin ampuh tuh untuk follow up..hehe

@Bisnis online: Tul mas,mendingan cari yang halal-halal aja lah..

T. Wahyudi mengatakan...
on 

Sama seperti yang teman kantor saya mas.. kebetulan saya malah yang di suruh ngangkat teleponnya, tapi saya sempat curiga saat di tanya, ATM BCA nya yang GOLD atau yang SILVER? dan langsung suruh ke ATM seperti yang mas ricky katakan... tapi saya langsung tlp ke call center INDOSAT (kebetulan penipuan pakai kedok indosat) eh.. orang indosat bilang itu penipuan... ;)) padahal beritanya dapat 25 juta mas... :D

Ricky mengatakan...
on 

@T. Wahyudi: Emang orang-orang iseng seperti ini harus segera dibuatkan hukum yang tegas ya mas. Btw kalo beneran dapet 25 juta lumayan juga tuh..wkwkwk..

rudy azhar mengatakan...
on 

penipuan semacam itu emang banyak beredar Mas, tapi kebetulan saya tidak mudah terjebak hal-hal seperti itu. Banyak macam cara mereka coba menjebak kita, dari cari yang konvensional sampai yang canggih...
BTW kenapa beralih ke Kotak Komentar yang standart Mas, soalnya pengen tahu juga kekurangan disqus dimana???

Ricky mengatakan...
on 

@Rudy azhar: memang benar mas, seperti kata bang napi kita harus selalu waspada.
Mungkin ga cocok aja sama template yang saya pake mas, jadi tampilannya ga bersih (link view comment menumpuk di potongan artikel dan setiap habis komentar selalu muncul kolom claim/approve padahal sudah saya set setiap komentar tidak usah pake approve/moderasi). Yah, tunggu aja lah blogger mau berbaik hati dengan merubah platform box comment nya jadi nested/threaded ditambah bonus email replies...hehe..
Terimakasih sudah berkunjung

Bang Dje mengatakan...
on 

Rupanya modus ini makin sering terjadi. Saya pernah "menang" undian senilai 40jt dan dihubungi lewat HP juga. Jelas saya tidak percaya dan langsung "minta tolong" si penelepon untuk mentransfer uang "hadiah" tersebut ke Aceh. (Peristiwa tahun 2004 selepas bencana Tsunami). :))
"Percobaan" kedua belum lama ini. Si penelepon kelihatannya masih "amatir". Nada suaranya gemetar dan ragu-ragu saat bilang saya memenangkan hadiah dari Telkomsel. Saya bilang : "Bener ngga nih!" dengan nada tegas. Dia langsung menutup telepon. =))
Rupanya masalah ini harus terus diwaspadai dan disebarluaskan untuk mengingatkan teman-teman agar tidak mudah terkecoh.

Ricky mengatakan...
on 

@Bang Dje: Benar mas, motif sepeti ini memang perlu diwaspadai. Kalau kejadian yang saya alami kemarin sepertinya melibatkan minimal 2 orang, karena pas dimesin ATM ada satu orang lagi yang berbicara memandu dengan bahasa yang kurang lebih sama dengan pembicara pertama : halus, lugas, lancar dan menghipnotis..

lagi usil mengatakan...
on 

thanks tipsnya bro. ternyata ada lagi metode baru menipu orang. saya dengar bahwa, pokoknya kalo ujung-ujungnya kita disuruh ke ATM, itu bisa dipastikan penipuan. Waspadalah!! hehe...

Ricky mengatakan...
on 

@Lagi usil: Yup, benar mas motif kejahatan sekarang memang makin beraneka ragam...Terimakasih sudah berkunjung.

Sumartono mengatakan...
on 

Di Jakarta komplotan demikian pernah ditangkap, tapi tetap aja ada. Saya juga sering mengalami Mas, tapi hanya lewat SMS. Kalau lagi malas saya langsung hapus. Atau iseng-iseng telp balik supaya orangnya datang aja, nanti hadiah uangnya bagi dua. Tapi gak mau juga tuh penipu. Malah telponnya dimatikan.

Terima kasih Mas Ricky sudah mengingatkan lagi untuk tetap waspada.

Waspadalah, waspadalah! Itu pesan Bang Napi...

Ricky mengatakan...
on 

@Sumartono: Orang iseng kaya gini memang sudah sepantasnya diberi ganjaran yang setimpalya mas...

Kalo kata BangOne apa ya..wkwkw

salam sukses mas

Ardy Pratama mengatakan...
on 

saya ad rkamannya mas dari salah satu calon korban.. hahahaha.. krna dia tau ditipu sjak awal, jadi dia rekam buat brang bukti..

kalo orng yg ngrekam itu dia dari BNI ngakunya, kudu waspada jgn mudah prcaya kalo kita jadi pmenang. Crosscheck dlu ke CS..

Ricky mengatakan...
on 

@Ardhy Pratama: Memang mas, dan satu lagi mungkin kalo menerima telpon dari orang seperti itu mendingan potong saja pembicaraaannya atau tutup aja sekalian. Karena mereka ahli sekali dalam berbicara dan membawa suasana, sampai akhirnya kita mau mengikuti kemauannya.

baitul alim mengatakan...
on 

Siang mas ricky. saya kunjung lagi nih.ada info baru nih di gubuk saya.

candradot.com mengatakan...
on 

yang begini yang bahaya ya mas...
mau dapet duit dengan cara gini,
saya yakin orang macem gini suatu saat kena batunya.

oya mas sory waktu itu chat keputus. ada masalah sama telkomsel.
baru sekarang bisa online

Ricky mengatakan...
on 

@Baitul alim:oke mas, langsung ke TKP.

@Candradot.com: Iya mas, emang banyak orang rese sekarang ya :)
Oke mas, ga papa. Santai aja, namanya juga jaringan..hehe..

theo mengatakan...
on 

Wahhh..koq masih ada ya gaya penipuan seperti ini....Ternyata selalu ada ya.orang -orang yg memanfaatkannya. Untung belum kejadiannya ya Mas...
Moga-moga hal ini jadi pelajaran bagi kita semua utk selalu waspada..

Salam kenal,

Ricky mengatakan...
on 

@Theo: yup,memang benar-benar aneh mas.Sip.

salam kenal kembali mas theo :)

Mas Hengky mengatakan...
on 

hati2 rekening paypal anda bisa di hipnotis juga.. kayak zalukhu tuh hehehe

Ricky mengatakan...
on 

@Mas Hengky: Wah, baru denger kasus kaya gini nih...Cari info ahh..hehe..thanks mas :)

William_Eight mengatakan...
on 

wah..wah..zaman makin sulit sekarang banyak pelaku kriminal yang menghalalkan segala cara.
seperti di dekat rumahku banyak sekali perampokan mas..
banyak juga penipuan berkodok sms dan call seperti cerita mas..

untung jah mas selamat dari penipuan orang itu..
lam kenal yah mas..
sukses selalu
^^

bisnis online | zam mengatakan...
on 

syukurlah nggak jadi ketipu.. paling itu panduan agar mas Ricky transfer ke rek dia.. aku pernah lihat secara langsung orang yang ketipu seperti itu pada waktu antri ATM BCA padahal uah diingetin lho.. tapi ya memang nasib dia lagi nggak baik.. sukses selalu

KiosOnline mengatakan...
on 

Saya juga pernah mengalami kejadian serupa. Seseorang menelpon ke no. XL saya, mengatakan nomor saya beruntung mendapat hadiah undian sebesar 10 juta. Kemudian orang itu menanyakan nomor rekening saya, saya jawab tidak punya. Anehnya seketika itu juga sambungan telepon diputus.
Saat ini modus penipuan tidak lagi lewat SMS, tetapi sudah berani menelpon langsung. Kita memang harus tetap waspada.

Catur Ariadie mengatakan...
on 

wah sekarang mesti berhati2 yah karena hipnotis makin hebat aja caranya tidak perlu bertemu tp bicara saja bisa kena hipnotis

terima kasih sudah share pengalamannya gan

fadly muin mengatakan...
on 

alhamdulillah, kejadiannya tidak parah mas rick,sebenarnya modus sprt itu sudah lama mas, sekitar tahun 2004 kalau ga salah itu lagi hangat2nya. kalau sekarang muncul lagi, mugkin sasarannya sudah masuk area perkotaan kali yah..

M_jumani mengatakan...
on 

Terimkasih dah berkunjung ke blog saya ! saya memang banyak memposting informasi yang berhubungan ke biologi karena basic saya orang biologi !

Blog ini bagus, pasti dikelola dengan baik. Klau blog saya cuma di tata seadanya maklum gak berpengalaman !

Ricky mengatakan...
on 

@William eight: Iya mas, Alhamdullilah Allah masih lindungi saya..terimakasih..

@Bisnis online|zams: Ya mas, saya rasa juga begitu soalnya dia udah tanya-tanya berapa jumlah rekening yang saya miliki..

salam sukses

Ricky mengatakan...
on 

@Kios Online: Benar mas, memang ada-ada saja kejahatan jaman sekarang...btw kasus kita hampir serupa ya..hehe

salam sukses

Ricky mengatakan...
on 

Catur Ardhie: Benar mas, kemaren-kemaren saya baca malah seorang ibu kena 40 juta dari hipnotis HP...parah ya

salam sukses

Ricky mengatakan...
on 

@fadly muin: benar mas, tapi saya kan di desa kok bisa kena ya..hehe..terimakasih sudah berkunjung :)

@M_iumani: terimakasih mas, haha..bisa aja mas..blog anda sudah bagus kok.

onabunga mengatakan...
on 

wah, kantor saya beberapa kali ngalami yang seperti ini Mas. bukan ke hp tapi via fax undangan. ngakunya undangan seminar atau pelatihan atau workshop dari kemenegkop (memang lembaga saya dulu di bawah naungan kemenegkop) yang semua biayanya mereka yang tanggung. modusnya hampir sama. telpon, ngecek fax sudah sampai ato belum. kemudian minta no hp pimpinan untuk konfirmasi rekening u pengiriman biaya. selanjutnya, bisa ditebak. menggiring pimpinan ke atm.
yah, kita memang harus lebih waspada di era online ini. dimana data kita begitu mudah tersebar.

wellsen mengatakan...
on 

Kira2 begini cara kerjanya mas..
Normalnya dalam aktivitas sehari2, orang lebih sering bekerja dengan pikiran sadarnya..
pikiran sadar memiliki fungsi analisis dan logika, jadi kalo sugesti diberikan ke pikiran sadar, pasti akan di analisis dan kalo tidak masuk akal akan ditolak mentah-mentah..

Berbeda dengan pikiran bawah sadar yang bekerja hanya dengan emosi dan imajinasi(seperti anak kecil) yang tidak bisa membedakan mana benar mana salah..Sugesti yang berhasil masuk ke pikiran bawah sadar akan dilaksanakan tanpa dipertimbangkan lagi..

pada saat seseorang mengalami tingkat emosi yang kuat, gerbang menuju pikiran bawah sadarnya akan terbuka.. Jadi sugesti akan langsung masuk ke pikiran bawah sadarnya..

Pelaku memanfaatkan emosi yang kuat, yaitu emosi senang karena mendapat hadiah, secara tidak sadar gerbang pikiran bawah sadar nya terbuka sehingga langsung dikasih sugesti..

Kemungkinan lain, tehnik information overload..pelaku berbicara dengan kecepatan yang tinggi dan bahasa yang sulit dipahami sehingga pikiran sadar korban kewalahan menganalisisnya, jadi pikiran bawah sadarnya terbuka lagi..masuk deh sugesti..

Atau memanfaatkan fokus korban.. Saat korban sangat fokus pada satu titik, lagi2 gerbang menuju pikiran bawah sadarnya terbuka.. Cara ini antara lain dengan sentuhan,menepuk dari belakang,dll, sehingga perhatian korban fokus sejenak dengan "rasa terkejut" nya, pikiran bawah sadar terbuka lagi..

Tips menghadapinya, coba untuk mengalih-alihkan fokus anda saat berbicara atau berinteraksi dengan orang tidak dikenal.. Misalnya fokus ke pemandangan, lalu pindah lagi fokus ke jari anda, fokus ke suara kendaraan, fokus lagi ke mana.. yang jelas jangan konsentrasi penuh hanya ke orang tersebut..

Jangan membiarkan orang tidak dikenal sembarang menyentuh2 anda..

Jangan mau diajak orang tidak dikenal ke suatu tempat..Bisa2 kawannya sudah menunggu anda..

Bila merasa akan dihipnotis, segera tinggalkan orang tersebut,dan cari tempat yang aman..

Bila merasa terhipnotis, segera berdoa menurut keyakinan masing2..dan perintahkan diri anda untuk sadar..

kalo masalah transfer uang, sebaiknya ditemani orang terpercaya (misal: istri) agar ada yang mencegah/membangunkan anda bila disuruh transfer uang, dll

Bila menghadapi ilmu hipnosis yang berbau mistik, berdoa dan visualisasikan semua ilmu jahat itu keluar dari tubuh anda dan mengalir ke dalam tanah..

Bila teman/orang terdekat terhipnotis, tepuk dia dan perintahkan untuk bangun..

Semoga bermanfaat untuk meningkatkan kewaspadaan kita semua.. :)


sorry kepanjangan mas, lagi semangat2 nya menjelaskan nih..
he5.. :D

Ricky mengatakan...
on 

@Ona bunga: terimakasih sudah berbagi cerita mba, memang benar adanya bahwa salah satu konsekuensi dari bisnis online yaitu mudah tersebarnya data diri kita. Tapi bukan berarti ini jadi penghalang untuk kesuksesan kita disini tho :)

Ricky mengatakan...
on 

@Wellsen: pemaparan yang luar biasa mas, saya yakin anda salah satu pebisnis yang menguasai metode mempengaruhi pikiran orang secara magic..Sip mas, salut :)

Lendra Andrian mengatakan...
on 

Kejahatan terjadi bukan karena ada niat pelaku, tetapi karena ada handphone.. waspadalah..waspadalah... :D

Ricky mengatakan...
on 

@Lendra Ardian: hahaha...kaya bang napi mas

Fattah Ibrahim mengatakan...
on 

Terimakasih atas info-nya ya...

Ricky mengatakan...
on 

@Fattah Ibrahim: sama-sama mas. Terimakasih sudah berkunjung

Warung Bambu untuk Dunia mengatakan...
on 

Jadi ingat kira2 11 bln lalu, ktka sy di sebuah bank seorang gadis melolong-lolong menagis histeris krn baru dihipnotis. seseorng yg br diknlnya menyuruhnya mentranfer uang, dan ia menurut sja. padhl wkt itu mau lebaran, eh uang 10 jt amblas begitu saja.
Jadi hati2lah....

Ricky mengatakan...
on 

@Warung Bambu untuk Dunia: Pengalaman yang menarik mas, thanks for sharing :)

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET