Blogspot : Custom Domain or Moving WP ?

Akhir-akhir ini saya lagi sering baca artikel tentang Blogger Vs Wordpress yang bertebaran di beberapa blog sobat businessman. Ga nyangka malah jadi tertarik untuk mengulas diblog ini juga..hehe..
Tapi saya tidak akan mengulas lebih dalam keunggulan atau kekurangan masing-masing, karena kebetulan saya masih fokus menggunakan layanan blogspot, jadi belum merasakan keunggulan atau kekurangan wordpress :)

Udah ah, kok jadi malah ngelantur ya..

Sobatku, apakah anda salah satu marketer yang memulai aktivitas blogging dengan menggunakan blog gratisan berplatform blogspot ?, Jika ya, maka anda sama seperti banyak marketer yang "memulai karier" ngeblog lewat blogspot.

Yaa, blogspot merupakan salah satu jenis web blog gratisan yang paling direferensikan oleh beberapa profesional marketer. Kenapa jenis blog gratisan ini direferensikan ?, banyak alasan yang menyebabkan dan tidak akan saya bahas satu persatu disini. Tapi bila anda ingin tahu, silahkan Silahkan cari di google dengan mengetikkan "keunggulan blogspot" atau "kelebihan blogspot". Bisa juga klik disini.
Banyak khan :)

Nah itu merupakan sedikit ulasan mengenai blogspot dan mengapa jenis blog ini termasuk salah satu yang direferensikan oleh beberapa profesional marketer. Lalu bagaimana dengan WP ?,

Nah, disinilah pro dan kontra yang saya baca itu muncul...Sebagian besar profesional marketer mereferensikan anda untuk segera beralih menggunakan wordpress.org bila ingin serius dalam mengelola sebuah blog.

Kenapa ?, karena dengan berdiri pada alamat sendiri anda akan terlihat lebih serius dalam mengelola blog (meskipun tidak ada kepastian). Buktinya tidak sedikit lho marketer yang bisa memaksimakan blogspot gratisan mereka untuk hasilkan banyak uang, dan begitu juga sebaliknya. Maka itu untuk masalah ini sebenarnya kembali ke diri kita masing-masing.

Lalu kenapa dong banyak profesional marketer menganjurkan untuk pindah wordpress.org untuk lebih serius ngeblog ?

Untuk pertanyaan yang satu ini saya rasa tidak usah kita perlebar lagi...Karena pengalaman para profesional marketer tersebut sudah cukup bisa dijadikan alasan tentang validitas informasi yang disampaikan. Yang jelas banyak alasan yang menyebabkan wordpress.org sangat direkomendasikan. Silahkan anda cari di google dengan mengetik "keunggulan wordpress" atau "kelebihan wordpress". Atau klik disini.
Itung deh :)

Sebenarnya ada satu langkah lagi untuk membuat blogspot kita bisa berdiri dialamat sendiri yaitu dengan custom domain, bila anda belum tahu custom domain silahkan baca postingan o-om.com.

Tapi dengan berbagai sebab para marketer lebih condong memilih pindah wp saja, buat wp dan tetap menjalankan blogspot atau lanjutkan blogspot aja..wkwk..

Lalu, bagaimana dengan anda sobat blogspoters, apa yang akan anda lakukan bila ingin terlihat sebagai profesional blogger ?, custom domain or moving wp....

Saya Ricky, terimakasih dan sampai jumpa pada artikel peluang bisnis selanjutnya...

Comments :

46 komentar to “Blogspot : Custom Domain or Moving WP ?”

heru mengatakan...
on 

i love blogspot

Megan Fox mengatakan...
on 

Terimakasih atas panduannya/ Salam kenal kawan

zam mengatakan...
on 

kalau saya udah tahu jawabannya ya mas. untuk sementara yg menghasilkan memang baru blogspot. tapi saya yakin sebentar lagi wp juga menyusul. Untuk wp itu plugin nya mas.. benar2 membuat ngiler..overall keduanya ok, karena saya pake dua2nya hehe.

rudy azhar mengatakan...
on 

memang rata-rata internet marketer yang serius terjun ke intenet marketing rata-rata mereka menggunakan wordpress.org. saya sendiri jadi bimbang antara memilih blogspot costum domain atau moving to wp.org Mas.

Jujur fitur-fitur di wp.org sangat menggoda, itu sudah saya coba sendiri di blog saya yang wp (masih numpang dengan dafidriau).

Kendalanya kalau kita pakai hosting sendiri jika kita menggunakan kapasitas yang kurang memadai maka hasil dikemudian hari ada aja masalahnya (salah satu contoh tidak bisa diakses blog kita).

Jadi pendapat saya jika mau pindah ke wp.org kita harus bener siap dengan hosting yang memadai (kalau bisa unlimited) dan tidak terbentur dengan biaya... :D

belajar bisnis online mengatakan...
on 

Pembahasan mengenai keunggulan dan kekurangan WP vs BS memang selalu menarik untuk disimak. Pembahasan ini mungkin tidak ada habis-habisnya dan tidak ada kesimpulan akhir yang bisa dicapai.
Saya sendiri menggunakan WP.org bukan karena BS tidak bagus. Saya hanya ingin memiliki keleluasaan dan kontrol penuh atas blog saya. Tidak lebih dari itu. Soal yang lain-lain saya kira sama saja. Tetap yang terpenting adalah content-nya. Mengenai custom domain, banyak kok hosting provider yang bisa mengarahkan alamat blogspot ke alamat namadomainpilihan.com.
Menurut saya sisi kelemahan dan dan kelebihan kedua platform tersebut tidak usah diperdebatkan. Cukup dibahas untuk menambah wawasan. Putusan akhir ada pada pengguna, lebih sreg pakai yang mana.

Nice article Mas Ricky. Ditunggu postingan selanjutnya.

Amang Lolu

heru mengatakan...
on 

baik WP atau blogspot. menurut saya ngak ada bedanya, bagaimana diri kita sendiri mau pilih yang mana. dan yang terpenting saling menjaga tali silahturahmi sesama blogger. disamping itu juga modal yang terpenting. apa mau pakai domain sendiri atau mau pakai yang gratisan semua itu silakan tanya pada diri sendiri. maaf mas ricky kalau sudah melantur.
salam sukses selalu

hpnugroho mengatakan...
on 

saya pengguna wp pemula, jadi maaf tidak bisa koment lebih banyak, cuma katanya wp lebih friendly di mata search enggine, who knows ? sy juga blm tahu jelas ...

arie mengatakan...
on 

salam kenal balik,postingnya oke jg,boleh dong bagi2 ilmu.
klo saya pribadi lebih suka fokus di blog yang sekarang saya tekuni,meskipun belum tenar.
kalaupun mau pake wp,yang lamanya jgn ditinggalin,jadi punya dua toko,beda nama,tapi produknya sama.
kan pasar kita bs lebih banyak mas....

arie
startaction09.blogspot.com

Ricky mengatakan...
on 

@Heru: Sip mas, tergantung niat dan tujuan kita ngeblog..sukses buat anda

@Megan Fox: Hmm..salam kenal kembali

@zam: sip mas, sukses terus buat 2 blognya ya...yang penting terus semangat :)

@rudy azhar: saya rasa kendala hosting itu bisa diatasi dengan tahapan mas, untuk awal gunakan dulu saja hosting yang sesuai kebutuhan blog. Selanjutnya tingggal upgrade saja tho..

Ricky mengatakan...
on 

@belajar bisnis online: yup, masing-masing marketer memang punya idolanya sendiri-sendiri mas. Yang penting adalah keseriusan kita dalam menjalankan bisnis ini.
terimakasih sudah berkunjung mas,

@hpnugroho: kalo masalah SEO frendly, saya rasa tergantung marketer dalam menaklukkan blognya, tapi kalo masalah box commenting & email replies itu loh..wkwkwk...

Ricky mengatakan...
on 

@Arie: Yup, yang penting siap sibuk diawal saja mas ngurusi dua blog. Double posting, optimisasi, komunitas, dll...siap ?

harto mengatakan...
on 

Kalo bagi saya mau BS ataupun WP ga jadi masalah, yang penting bisa enjoy, bisa berbagi bersama, saling mengisi dan yang tak kalah pentingnya silaturahim tuk jalin persahabatan. Memang banyak para blogger yang cenderung ke WP karena lebih sip dll. Semua itu ga masalah yang penting TETAP SEMANGAT dan jalin persatuan dan kesatuan sesama blogger.

rumah blogger mengatakan...
on 

wah kalau saya sudah terlanjur pake domain sendiri aja, disamping nyaman dalam berkreasi juga jauh dari banned. yang penting keseriusan aja...itu menurut saya lhoo

sabirinnet mengatakan...
on 

kalau pake domain sendiri sebenarnya hanya menunjukkan keseriusan aja, disamping tetap aktif blogging. share yg bagus nich untuk pencerahan bersama

Irwan M Santika mengatakan...
on 

Blog mas Ricky memang mepunyai karakter yang selalu fokus dalam membahas sesuatu.

Untuk saya prbadi pertama kali ngeblog memang menggunakan blogspot dan bertahan 2 bulan kemudian membeli domain sendiri dan langsung menggunakan WP dikarenakan WP langsung tercantum di fantastico autoinstaller cpanel dimana saat itu sya belum mengerti tentang seputar dunia blog :)

akhirnya sampai sekarang terus menggunakan WP yang saya rasa cukup bagus dengan dukungan2 plugin yang dibuat oleh orang2 diluar WP itu sendiri.

andriristiawan mengatakan...
on 

memang ada niatin untuk moving WP...
tapi pengetahuan saya untuk otak-atik WP masi kurang...
karena memang saya startnya dulu dari blogspot...
jadinya hanya custom domain blogspot aja...
Menyusul pelan-pelan sambil belajar WP pake domain n Hosting gratisan dulu :) kalo dah sedikit paham baru deh..
MOVINGGGG WP -_-a

candradot.com mengatakan...
on 

buat saya jus feel like home mas dgn wp.
karena belum dicoba maka tidak tahu apa isinya wp.
buktinya juga banyak yang ngiler sama wp hehehe....

casrudi mengatakan...
on 

untuk kontrol penuh dan serius membidani bisnis online sebaiknya pilih wp.org saja, toh biayanya masih terjangkau kan Mas?... :D salam sukses Mas Ricky dan semoga sukses selalu....

Ricky mengatakan...
on 

@harto: sip mas, yang penting jangan saling menjatuhkn tho..thanks for visit :)

@rumah blogger: ok, memang yang penting bagaimana keseriusan kita ya.

@sabrinnet: sip, thanks for visit ya

Ricky mengatakan...
on 

@Irwan M Santika: Sip, terimakasih masukannya mas...Sangat bermanfaat buat teman-teman disini. salam sukses :)

@andiristiawan: Berttahap ya mas, semoga lancar dengan rencanannya ya. Terimakasih sudah berkunjung.

@candradot.com: wah, kalo saya tertarik tapi ga sampe ngiler tuh mas..hehe..

@casrudi: Betul mas, tapi kalo baru coba-coba apa ga mending yang tanpa biaya dulu. Thanks for share ya :)

putra mengatakan...
on 

Kalau aku sih pake blospot aja nggak pake repot ,,,
Soalnya belum pernah pake WP nih ,, he he he ,, :)

Ricky mengatakan...
on 

@putra: sip mas, semoga terus sukses dengan blognya ya...

Deka mengatakan...
on 

Menurut saya sich, jika memang punya keinginan berbisnis Online alangkah baikknya menggunakan nama domain dan hosting sendiri tidak masalah menggunakan wordpress.org, jomla, dsbnya. selain lebih profesional juga terlihat lebih mandiri. beda kalo keinginannya murni untuk blogging, mau wordpress.com, wordpress.org, blogspot.com, dsbnya. Just My Opinion.

T. Wahyudi mengatakan...
on 

kalau saya jelas mas... moving WP... alasannya.... gak mau nyebutin ah... nanti ndak di kira-ngunggulin WP... :D

Ricky mengatakan...
on 

@Deka: Betul mas, pendapat yang baik. thanks for visit :)

@T. Wahyudi: santai saja mas, memang nyatanya pengguna WP tho..hehe..Thanks for share

Mrs.TITIK mengatakan...
on 

Sama dengan temen - temen dik terserah aja deh yang penting kata pak Heru diatas :" menjalin silaturakhim "... haha .. padunya saya pake nya BLOGSPOT .. dik .dan blogspot sangat mudah ...

Salam Sukses

sumartono mengatakan...
on 

Kalau yang hanya punya blog cuma satu, sebaiknya sih pakai wp.org, itu lho keunggulannya bisa bikin kecanduan...he..he..

Tapi kalau saya kan punya 2 blog : bisnis dan football. Sebaiknya kalau yang blog bisnis sudah pake wp, satunya lagi akan saya proses menjadi custom domain. Itu solusi yang baik menurut saya mas ricky, salam spektakuler.

Ricky mengatakan...
on 

@Mrs.Titik: benar bu, menjalin silaturahmi memang penting ya..terimakasih kunjungannya :)

@sumartono: Wah, rencana yang mantap mas. Semoga segera terealisasi :)

MasWienNews.Com mengatakan...
on 

Klo saya sdh milih pindah ke WP.org Mas, sambil belajar lebih dalam lagi dan konsisten ngeblog...

Khery Sudeska mengatakan...
on 

Nice opinion, Mas Ricky. Pilihan yang anda tawarkan lebih berbeda dari yang lain. Oleh sebab alasan itu saya sejak awal menerbitkan blog memakai domain sendiri. Dengan alasan, kapan saya suka, saya bisa pindah ke penyedia blog manapun dengan alamat URL yang tak berubah. Hehehe...

Ayo, Mas Ricky, custom domain dong. Kapan2 bisa pindah, suka-suka kita :D

Peluang Bisnis | Ricky mengatakan...
on 

@Khery Sudeska: Wah, strategi yang menarik mas khery, kalo saya tunggu PR 3 aja deh..hehe..

narti mengatakan...
on 

belum punya WP sih, belum ngerti gimana...masih setia sama blogspot, hehe...

sda mengatakan...
on 

pakai blogspot juga belum maksimal nih...
makasih artikelnya, jadi kembali ke masing-masing juga yah.

Khery Sudeska mengatakan...
on 

@Ricky: Justru kalo udah PR 3 malah jadi sayang custom domain sendiri. Karena seingat saya, kata o-om.com, kalau custom domain PR kita jadi nol kembali lho (Ntah kalo saya salah)... Sudeska.Net udah PR 2 sekarang Mas, hanya dalam waktu kurang dari 3 bulan :D

Ayo deh, Mas Ricky. Custom domain segera, hehehe...

Fadly Muin mengatakan...
on 

saat ini saya masih milih wp.org mas. alasannya mirip dengan mayoritas blogger yg menggunakan wp.org

sekarang sih malah lagi mau pelajarin joomla untuk toko online :D

tks mas :)

harto mengatakan...
on 

Rahasia mengatasi kesombongan diri kita adalah jangalah pernah melihat atau memandang oranglain lebih rendah dari dirinya.

Cara mengatasi kesombongan adalah pantang memandang orang lain lebih rendah dari dirinya

Blogspot, WP atau Blog2 lain atau apalah namanya..., menurut saya sama aja yang penting enjoy, asyiiik.....

Memperbanyak silaturahim merupakan cermin yang banyak manfaatnya.

Anonim mengatakan...
on 

Wah menarik sekali diskusinya mas Ricky, kalau saya sementara baru custom domain nih, dulu-dulunya pake blogspot...sambil belajar dan belajar...termasuk belajar juga gimana make WP. Info yang menarik mas Ricky. Salam sukses.

dadang firdaos mengatakan...
on 

pastinya... siapa yang berada dibalik itu... or man behind the blog

wellsen mengatakan...
on 

Tampaknya tema "blogspot vs wordpress" ini telah menjadi diskusi yang cukup alot dan menimbulkan berbagai pendapat..
kalo saya pribadi, untuk sementara masih puas dengan blogspot..
bila ingin menggunakan domain sendiri nanti, mungkin saya akan menggunakan wp.. :)

tapi menurut saya, blogspot atau wp, yang penting content blog nya :D

made gelgel mengatakan...
on 

semua perlu duit kok, internetnya kan perlu? ya kan mas? =))

info bisnis purwokerto mengatakan...
on 

waahhh mana aja gan,yg penting bisa maksimalin tuh blog/web pribadi nya..:),lam kenal ya gan Ricky

Zaiful Anwar mengatakan...
on 

Ya sebuah tema yang sangat menarik, tapi saya lebih cenrung suka sama WP dari pada BS. alasan pertama kalo WP lebih gampang optimasi SEO nya dari pada BS.

mr-mung mengatakan...
on 

hmmm.... yg comment banyak juga ya mas riky...? kereen...
kalau Mr.Mung tetep di blogspot aja lah... yang penting duit ngaliir... hosting gratis unlimited bandwith. pke WP gk bisa optimasi ya percuma saja, pusing mikirin biaya hosting tahunan, hehe...
=========================
http://bisnis.mr-mung.com
=========================

Candradot.com mengatakan...
on 

lama gak update jangan2 pindah WP neh

catur ariadie mengatakan...
on 

saya memulai blogging dengan blogspot dulu namun seiring berjalannya waktu saya jatuh cinta dengan WP :P

Ihsan Prawoto mengatakan...
on 

saya masih setia dengan Wp tp terkadang saya juga pake blogspot

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET