Blog Tips : Back Up Artikel Dengan RSS

Menurut wikipedia.org RSS atau Really Simple Syndication adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog.

Fungsi utama RSS sebenarnya untuk membantu pengunjung yang ingin berlangganan artikel atau berita secara berkala pada sebuah web. Memang aplikasi ini sering digunakan oleh para blogger dan pemilik situs berita untuk menyebarkan artikel atau ulasan berita secara berkala kepada para pelanggan mereka, mempromosikan produk-produk siap terbit, ataupun memberikan sebuah peluang bisnis online, dan masih banyak yang lain.

Itu merupakan salah satu fungsi dari RSS, nah bagi kita pemilik blog sebenarnya bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk back up artikel blog.

Yaa, seperti kita tahu back up artikel merupakan salah satu rutinitas penting yang harus kita lakukan dalam blogging, dengan tujuan untuk mengamankan karya kita bila suatu saat ada hal buruk menimpa blog. Nah, bila anda termasuk orang yang malas untuk melakukan back up artikel blog secara manual, maka tak ada salahnya menggunakan cara sederhana ini. Yaitu dengan mengirimkan secara otomatis setiap artikel terbaru ke email kita.

Salah satu resource yang menyediakan layanan RSS adalah FeedBurner.Google.com. Anda bisa pasang aplikasi feedburner di blog anda, setelah itu masukan alamat email sendiri untuk menerima back up artikel yang akan dikirim secara otomatis oleh feed reader.

Contoh : Salah satu aplikasi RSS yang ada diblog ini adalah widget dengan tulisan "Gratis : Berlangganan Artikel Blog Ini", nah bila anda menulis alamat email disitu maka setiap artikel yang baru saya publish otomatis akan di kirim ke email anda.
Pun begitu, bila saya masukan alamat email sendiri, maka artikel-artikel yang dikirim itulah yang bisa dijadikan back up. Simple khan.

Cara mengatur account di feedburner sangat simple, yaitu :
1. Log in feedburner.google.com dengan menggunakan account google anda (bisa g-mail, blogger, dsb). Bila belum punya klik saja "Create Account".
2. Atur account anda disana. Setelah berhasil klik judul feed blog yang ingin kita gunakan


3. Klik tab optimize, lalu ke kolom service dan activekan Browser Friendly, Smart Feed, Feed Flare, dan Summary burner jika anda menginginkan artikel hanya ditampilkan hanya dalam bentuk ulasan.


4. Selanjutnya bila anda ingin melakukan pengaturan lain , silahkan lakukan di tab. optimize dan publize. Setelah selesai anda bisa mengambil script yang sudah jadi di
tab. Publize - Email Subcription


5. Selesai, langkah selanjutnya adalah memindahkan script tersebut ke salah satu widget blog anda.

Sedangkan cara menyimpan back-up nya yaitu Buat folder sendiri di email dengan judul "Back Up Blog", dan arahkan setiap email artikel terbaru ke folder tersebut. Cara mengarahkan email ke folder pernah saya ulas pada artikel sebelumnya, silahkan kunjungi organisir yahoo mail dan organisir google mail bila anda belum membaca.

Bagaimana sobat, tertarik back up artikel blog anda dengan cara sederhana seperti ini ?, atau anda punya pengalaman lain..Silahkan dishare yah...

Semoga bermanfaat,

Saya Ricky, terimakasih dan sampai jumpa pada artikel peluang bisnis selanjutnya...



P.S: klik pada gambar untuk memperbesar.

Comments :

4 komentar to “Blog Tips : Back Up Artikel Dengan RSS”

fadly muin mengatakan...
on 

rss memang sangat membantu menyebarkan skaligusmempoluerkan konten blog kita mas ricky.. alhamdulillah sudah pasang :D

Syahroyni mengatakan...
on 

Dengan rss . .

kita bisa menyebarkan postingan kita kemana za . .

heru mengatakan...
on 

kalau saya sering simapan di flashdisk mas ricky, di RSS juga ada, jadi double

Ricky mengatakan...
on 

@fadly muin: oke mas, hanya sekedar berbagi info saja :)

@Syahroyni: Yup, itulah salah satu dari sekian banyak kelebihan RSS

@heru: biar tambah aman ya pak,

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET