Sewa Space Banner VS Banner PPC Adv. : Efektif Mana ?

Seperti kita tahu, dalam bisnis online banner sering dijadikan sebagai alat promosi yang ampuh bagi para marketer, terutama bagi mereka yang menjalankan profesi sebagai affiliate. Yup…dengan desain dan kata-kata yang menarik, sebuah iklan banner memang berpotensi untuk hasilkan CTR yang tinggi.

Dalam kaitannya dengan judul diatas, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mempromosikan sebuah banner iklan yang sudah dibuat, diantaranya yaitu melalui PPC Advertising, menyewa space pada blog-blog orang lain, menyewa space pada situs iklan baris, memasang pada blog milik kita sendiri, dsb.

Nah sobat, pada artikel kali ini saya hanya ingin membandingkan 2 metode mempromosikan sebuah banner diinternet. Yaitu berpromosi melalui PPC Advertising VS menyewa space pada blog orang lain.

Sobat netter tercinta, bila kita perhatikan saat ini banyak blog-blog lokal yang menyewakan space pada blog mereka untuk pemasangan iklan banner. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, dari seharga puluhan ribu sampai dengan ratusan ribu per bulan bisa anda pilih sesuai dengan ukuran yang di gunakan. Harga sewa space banner pada sebuah blog memang sangat dipengaruhi jumlah traffic yang bisa dihasilkan blog tersebut. makin tinggi traffic, makin mahal biaya sewanya. Apalagi bila mayoritas traffic yang dihasilkan merupakan traffic tertarget dari search engine..hmm..

Sedikit berbeda dengan promosi banner via PPC Advertising, harga yang dibebankan program semacam ini tergantung dari jumlah klik yang dihasilkan oleh pengunjung. Prinsip dasar yang digunakan sebenarnya hampir sama, yaitu memanfaatkan blog sebagai media promosi. Letak perbedaannya yaitu pada metode PPC Advertising antara advertiser dan publisher tidak berhubungan secara langsung, sedangkan pada sewa space banner pada blog orang lain hubungan yang dijalin lebih personal antara advertiser dan publisher, karena transaksi bisa dilakukan tanpa melalui perantara.

Ok sobat, penjelasan diatas merupakan pengertian dari keduanya. Berikut ini beberapa perbandingan berdasarkan persamaan dan perbedaan antara berpromosi banner lewat sewa space diblog dengan PPC Advertising :

Persamaan :
1. Menggunakan blog orang lain sebagai media promosi.
2. Persentase CTR dipengaruhi dari bentuk serta popularitas banner.
3. Secara umum menggunakan berbagai variasi ukuran yang sama.

Perbedaan :
1. Pada PPC Advertising terdapat peran pihak ketiga, sedangkan sewa space banner diblog bisa dilakukan tanpa bantuan pihak ketiga.
2. Harga sewa space banner ditetapkan oleh pemilik website atau blog, sedangkan pada PPC Advertising harga klik ditetapkan oleh situs PPC.
3. Jumlah klik pada sewa space banner sangat tergantung traffic yang dihasilkan sebuah situs, sedangkan pada PPC advertising jumlah klik tergantung dari budget dana yang di siapkan advertiser.

Nah, pada beberapa contoh perbandingan tersebut bisa kita simpulkan bahwa keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan sendiri-sendiri. Lalu, bagaimana menurut anda sobat, mana yang lebih efektif antara dua metode promosi tersebut ?

Comments :

16 komentar to “Sewa Space Banner VS Banner PPC Adv. : Efektif Mana ?”

Erdien mengatakan...
on 

Hehehe... kebetulan saya belum memanfaatkan kedua-duanya. Dulu saya menggunakan FB untuk beriklan, sekarang saya gunakan banner di blog sendiri yang dismbung ke FB lewat networked blogs.

agustantyono mengatakan...
on 

Terkadang juga tergantung jenis materi yang diiklankan dan targetnya ya mas... coz terkadang ada produk yg memang efektif jika dia muncul selalu seperti banner adv. namun ada jg yg efektif jika ditampilkan dlm bentuk PPC..
Yang jelas, ini butuh kejelian pemasang iklan juga kan mas, butal kan? :)

trims bgt deh infonya
salam kenal

ToPu mengatakan...
on 

Kalau Menurutku lebih efektif sewa space banner dech........
http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/7.gif
http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/7.gif
http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/7.gif
http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/7.gif

Akbar Alatas mengatakan...
on 

Harus lebih jeli lagi. .dalam memilih pemasangan iklan. .

cari uang di internet mengatakan...
on 

kalau saya lebih suka pakai yang sewa space banner

suroz mengatakan...
on 

Kalo PPC saya pernah gunakan text ads, tapi yang banner belum.

arief maulana mengatakan...
on 

mungkin perlu riset berkala kali mas.
Mana yg efektif. Misalnya 1 bulan pake apa, bulan berikutnya pake apa... hehehe...

Pasang Iklan Baris mengatakan...
on 

kayaknya lebih efektif yang banner ppc

Ricky mengatakan...
on 

@Erdien: Si mas, yang penting terus promosi :)

@agustantyono: Akhirnya kembali ke perbandingan CR kan mas... :)

Ricky mengatakan...
on 

@Topu : Sip mas..

@Akbar Alatas: Berarti harus sering riset ya mas :)

Ricky mengatakan...
on 

@cari uang diinternet: sip mas, terkadang sewa space di tempat yang ramai pengunjung dan tertarget mungkin bisa jadi efektif...

@suroz: sip mas, sama aja khan :)

Ricky mengatakan...
on 

@arief maulana: sip, cara yang jitu mas :)

@Pasang Iklan Baris: oke mas, thanks for share

iskandaria mengatakan...
on 

Kalau ditinjau dari sisi efektivitas, tergantung pada tipikal pengunjung di mana banner tersebut terpasang sih. Baik itu pada blog yang menjadi publisher PPC atau pada blog penyedia space banner. Nah, apakah tipikal pengunjung bisa kita kaitkan dengan topik blog tersebut atau jenis konten yang mereka sukai? Ini yang masih kabur menurut saya mas ^_^

Contoh saja, apakah pengunjung blog yang bertopik donlot MP3 cenderung tertarik dengan iklan bisnis online atau malah cenderung cuek?

Ricky mengatakan...
on 

@iskandaria: tipikal pengunjung sebuah situs memang bisa menjadi salah satu faktor penting untuk efektifitas pemasangan banner, karena pengunjung tertarget memang memiliki peluang lebih besar untuk mengambil tindakan terhadap produk yang kita tawarkan.

Tapi mungkin diluar itu ada satu lagi faktor penentu yang tidak bisa kita kesampingkan, yaitu nilai CR produk yang kita tawarkan. Maka itu perlunya terus riset untuk mengetahui nilai CR dan CTR produk yang kita pasarkan.

aria mengatakan...
on 

pilihan tempat sangat menentukan mana yang akan dipilih setelah itu harga yang ditawarkan.

Villa in seminyak mengatakan...
on 

sebenarnya sih sama aja menurut saya, cuma kalo pake PPc iklan lebih menyebar. jadi kemungkinan klik nya juga lebih tinggi.

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET