Bisnis Internet - Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Membentuk Team ?

Percayakah anda bila ada marketer yang mengatakan bahwa team merupakan salah satu aset berharga dalam bisnis internet. Yup, tanpa team maka anda akan dipaksa menghabiskan waktu untuk mengerjakan semuanya sendiri, anda tidak akan memiliki banyak waktu untuk menambah keragaman ilmu pengetahuan lain yang mungkin bisa membuat bisnis anda berkembang, dan satu lagi yang paling merepotkan adalah anda harus mencari solusi sendiri untuk setiap masalah yang muncul.

Tapi apakah dengan adanya team pasti akan mempermudah kelancaran bisnis internet ?, tidak selalu... Fenomena yang nyata adalah perpecahan antar anggota dalam sebuah team lebih umum terjadi dibandingkan hubungan kerjasama yang langgeng selamanya. Selain itu pola pikir juga menjadi suatu masalah yang kerap terjadi, ya dengan atau tanpa kita sadari seringkali pada saat mulai menyusun sebuah team, banyak orang mulai berpikir bahwa mereka adalah karyawan dan kita adalah bos. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan pola pikir ini, tapi yang kerap terjadi pola pikir "atasan-bawahan" bisa menghambat kreativitas seseorang dalam melangkah. Selanjutnya mereka hanya akan menunggu kita untuk memberitahu apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara melakukannya. Alih-alih mendapat teman sharing, team seperti ini justru akan merepotkan kita dalam mengelola sebuah bisnis.

Memancing mereka untuk berani mengeluarkan pendapat dimulai dari kita. Untuk bisa melakukan itu ada baiknya kita harus terlebih dahulu membiarkan mereka juga merasa memiliki bisnis ini, membiarkan mereka berani ber-eksplorasi untuk kelancaran bisnis kita. Dengan komunikasi yang tetap terjalin, team seperti ini bisa baik untuk perkembangan sebuah bisnis.

Bisnis internet sama dengan proses-proses bisnis pada umumnya, yaitu tidak ada seorang pun yang bisa memberikan jawaban pasti untuk setiap masalah yang terjadi, karena akan selalu ada hal kecil yang bisa terlewatkan. Maka itu pentingnya memiliki banyak rekan untuk sharing, karena makin banyak pendapat yang ada akan makin baik untuk pertimbangan dalam pengambian keputusan. Pembagian tugas sesuai keahlian masing-masing dengan sebuah team bisa memperingan pekerjaan kita, selain itu dengan adanya team akan mempersempit ruang terjadinya masalah-masalah teknis yang kerap terjadi bila kita melakukan semuanya sendiri.

Meskipun dalam bisnis internet terdapat tools-tools yang bisa memperingan pekerjaan, bukan berarti semua sistem bisa dilakukan secara otomatis selamanya. Ya, makin berkembang bisnis kita, maka maka makin sempit waktu yang ada untuk mengerjakan semuanya sendiri dan makin bnyak masalah-masalah baru yang akan timbul. Maka itu pembentukan team yang bisa menutupi lobang-lobang pemicu masalah bisa membantu kita dalam pengembangan bisnis.

Tapi, kapankah waktu yang tepat bagi seorang marketer online untuk mulai membentuk team yang bisa menjalankan sistem bisnisnya ?

Best Regards,

Comments :

2 komentar to “Bisnis Internet - Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Membentuk Team ?”

haribaru08 mengatakan...
on 

ehm... jadi ingat kata-kata semakin banyak teman makin banyak rejeki...

Ricky mengatakan...
on 

@haribaru08: yup, istilah lama yang abadi ya mas :)

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET