Haruskah Publisher Merotasi Banner Pada Space Iklan ?

Seperti pernah saya ulas pada artikel sebelumnya [disini] bahwa menyewakan terlalu banyak space banner pada sebuah halaman website bisa membuat pengunjung tidak nyaman. Selain membuat pengunjung tidak nyaman, jika sudah terlalu banyak juga kurang menguntungkan bagi seorang advertiser dimana sedikit banyak pasti akan berpengaruh terhadap CTR masing-masing iklan tersebut. Tapi disisi lain jika strategi ini dilakukan akan bisa menguntungkan bagi pemilik blog.

Lalu bagaimana solusi terbaik yang bisa memberikan win win solution bagi semua belah pihak ?

Salah satunya adalah merolling banner pada satu space. Sebenarnya cara ini bisa menjadi baik bagi penataan sebuah blog dengan tidak terlalu banyak menampilkan kolom banner sehingga bisa lebih membuat nyaman pengunjung. Tapi bagi seorang advertiser mungkin hasilnya akan sama saja dengan penempatan banner secara 'massal'. Karena iklan yang mereka pasang belum tentu selalu muncul pada saat halaman dibuka. Yup, semua tergantung kebijakan rotasi banner dari si pemilik blog, apa ingin menggunakan sistem rotasi secara otomatis dengan durasi waktu atau sistem rotasi secara random setiap kali halaman web di load.

Akan tetapi salah satu kelebihan cara seperti ini yaitu kenyamanan bagi para pengunjung yang tidak suka dengan banner bertebaran di setiap sudut blog.

Bila ditelusuri lebih jauh sebenarnya cara ini bisa memberikan win-win solution bagi semua pihak, yaitu pemilik blog, pengunjung dan para advertiser yang memanfaatkan blog tersebut untuk berpromosi. Karena dengan kenyamanan pengunjung pada sebuah blog akan memperbesar kemungkinan untuk membuka-buka halaman web yang lain atau bahkan akan rutin mengunjungi blog tersebut.

" Rotasi iklan dengan sistem page-load bisa di pengaruhi oleh tinggi rendahnya page-views sebuah blog "

Yup, maksudnya makin tinggi pageviews maka akan berimbas pada kemungkinan makin sering rotasi tersebut dilakukan, yang berarti makin besar skala probabilitas tampilnya sebuah iklan yang ada didalamnya bukan.

Semua tergantung pemilik blog, bisakah terus memberikan informasi yang bermanfaat bagi pengunjung, memberikan kenyamanan saat berkunjung, dan yang tidak kalah penting adalah memberikan trafic yang memuaskan untuk para advertiser selaku sponsor. Atau yang penting bisa memberikan keuntungan secara pribadi saja, toh salah satu metode make money with blog adalah menjadikan blog bisa hasilkan uang kan...

Jadi, haruskan seorang publisher me-rotasi banner pada space iklan mereka ?

Regards,

Comments :

0 komentar to “Haruskah Publisher Merotasi Banner Pada Space Iklan ?”

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET