Succses Story : Bill 'Centibillionaire' gates

Bagi anda pengguna komputer pasti mengetahui windows sebagai operating system paling populer didunia saat ini. Sejak kemunculan didunia komputer pada 20 November 1985, windows memang sudah kontroversial, seperti salah satu sekuel dalam pirates of the silicon valley (1999) yang menggambarkan bahwa windows merupakan hasil curian dari prototype macinthos. Tapi terlepas dari segala kontroversial yang muncul, windows tetap dapat terus berkembang sampai sekarang dan sempat membuat penciptanya yaitu Bill Gates menjadi orang terkaya didunia.

Sebenarnya siapa Bill Gates dan bagaimana awal muasal ia mendirikan perusahaan bernama Microsoft ?

William Henry Gates III atau lebih dikenal sebagai Bill Gates, bersama dengan sahabatnya Paul Allen adalah pendiri dan ketua umum perusahaan perangkat lunak AS, Microsoft. Ia juga merupakan seorang filantropis melalui kegiatannya di Yayasan Bill & Melinda Gates. Ia menempati posisi pertama dalam orang terkaya di dunia versi majalah Forbes selama 13 tahun (1995 hingga 2007).

Bill Gates lahir di seatlle pada 28 Oktober 1955. Ia adalah anak kedua dari tiga bersaudara dan dilahirkan dengan keadaan sosial yang terkemuka. Ayahnya, William Henry Gates, Sr adalah seorang pengacara dengan perusahaan yang punya banyak koneksi di kota, dan ibunya, Mary Maxwell adalah anggota direksi First Interstate Bank, Pacifiv Northwest Bell, dan anggota United Way. Sedangkan Kakek Bill Gates yaitu, J.W Maxwell, pernah menjabat menjabat sebagai presiden National Bank. Latar belakang keluarga inilah yang membuat Bill Gates hidup dengan berkecukupan.

Bill kecil bisa dikategorikan sebagai sosok anak cerdas dengan jiwa pemberontak dan cenderung sering mendapatkan kesulitan di sekolah. Rasa ingin tahu yang tinggi pernah ia tunjukan diusia 9 tahun, dengan membaca ensiklopedia milik keluarganya hingga tuntas (Microsoft kelak memproduksi Encarta, Ensiklopedia pertama dalam CD). Ketika dia berumur tiga belas tahun, orang tuanya memutuskan untuk membuat perubahan dan mengirimnya ke Lakeside School, sebuah sekolah dasar yang bergengsi khusus bagi anak laki-laki. Dan di Lakeside itulah Bill junior untuk pertama kalinya mengenal dunia komputer, dalam bentuk mesin teletype ASR-33 yang dihubungkan dengan telepon ke sebuah komputer pembagian waktu. Meskipun tekhnologi ini masih sangat merepotkan akan tetapi Bill dengan cepat menguasai BASIC, sebagai bahasa pemrograman komputer. Kegiatan bill sehari-hari adalah berkumpul dengan kelompoknya para hacker yang menamakan dirinya the Lakside Programmers Group. Setiap hari Bill melewatkan waktu berjam-jam untuk menulis program, melakukan permainan, dan secara umum mempelajari banyak hal tentang komputer. Karena aktivitasnya tersebut Bill sempat dijuluki oleh gurunya sebagai seorang 'nerd'.

Hobi Bill mengutak-atik komputer sempat membuat risau orang tuanya, mereka membujuk Gates untuk melanjutkan studinya di fakulas hukum, Universitas Havard. Dan akhirnya dengan kecerdasannya Bill pun masuk di universitas Harvard. Semasa ia belajar di Harvard, ia dan Paul Allen menulis perangkat lunak Altair BASIC untuk Altair 8800 dalam dasawarsa 1970. Altair merupakan komputer pribadi pertama yang sukses. Diberi inspirasi oleh BASIC, sebuah bahasa komputer yang mudah dipelajari dan ditulis di kolese Dartmouth untuk mengajar, versi Gates dan Allen kemudian menjadi Microsoft BASIC, bahasa komputer terjemahan yang utama untuk sistem operasi komputer MS-DOS, yang menjadi kunci pada kesuksesan Microsoft.

Gates yang memang tidak berminat menjadi pengacara, memutuskan meninggalkan kuliahnya pada November 1975 untuk membantu Allen menjalankan kontrak kerja mereka dengan MITS. Kerjasama antara Allen dan Gates diberi nama Micro-Soft, ”satu Komputer di Setiap Meja dan Rumah”

Secara resmi Microsoft berdiri pada November 1976. Tetapi ada sebuah kendala besar, Bill merasa tidak mungkin dapat mengembangkan ide-ide software-nya selama kebiasaan men-copy dan membajak terus dilakukan oleh sebagian besar pengguna komputer, akhirnya secara kontroversial Bill pernah menulis Surat Terbuka kepada Penghobi (Open Letter to Hobbyists), yang mengejutkan komunitas yang mempunyai hobi pada komputer dengan menyatakan bahwa ada pasaran komersial untuk perangkat lunak/software dan bahwa software tidak layak dikopi dan digandakan tanpa izin penerbitnya. Pada masa itu, komunitas tersebut dipengaruhi kuat oleh dasar radio hamnya dan etika hacker, yang berpendapat bahwa innovasi dan pengetahuan patut dibagi oleh komunitas pengguna komputer.

Sejak kecil sifat Kontroversial memang sudah menjadi pelengkap hidup Bill Gates, dan sifat ini terus bertahan sampai dewasa. Salah satu kontroversial Bill yang menonjol yaitu pada saat ia membeli MS-DOS dari Seattle Computer seharga $50,000 kemudian melisensikannya dibawah bendera Microsoft untuk dijual kepada IBM dengan nama PC-DOS.

Atas kejadian ini Microsoft digugat oleh Seattle Computer karena tidak memberitahukan mengenai ikatannya dengan IBM untuk membeli system operasi itu dengan murah. Akhirnya Microsoft memang membayar uang kepada Seattle Computer, tetapi tidak mengakui kesalahannya. Reputasi Gates kemudian lebih diperburuk oleh tuntutan dakwaan monopoli oleh Departemen Keadilan A.S. dan perusahaan-perusahaan individu yang menentang Microsoft dalam akhir dasawarsa 1990.

Selain kejadian diatas, Bill Gates sebenarnya sudah sering berhadapan dengan berbagai dakwaan yang berhubungan dengan sistem monopoli bisnisnya. Akan tetapi dengan kecerdasannya Bill Gates tetap bisa melaju dengan lancar bersama Microsoft. Pada 27 Juni 2008, Bill mengundurkan diri dari sebagian besar jabatannya di Microsoft (namun tetap bertahan sebagai ketua dewan direktur) dan mengkonsentrasikan diri pada kerja kedermawanan melalui yayasan yang didirikannya, Yayasan Bill & Melinda Gates.

Beberapa prestasi Bill Gates, antara lain :
1. Orang terkaya didunia versi forbes 1995 - 2007
2. 100 orang yang paling berpengaruh dalam media, The Guardian, 2001
3. Sunday Times senarai kuasa, 1999
4. 50 Orang Elit Siber, majalah TIME, peringkat #1, 1998
5. 100 orang paling berkuasa dalam sukan, Sporting News, 1997
6. penghargaan kesatriaan (Knight Commander of the Order of the British Empire Kehormatan) dari Ratu Elizabeth II, 2005
7. Bersama istrinya, Melinda Gates, mendermakan $5 milyar kepada organisasi mereka. Pendermaan paling besar dunia yang dilakukan oleh individu-individu hidup.

Best Regards,



sumber : wikipedia.org

Comments :

0 komentar to “Succses Story : Bill 'Centibillionaire' gates”

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET