Apa itu Adsense ?

Google AdSense is a free, simple way for website publishers of all sizes to earn money by displaying targeted Google ads on their websites. AdSense also lets you provide Google search to your site users, while earning money by displaying Google ads on the search results pages.(google.com)

Secara singkat adsense bisa dikatakan sebagai program kerjasama periklanan / jaringan periklanan online yang diselenggarakan oleh Google. Sistem bisnis yang dipergunakan adsense ialah sistem bayar per klik atau lebih dikenal dengan CPC (cost per click), dimana pemilik situs akan menerima komisi untuk setiap klik yang dilakukan pengunjung pada iklan adsense di situs mereka. Adsense memberi kesempatan bagi para pemilik website atau blog untuk bekerjasama menampilkan iklan-iklan para advertiser google.

Sebelum kemunculan adsense, sebenarnya google sudah memiliki program periklanan lain yang diberi nama Adwords. Cara kerjanya menggunakan sistem PPC (pay per click) dimana biaya iklan seorang advertiser dihitung dari banyaknya klik yang dihasilkan. Salah satu keunggulan iklan adwords dibanding PPC lain yaitu ditampilkan pada SERP's google yang sesuai dengan tema iklan. Sehingga potensi mendapatkan pengunjung tertargetpun akan semakin besar.



Karena keunggulan inilah membuat jaringan periklanan adwords berkembang dengan pesat. Seiring terus bertambahnya advertiser, maka google pun membuat program periklanan lain untuk menunjang kepuasan para advertiser mereka, dan program inilah yang diberi nama adsense. Salah satu tujuannya yaitu untuk lebih memaksimalkan sirkulasi iklan adwords yang sudah terlalu banyak bila hanya ditampilkan pada halaman pencarian.



Sedikit berbeda dengan iklan adwords yang ditampilkan pada SERP's google, pada program adsense iklan ditampilkan pada situs-situs perorangan dengan tema yang sudah disesuaikan dengan iklan yang akan diberikan (*red : ditampilkan).

Cara Kerja Adsense
Sebagaimana layaknya program PPC, adsense bisa diibaratkan broker yang berfungsi sebagai penghubung antara advertiser (pemasang iklan) dan publisher (penerbit iklan). Transaksi mulai diberlakukan pada saat sebuah iklan di klik oleh pengunjung, dimana seorang advertiser akan terkena biaya iklan sesuai harga bidding yang disepakati sedangkan publisher akan mendapatkan pembagian keuntungan dari harga iklan tersebut. Tidak ada yang tahu berapa rate komisi yang didapat publisher untuk setiap klik, pada 2011 google merilis rate pembagian komisi yang didapat publisher adsense yaitu 32% : 68% dari harga bidding iklan. 32% milik google dan 68% diberikan kepada publisher.

Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan sarana lain untuk hasilkan uang diantaranya program AdSense for Search dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense for search, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.

Untuk melindungi para advertiser, dalam peraturan adsense akan menindak tegas untuk setiap pelanggaran yang dilakukan para publisher. Hukuman terberat yang diberikan google adsense kepada publishernya yaitu banned account, pemutihan komisi serta blacklist nama serta email publisher, apabila seorang publisher sudah terkena sanksi seperti ini maka akan sulit untuk bisa menjalankan program adsense dengan data-data yang sama. Untuk lebih lengkap masalah syarat dan ketentuan adsense bisa anda baca di Adsense Terms and Condition.

Ok sobat, sekian dulu penjelasan singkat tentang google adsense. Semoga kedepan kita bisa coba urai lagi hal-hal yang berkaitan dengan peluang bisnis internet yang sangat digemari para marketer online ini. Silakan kunjungi [link] ini untuk informasi lebih lanjut tentang google adsense.

Kesimpulan :
1. Adsense merupakan program periklanan online milik google.
2. Adsense memberikan kesempatan bagi pemilik website atau blog untuk bekerjasama menampilkan iklan.
3. Sistem bisnis yang digunakan adsense untuk publisher adalah CPC (Cost Per Click).
4. Selain menyediakan iklan dengan sistem PPC, adsense juga menyediakan sarana Adsense for Search dan Referral Program.
5. Syarat dan Ketentuan adsense bisa dilihat pada Adsense Terms and Condition.

Best Regards,

Comments :

0 komentar to “Apa itu Adsense ?”

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET