Efek Positif Reciprocal Link

Reciprocal link is a mutual link between two objects, commonly between two websites to ensure mutual traffic.(wikipedia.org)

Secara singkat reciprocal link bisa dikatakan hubungan timbal balik antara 2 website yang terhubung satu dengan lainnya melalui sebuah link. Biasanya Reciprocal link dilakukan dengan tujuan untuk saling membangun traffic dan juga mendapat point dari search engine.

Dalam bisnis online, mendapatkan backlink berkualitas untuk website bisa dikatakan salah satu hal penting pada saat menjalankan strategi search engine optimization. Hal ini akan semakin baik jika sebagian besar backlink yang kita dapat berasal dari situs-situs atau blog dengan tema yang serupa. Yup, secara garis besar bila kita ingin melakukan reciprocal link dengan situs lain, usahakan pertukaran tersebut masih dalam satu niche market. Salah satu tujuannya adalah mempermudah pengunjung dalam pencarian informasi dengan satu tema.

Selain memiliki tema serupa, faktor lain yang juga harus diperhatikan pada saat melakukan reciprocal link dalam bisnis online adalah kualitas situs. Ya, disadari atau tidak faktor ini bisa sangat mempengaruhi reputasi kita dalam sebuah komunitas blogosphere, karena reciprocal link biasanya dilakukan antara pemilik situs yang sudah saling mengenal, maka bila mitra tersebut memiliki reputasi baik nama kita pun akan terbawa, begitu juga sebaliknya.

Diluar dua hal diatas, efek positif lain dari reciprocal link yaitu dalam kaitannya dengan traffic langsung. Traffic langsung yang dimaksud yaitu kunjungan yang berasal dari link yang terpasang dari sebuah situs. Untuk bisa mendapatkan banyak kunjungan dengan strategi bisnis online ini, maka kita harus terlebih dahulu mencari situs-situs dengan traffic tinggi tapi hanya sedikit link yang terpasang, dengan begitu peluang untuk mendapatkan kunjungan langsung pun sangat terbuka.

Dan berikut ini beberapa tips dalam melakukan pertukaran link :

1. Pilih Reciprocal Link dengan bijak. Pilihlah website yang memiliki informasi sejenis/terkait sehingga dapat dinikmati pngunjung.
2. Sediakan kode link HTML situs kita dengan anchortext sesuai keyword yang di bidik. Berikan kode ini ke mitra kita untuk dipasang pada website mereka.
3. Usahakan hindari website yang memliki lebih dari 40 – 50 link setiap halaman. Karena link kita akan sulit ditemukan pengunjung situs tersebut.
4. Pilihlah situs-situs yang populer dan memiliki PR tinggi, karena robot-robot search engine lebih suka mengunjungi situs-situs semacam ini.

Disamping untuk kepentingan traffic dan SEO dalam bisnis online, salah satu tujuan reciprocal link yaitu membangun tali persahabatan dengan sesama pemilik situs dalam jagad blogosphere. Meskipun terkesan sederhana, hal ini merupakan sesuatu yang penting dikemudian hari. Membangun komunitas sendiri merupakan hal yang harus kita lakukan untuk bisa menolong bisnis online yang kita jalani ke level selanjutnya.

*Silahkan kunjungi [link] berikut bila ingin bertukar link dengan blog ini.

Best Regards,

Comments :

1
hana kres mengatakan...
on 

Info yang sangat membangung.. Mudah2an bisa membantu bagi yang masih belajar..

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET