4 Langkah Riset Keywords

Bila sedang membahas bisnis internet, riset merupakan salah satu aktivitas yang bisa mempengaruhi hasil akhir. Yup, dengan riset yang mendetail terhadap suatu hal, seringkali membuat seorang marketer bisa menentukan langkah yang tepat untuk kelangsungan bisnis internetnya.

Ada banyak tujuan riset yang dilakukan para pebisnis internet, salah satunya yang banyak dilakukan para pemain adsense adalah riset keyword atau kata kunci. Yup, keyword merupakan senjata yang bisa diandalkan untuk mendatangkan banyak kunjungan ke sebuah website. Dengan bermodalkan niche keyword potensial seorang pebisnis internet bisa mendatangkan ribuan atau bahkan puluhan ribu pengunjung ke website mereka, dan bukankah ini berarti memperbesar potensi untuk mendatangkan keuntungan.

Dari sekian banyak cara riset keyword, berikut ini adalah 4 cara sederhana tapi efektif yang banyak dilakukan oleh marketer online.

1. Gunakan keywordtoolexternal
Keywordtoolexternal.com merupakan salah satu alat untuk mencari keyword yang paling umum digunakan para pebisnis online, alat riset milik google ini bisa di bilang salah satu alat riset paling lengkap diinternet.
Berikut langkah-langkah mencari keyword dengan keywordtoolexternal :

Pertama-tama kunjungi keywordtoolexternal.com, dan masukan kata kunci yang ingin anda cari di kolom search, sebagai contoh kita ketik bread basket.



Selanjutnya akan muncul data dari keyword yang anda ketik (1) beserta keyword-keyword lain yang masih berhubungan (2).



Prinsip dasar yang bisa kita jadikan pedoman dalam memilih niche keyword yang potensial yaitu memiliki Global Monthly atau Local Monthly Searches tinggi dan competition rendah (3). Sebagai standar umum niche keyword yang potensial yaitu maksimal terdiri dari 2 / 3 kata dan minimal memiliki pencarian diatas 10.000, dan persaingan dibawah 5.000.000. Akan tetapi bila anda merasa kemampuan yang dimiliki sudah terasah, maka carilah niche keywords dengan kompetisi yang lebih besar lagi. Karena makin besar kompetisi biasanya informasi tersebut memang banyak dicari orang dan memiliki prospek yang bagus.

2. Riset SERP's
Kunjungi google.com dan cek berapa besar persaingan keyword yang kita targetkan dan bagaimana kondisi persaingan di halaman utamanya. Bila situs-situs yang berada dihalaman tersebut kebanyakan berhasil meletakan halaman utamanya maka akan lebih sulit bagi kita untuk mendapatkan posisi tertinggi.



Selain itu lihat juga berapa persaingan allintitle dan allinurl keyword tersebut. Caranya ketik allintitle: kata kunci atau allinurl: kata kunci pada kolom pencarian.

3. Riset Grafik Pencarian
Googletrends.com merupakan tools milik google yang berfungsi untuk mmelihat grafik pencarian sebuah keyword di search engine google dalam periode waktu tertentu, misalnya bulan atau tahun. Selain bisa melihat grafik pencarian, kita juga bisa melihat dari negara atau kota mana saja pencarian tersebut paling banyak dilakukan.



Dengan google trends kita bisa meneliti secara mendalam bagaimana pencarian sebuah keyword yang kita targetkan. Jika grafik pencarian meningkat itu berarti kecenderungan peminat akan informasi tersebut akan semakin banyak, begitupun sebaliknya.

4. Cek Harga Klik Adsense
Bagi anda pemain adsense, riset harga klik merupakan langkah yang juga bisa dilakukan. Spyfu.com merupakan salah satu tools yang bisa digunakan untuk mendapatkan gambaran komisi yang bisa kita dapat dari sebuah keyword.



Makin tinggi nilai CPC maka semakin besar komisi yang bisa kita dapat, sebagai gambaran google adsense memberikan pembagian keuntungan sebesar 68 % kepada para publisher mereka. Maka itu tools ini bisa kita gunakan untuk meriset harga keyword yang kita targetkan, carilah keyword-keyword dengan harga mahal biasa disebut dengan istilah HPK (High Paying Keyword).

Ok sobat, penjelasan diatas merupakan langkah-langkah sederhana yang bisa kita lakukan untuk mencari niche keywords. Dengan perpaduan ke-empat langkah tersebut, sebenarnya kita sudah bisa menemukan niche yang potensial. Kuncinya adalah kesabaran untuk memainkan kata dan menemukan celah-celah yang bisa kita manfaatkan, terkadang langkah sederhana justru bisa menentukan langkah sukses kita di bisnis internet. Semoga bermanfaat

Regards,

Comments :

1
hendro mengatakan...
on 

thx info nya sangat bagus dan membantu sekali

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET