ADA APA ?… ( Untuk On line Marketer Negeri Tercintaku )

Salam sejahtera sobat netter, apa kabar?, mungkin sebagian dari anda bertanya kenapa judul diatas seperti sebuah pertanyaan, tapi bila itu sebuah pertanyaan kenapa harus dijadikan judul artikel ?

Saya akan sedikit bercerita, sejujur-jujurnya tidak ada perencanaan sebelumnya untuk menulis dan menerbitkan artikel ini, karena sudah ada artikel lain yang siap saya terbitkan untuk minggu ini, berjudul: “Affiliate Network VS Affiliate Kaki Lima”, yang akhirnya saya pending saja untuk minggu depan. Maka itu maaf bila judul diatas terkesan dipaksakan, dengan pertimbangan dari pada artikel ini saya paksakan dengan judul Affiliate Network VS Affiliate Kaki Lima :)

Oke sobat tidak berlama-lama, mengapa saya terbitkan artikel dadakan ini ?,

Selama beberapa hari ini saya mengikuti perkembangan pro dan kontra pada salah satu treads sebuah forum ternama. Pada treads tersebut terjadi perdebatan hebat yang dilakukan oleh beberapa marketer on line Indonesia membahas pro dan kontra tentang seorang Joko Susilo dan beberapa situs miliknya.

Sejujurnya dari dalam hati, sebagai orang yang masih harus banyak belajar dibisnis ini saya terharu dan kecewa melihat sikap prefesionalisme beberapa orang yang mengklaim dirinya sudah sukses menjadi internet marketer professional negeri ini.

Ya, saya kecewa atau tepatnya benar” kecewa !..dalam forum tersebut beberapa orang sangat melecehkan seorang Joko Susilo, ST yang justru mereka anggap sebagai seorang senior yang pertama kali membawa konsep pemasaran otomatis dalam bisnis internet di Indonesia. Yang lebih menyedihkan adalah sebagian besar dari mereka mengumpat dan mencela tanpa mempunyai dasar bukti yang kuat. Sebagian lainnya hanya ikut-ikutan.

Kenapa seseorang yang dengan perjuangannya selama hampir satu dekade, turut membangun internet marketing diIndonesia justru dianggap sebagai seorang penipu !,
*Melalui artikel ini saya ucapkan salut luar biasa dan salam hormat saya atas sikap profesionalisme pak Joko yang berani mengklarifikasi semua tuduhan dan fitnah yang ditujukan kepada beliau.

Ada apa dengan moral bangsa ini, kenapa kita tidak bisa menghargai keberhasilan seseorang...perjuangan seseorang...karya seseorang !!!

Ada apa marketer Indonesia ?, Jika ini merupakan persaingan bisnis. Saya rasa masih banyak cara yang lebih sehat daripada seperti itu. Kita mesti tahu bahwa contoh seorang panutan tidak hanya terletak pada prestasi yang sudah diraihnya tetapi yang tidak kalah penting adalah sikap tauladan dalam meraih sebuah kesuksesan tersebut.

Saat ini semakin banyak saya lihat, seorang marketer yang sudah berhasil meraih ratusan ribu dollar, berhasil menghasilkan traffic tinggi untuk situsnya, berhasil menghasilkan sebuah karya,dsb tetapi mereka lupa bagaimana bersikap sebagai seorang panutan.

Seorang pemenang sejati adalah manusia yang berani mengakui apa saja kesalahan yang pernah dilakukannya pada masa lalu dan siapa saja yang ikut berjasa mengantarkan menjadi pemenang.

Saya ingat sebuah kutipan kata” seorang filosof bernama George Santayana :

“Those who do not remember the past are condemned to repeat it”

(barang siapa mengabaikan sejarah akan dihukum untuk melakukan kesalahan-kesalahan yang sama)


Mungkinkah ini yang terjadi pada negeri kita ?

…nama saya Ricky, terimakasih dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya...


Comments :

33 komentar to “ADA APA ?… ( Untuk On line Marketer Negeri Tercintaku )”

Umar Puja Kesuma mengatakan...
on 

Beberapa waktu yang lalu saya juga sempat memantau perkembangan forum-forum yang mencoba menghujat dan menyudutkan Joko Susilo dan produknya. Kesimpulan saya pun sama dengan Mas Ricky.

Saya sendiri juga heran Mas, kenapa bisa begitu antusiasnya mereka melakukan hujatan-hujatan tersebut. Mereka sok menjadi pahlawan kesiangan dengan mengkampanyekan seruan moral ini dan itu. Tapi kontras dengan cara-cara mereka yang sangat tidak etis.

Pak Joko sendiri tentu bukanlah orang yang sempurna. Dan jika pun ada kekurangan, masih terbuka lebar kesempatan untuk memperbaikinya. Namun demikian, mari objektif saja dengan melihat berapa banyak usahawan-usahawan online baru yang dilahirkan Joko Susilo dengan produk SMUO-nya. Bukankah itu sudah satu nilai plus yang luar biasa, yang tidak semua orang bisa melakukannya.

Salam Istimewa!
KLIK BISNIS GURU : Referensi Bisnis Online dan Info Pendidikan

Ruli saputri mengatakan...
on 

Salam kenal mas?
Gak penting mas ngurusin yang begituan, biarkan saja yang negatif semakin negatif, yang postifif semakin sukses. Dari pada ngurusin orang mendingan urusin diri sendiri dan orang positif di sekeliling anda. Betul gak?

Ricky mengatakan...
on 

@Umar P.K: setuju mas, saya rasa itu ilmu dalam proses pembelajaran buat kita, jika suatu saat nanti kita sudah mempunyai sebuah produk dengan banyak member, maka resiko seperti itu pastilah ada.

Karena makin banyak orang menggunakan sebuah produk, maka makin besar peluang munculnya berbagai penilaian positif dan negatif, tinggal bagaimana sipemilik produk menyikapinya dengan bijak.

@Ruli Saputri: Betul mba, beruntunglah kita untuk saat ini berada pada jalur yang benar. Tapi tak ada salahnya kita juga belajar dari sisi negatif bukan:)

btw mba Ruli saputri masih ada hubungan dengan mba lingga saputra ya?, kok nama belakangnya agak mirip :)


-salam sukses-

Zamahsari mengatakan...
on 

saya juga ngikuti kaskus.. Tapi biarlah lha wong setiap orang itu punya penilaian masing2 dan salut untuk JS yang mau berdebat dengan mereka. Ucapan JS bahwa kita harus menghargai karya orang dan JS sudah berkarya dan ternyata sukses...

sumartono mengatakan...
on 

Sebelum saya kenal JS lewat SMUO Formula Bisnisnya, saya tidak perduli dan tidak ingin tahu tentang bisnis ini, karena saya juga sudah punya kesibukan offline sendiri.
Setelah mencoba belajar tentang bisnis ini lewat ebooknya JS, akhirnya saya tahu bahwa apa yang dia lakukan adalah murni dengan perkembangan bisnis internet ini. Adalah sungguh nista jika banyak orang yang menghujat JS, hanya karena persaingan bisnis.
Di dunia bisnis konvensional terutama sesama suplier kontraktor juga ada persaingan, tetapi kami punya kode etik "boleh mengunggulkan produk kita tetapi jangan menjelekan produk orang lain."
Harusnya mereka yang sirik sama JS, mau belajar pada filosofi tentang persaingan bisnis. Toh semuanya pada dasarnya adalah demi kemajuan negara kita Indonesia. Mengapa harus menghujat sesama pebisnis?

Ricky mengatakan...
on 

@Zamashari: Betul mas, buat apa fokus untuk menilai kekurangan karya orang lain bila ternyata karya yang dihasilkan juga merupakan salah satu replika dari karya orang tersebut.
Itu yang saya dapat dari kutipan perdebatan JS dengan salah satu "profesional IM" disitu yang ternyata menggunakan pola serupa dengan yang digunakan JS, hehe...sungguh manusia langka..

@Sumartono: Setuju, mereka mengusung sikap profesional dalam berbisnis tapi mereka melupakan etika persaingan dalam bisnis..manusia langka lagi..hehe..

Btw JS memang seorang panutan, bisa memanfaatkan kesempatan untuk mempraktekan ilmu yang pernah beliau tulis di salah satu artikel blog jokosusilo.com berjudul BUZZ marketing dalam bisnis.

-salam sukses-

SUGIANA mengatakan...
on 

Engga usah terlalu dipikirkan, engga usah diikuti dan engga usah ditanggapi nanti juga berhenti sendiri. Habis energi dan waktu kita hanya untuk mengurusi hal-hal seperti itu. Biarkan saja...Percaya dech pasti akan berhenti sendiri, mereka akan capek sendiri. Sekedar info saja, saya juga sempat ngikuti dan mampir ke beberapa Blog mereka, namun saya anggap angin lalu saja.
Kita harus sadar juga bisnis apapun bentuknya pasti punya formula rahasia tersendiri yang orang lain ngga perlu tahu, ibarat guru silat pasti ada jurus pamungkas yang tidak akan diberikan kepada muridnya.
Maju terus internet marketing Indonesia. Salam Sukses. Dahsyat!!!

Ricky mengatakan...
on 

Intinya enggga usah tahu aja deh ya mas, Tul setiap perusahaan pasti punya rahasia yang tidak akan dipublikasikan kepada siapapun..
Hidup internet marketing indonesia!!!

-salam spektakuler-

www.katobengke.com mengatakan...
on 

wah sangat informatif.....
gmana yah...makanya aq malas tahu tu kalau masalah gituan.....

perjalananmatahari mengatakan...
on 

salam knal yah dari aq.....
aq suka postingan kamu.....

Ricky mengatakan...
on 

@Katobengke: oke, mau gimana lagi..ambil saja hal" yang positif dan anggaplah sebuah pelajaran baru dalam bisnis internet :-).
Terimakasih sudah berkunjung

@Perjalananmatahari: Salam kenal kembali, dan terimakasih sudah berkunjung.

-salam sukses-

ahmadinda mengatakan...
on 

mas benar sekali. semuanya bermuara pada akhlaq dan etika berbisnis. orang yang tidak senang dengan keberhasilan orang lain pasti akan selalu berusaha untuk mencari kekurangannya. bagi saya itu adl perbuatan sia-sia dan buang-buang energi.
salam action

Tjandra Danny mengatakan...
on 

Semakin Tinggi semakin kencang anginnya, Pak Joko cukup prof menanggapi itu.

Kedewasaan kita di nilai dalam pro dan kontra.

Keep Posting


Tjandra Danny
http://www.TjandraDannyPakarSEO.com

Ricky mengatakan...
on 

@Ahmadinda : Dan mereka (yang tidak suka akan keberhasilan orang) akan berkumpul dengan orang" serupa untuk terus membuang energi dan menjauhi semua impian yang sudah mereka rencanakan.

@Tjandra danny : Yap benar mas, orang sukses dituntut untuk selalu dewasa serta bijak dalam menyikapi suatu fenomena.
Suatu kehormatan sudah berkunjung mas.

-salam spektakuler-

Blog Motivasi mengatakan...
on 

miris memang mas Ricky, itulah warna dari karakter ego-ego yang mengedepankan emosional yang dirasionalkan.

Masing-masing memiliki argumentasi yang kuat. baik jS maupun demonstrannya. saya tidak bisa memberikan penilain mana yg benar, mana yang salah. semua itu berpulang dari hati masing-masing yang sedang berseteru.

Mas Joko tentu bukanlah manusia sempurna, begitupun sebaliknya. yang menjadi masalah adalah kelangsungan bisnis internet itu sendiri. akankah hancur dan kehilangan kepercayaan pasar karena situasi konflik maya yang berkepanjangan? tidak adakah jalan yang berorientasi pada penyelesaian masalah?

saya justru menunggu respon aktor2 internet marketing. dan blogger2 yang lebih paham. seharusnya mereka ikut bicara, jangan diam saja. karena ini berhubungan dengan masa depan IM indonesia. di sinilah rasa solidaritas seharusnya terbangun.

maaf kepanjangan..


Fadly Muin = Mari Mulai dari Diri Masing-Masing =

Ricky mengatakan...
on 

@Fadly Muin: Betul mas, sudah saatnya konflik semacam ini dihentikan. Karena akan memperburuk citra para marketer indonesia. Tapi untuk penyelesaian saya rasa mungkin akan memakan waktu.

Biarlah waktu yang menjawab, siapa yang benar dan siapa yang salah. Satu hal yang pasti kebenaran cepat atau lambat akan muncul ke permukaan.

-salam sukses-

BBM mengatakan...
on 

Met malam, menyambung artikel di atas ya mas, omong dan mencela itu lebih gampang dari pada memberi contoh atau bukti yang nyata, "asal ngomong atau ngomong ada asal" yang jelas pengecut selalu berkoar di depan datang musuh lari juag yang paling depan, salam sukses mas

Ricky mengatakan...
on 

@Muklis: Ya betul mas, seorang pengecut selalu berbicara dalam bertindak, dan seorang pemberani selalu bertindak tanpa berbicara.

Terimakasih sudah berkunjung

-salam sukses-

Dadang Firdaos mengatakan...
on 

semua bisa menjadi mungkin.
tentukan posisi anda.
apapun yang terjadi.
berusaha untuk menjadi diri sendiri.

lho kho saya jadi curhat

Ricky mengatakan...
on 

@Dadang firdaos: Ya, setuju. Kita harus menghadapi semua masalah dengan menjadi diri sendiri yang siap bertanggung jawab.
seorang motivator bisa curhat juge..hehe..

-salam sukses-

Irwan M Santika mengatakan...
on 

Kuat yang didasari sifat tauladan yang akan bertahan mas, lambat laun kita bisa buktikan mana yang terbaik, hukum alam akan memperosesnya secara pasti mas.

Judulnya tidak terkesan di paksakan ko mas :)

Ricky mengatakan...
on 

@Irwan M Santika: Setuju 100 % mas. Wah akhirnya ada juga yang memuji judul artikel ini :-)

Thanks for visit mas

-salam sukses-

Obrolan lepas mengatakan...
on 

wow mantap pak,, sebenarnya kita tidak boleh mengklaim seseorang salah atau pun benar dengan menilai dari sudut pandang kita saja, jujur saja saya belum pernah membeli satupun produk pak susilo, tapi saya salut dengan kesuksesannya dengan keberaniannya dalam berinvestasi dengan menjual apa yang dia tau hingga menuai hasil yang sangat bagus.

Untuk postingan masricky saya setuju dengan anda. kita seharusnya sadar setiap orang punya cara berbeda untuk meraih impiannya jadi tidak dibenarkan untuk mengklaim produk orang itu sampah cuma karena kita berbeda jalan.

Ricky mengatakan...
on 

@Rizal : betul mas, memang tidak semua orang mau mengakui hasil karya seseorang. Saya rasa baik dan buruknya karya seseorang merupakan wujud dari kemauannya untuk menciptakan...untuk itu sudah sepantasnya kita berusaha menghargai jerih payahnya. Bila ternyata produk tersebut kurang sempurna, alangkah baiknya kita berikan input perihal kekurangannya bukan malah hinaan.

-salam sukses-

Mia Arizona mengatakan...
on 

Salam...
Yahh..begitulah memang dunia internet marketing kita ,masih tumbuh untuk menjadi dewasa.
Terus...kalau kita perhatikan mereka yang bicara miring....terlihat jelas bahwa mereka sesungguhnya TIDAK TAHU ISI PRODUKNYA !!Hanya tahu dari orang ..yang itu juga katanya....( BUkan membela nich ) COBA kalau mereka BACA SENDIRI EBOOKNYA "JS" sangat padat dengan PRINSIP INTERNET MARKETING YANG SMART !! jadi saya sendiri memakainya sebagai pedoman saya di IM......well, mas JS saya nantikan lagi produknya

Ricky mengatakan...
on 

@Mia arizona: Saya setuju mba, bila kita telaah lebih jauh sebenarnya tidak ada yang salah dengan SMUO, tapi banyak orang yang salah menerapkan sehingga mereka bersikap skeptis dengan menyalahkan produknya.
Terimakasih sudah berkunjung.

Syarif Winata, ST mengatakan...
on 

Hmmm itu karena melihat dari luarnya Mas Ricky. Coba jika sudah baca SMUO. Saya dulu sempat berpikiran negatif tentang beliau. Tapi setelah membaca SMUO semuanya jauh dari perkiraan saya.

Tinggal ACTION saja kok repot..

hary mengatakan...
on 

Salam kenal mas...
Persaingan dalam bisnis memang kadang ada cara negatif atau hal yang gak wajar. Kalau ini disikapi dengan positif akan menjadi
cambuk untuk lebih sukses. Semoga pak Joko tabah...

Salam dahsyat..

Ricky mengatakan...
on 

@Syarif Winata: Yap, begitulah kejadian yang sangat menggelikan. Beberapa orang ikut menghujat tetapi belum mengetahui kualitas produk yang mereka hujat..orang yang aneh ya :)

@Hary: Sip mas, anda memang bijaksana. Berusaha menyikapi suatu masalah dari sisi positif.terimakasih sudah berkunjung.

Salam sukses!

MR.XXX mengatakan...
on 

Thank Bosss

Ricky mengatakan...
on 

@Asep mukri: sama-sama bos, terimakasih sudah berkunjung :)

bisnis internet mengatakan...
on 

Sebuah pohon besar tahu bagaimana cara berdiri tegak ditengah hembusan angin yang kuat. Tumbangnya sebuah pohon yang sudah sangat besar pasti akan menyisakan akar-akar kuat yang siap tumbuh kembali.

Ricky mengatakan...
on 

@bisnis internet: sip, oke :)

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET