Affiliate Kakilima (Bag.3) : The Power of Management

Melanjutkan sebuah pertanyaan yang saya lontarkan pada akhir artikel Affiliate Kakilima (bag.2), atau klik disini dahulu bila sobat belum membaca, setelah surving kesana-kemari untuk mencari jawaban yang bisa memuaskan, akhirnya oh akhirnya…saya menemukankan sebuah artikel menarik berjudul “Taktik Kuda-kuda Affiliate” pada blog jokosusilo, yang secara kebetulan ternyata bisa saya jadi referens jawaban untuk pertanyaan tersebut.

Oke sobat, tidak berlama-lama…Bila mengacu pada nilai 'CR', mengapa dalam Program Affiliate Kakilima meskipun sudah meggunakan metode dan produk yang sama hasil setiap Marketer bisa berbeda ?,

Mungkin sebagian dari kita menjawab bahwa memang itulah rezeki masing” orang dari Yang Maha Kuasa:), sebenarnya tidak ada yang salah dengan jawaban tersebut. Tapi bila kita sedang berbicara dalam lingkup bisnis, maka jawaban tersebut bisa dikategorikan dengan kata malas atau menyerah…Karena pada roda bisnis, besar kecilnya hasil seseorang sangat dipengaruhi oleh bagaimana strategi orang tersebut me-manage dirinya sendiri. Dalam segala hal…

Sebenarnya apa itu manajemen kenapa bisa berpengaruh besar terhadap kehidupan manusia ?

Manajemen. Secara sederhana orang sering mengartikan istilah ini sebagai aturan/mengatur/pengaturan atau secara garis besar bisa juga disebut sesuatu yang berhubungan dengan pengelolaan. Tahukah anda, bila menilik dari sejarahnya, ternyata 'usia' manajemen sama tuanya dengan peradaban di Yunani kuno dan kerajaan Romawi, ini diperkuat dengan penemuan berlimpah-limpah bukti dari manajemen dalam arsip sejarah pemerintahan, tentara dan pengadilan-pengadilan (Terry, George, 1992:3). Meninjau dari sejarah yang panjang ini, menjadi salah satu indikator yang menunjukkan bahwa peran manajemen ini tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia yang disebut sebagai makhluk sosial.

Oke sobat..kita tidak sedang membahas secara luas definisi dari manajemen, tapi lebih spesifik apa hubungan manajemen dengan perbedaan hasil akhir dalam Program Afilliate Kakilima ?

Dalam bisnis Affiliate Kakilima, The Power of Manajemen atau kekuatan manajemen merupakan suatu proses yang dapat memberikan perbedaan hasil mencolok antara satu affiliate dengan affiliate yang lain. Kekuatan manajemen disini bukan hanya terbatas pada pengelolaan keuangan saja akan tetapi dalam pengertian yang lebih luas..termasuk pengelolaan emosi (keinginan) dan pengelolaan waktu. Yang semua itu bisa diartikan cara kita mengatur diri sendiri, tanpa ada paksaan dari pihak luar.

Agar lebih jelas, akan kita bahas satu persatu :

Manajemen Keuangan. Bagian ini bisa dikatakan sebagai inti dari maju mundurnya seorang affiliate, yang dapat membedakan dengan affiliate yang lain. Karena pada tahap ini seorang affiliate dituntut untuk bisa memanfaatkan uang dengan cerdas. Contoh, mana yang anda pilih antara dapat untung 1000 minggu depan atau 100 nanti malam?. Satu kesimpulannya adalah produk kita sudah pasti terjual, hanya sekarang masalahnya kita dihadapkan pada 2 potensi keuntungan berbeda. Bila kita melihat dari besar kecilnya nominal uang tentu akan memilih untung 1000 minggu depan, tetapi bila kita mengacu pada perputarannya maka pilihan jatuh pada nomor dua.
Beberapa affiliate secara cerdas menggunakan strategi kedua untuk meningkatkan profit mereka dengan cara memutar uang secepat-cepatnya, dengan harapan nilai nominal uang akan semakin kecil dan penjualan akan semakin cepat. Salah satu contoh sederhana ini bisa menjadikan perbedaan hasil yang mencolok antar affiliate yang satu dengan lainnya.

Manajemen Emosi. Merupakan tahap yang seringkali bisa menjerumuskan seseorang affiliate pada kegagalan, karena disadari atau tidak emosi setiap manusia pasti berbeda-beda. Dalam affiliate kaki lima pengelolaan tingkat emosi sangat penting, karena bagi seorang affiliate strategi pemasaran bisa mempengaruhi hasil penjualan. Disinilah pengelolaan emosi memainkan peran, setiap pengambilan keputusan seorang affiliate sangat di pengaruhi pada tingkat emosi mereka saat itu. Dengan pengelolaan emosi yang baik seorang affiliate akan tahu cara mengatur waktu untuk maju dan kapan saat yang tepat untuk bertahan diposisi mereka. Pada tahap ini seringkali sangat menentukan perbedaan hasil akhir penjualan sebuah produk.

Manajemen Waktu. Bila kita sedang membahas pengelolaan waktu maka tak akan lepas dari aktivitas. Pada tahap ini seorang affiliate harus cerdas dalam membagi waktu berdasarkan skala prioritas kegiatan mereka. Belum tentu seorang affiliate marketer yang seharian didepan internet menghasilkan uang lebih banyak daripada affiliate yang hanya 2-3 jam on line. Seorang affiliate yang cerdas tahu bagaimana cara memanfaatkan waktu yang singkat untuk mendapatkan hasil yang lebih besar dari para kompetitornya. Masalah manajemen waktu bisnis on line pernah diulas oleh sahabat saya M.Irwan Santika silahkan kunjungi bila sobat belum membaca.

Sebenarnya masih banyak faktor yang bisa membuat perbedaan terhadap hasil akhir antara affiliate yang satu dengan yang lainnya, meskipun mereka menggunakan metode dan produk yang sama, Tapi tiga tahapan manajemen diatas saya rasa sudah cukup mewakili. Bila sobat ingin lebih jauh mempelajari manajemen silahkan kunjungi blog milik yudhia antariksa.

Sebagai ending, pada dasarnya Seorang Affiliate yang cerdas dalam bisnis internet tahu kapan mereka harus mengambil keputusan yang tepat untuk segera menghasilkan uang banyak dalam waktu yang singkat. Tapi apapun metode pemasaran yang mereka pakai, mungkin pada intinya kita bisa mencontoh prinsip sebagian orang sukses yang selalu

Menggunakan Uang untuk Menghasilkan Lebih Banyak Uang


...Nama saya Ricky, Terimakasih dan Sampai jumpa pada artikel selanjutnya...


Comments :

22 komentar to “Affiliate Kakilima (Bag.3) : The Power of Management”

Zamahsari mengatakan...
on 

betul mas ricky. Satu guru, satu ilmu tapi klo diadakan test ujian hasilnya pasti berbeda.

dadang firdaos mengatakan...
on 

memang semuanya tidak lepas dari
input --> proses --> output
terus dan terus, selagi tetap berusaha...
=====================
mau bagus dibagian manapun semuanya berakhir dari itung2an. itung2an duit atau juga itung2an pahala.
=====================
Yang penting bisa bahagia dalam setiap langkah yang ada...
=====================
sukses untuk Mas Ricky

Umar Puja Kesuma mengatakan...
on 

Menarik sekali kalimat singkat terakhir di artikel ini.
“ Mengeluarkan Uang untuk Menghasilkan Lebih Banyak Uang ”

Rasanya ini bagian dari salah satu teknik managemen bisnis. Dan menurut saya hal itu cukup adil dan baik, asalkan dimanage secara profesional.
Kita boleh saja beralibi untuk mempertahankan teknik marketing kita, namun apa salahnya mencoba sedikit mengubahnya dengan satu penawaran yang menarik ini.

Sebagai bandingan, kenapa pabrik rokok yang jor-joran dalam iklan dan promosi tetap saja survive bahkan semakin profitable. Padahal logika konvensional umumnya akan mempersepsikan kerugian besar, tapi nyatanya kan tidak.

Salam Istinewa!

Ricky mengatakan...
on 

@Zamashari: Setuju mas zams, karena pada saat action setiap orang punya strategi sendiri", meskipun teori yang dipakai sama.

@Dadang firdaos:
finalnya ada dioutput, tapi intinya bagaimana strategi pada saat proses.
============================
Setuju mas, itung"an bisa digunakan sebagai salah satu strategi dalam analisa dan evaluasi sebelum kita mengambil tindakan lebih lanjut.
============================
Itulah yag harus kita lakukan setiap melangkah mas,
============================sukses juga buat mas dadang.

@Umar P.K: Itu adalah salah satu point dari artikel diatas, dan komentar pak guru telah melengkapi. Memang benar yang yang dikatakan teman" disini bahwa mas umar memang selalu bisa dijadikan inspirator.

-salam istimewa-

ARIEF MAULANA mengatakan...
on 

Management itu penting sekali (mentang2 trainer manajemen mahasiswa neeh). Itu yang bisa membuat hidup kita teratur dan sistematis dalam langkah-langkah merain sukses...

Thanx for the article...
salam sukses,
BLOG MOTIVASI ARIEF - Support Your Success for a Better Life

Ricky mengatakan...
on 

@Arief M :
Abraham maslow dalam teori hierarki kebutuhan mengatakan : Untuk dapat merasakan nikmat suatu tingkat kebutuhan perlu dipuaskan dahulu kebutuhan yang berada pada tingkat di bawahnya. Itulah mengapa manajemen bisa membuat hidup kita teratur dan sistematis.
Terimakasih sudah berkunjung mas.

-salam sucses-

TITIK S mengatakan...
on 

management Emosi.... bagus mas Ricky ... dimanapun kapanpun ..management emosi sangat diperlukan ....

Ricky mengatakan...
on 

@Titik: Yap betul bu, itulah yang dapat membimbing diri kita menuju arah ketenangan batin dalam meraih keinginan.

-salam sukses-

sumartono mengatakan...
on 

Kalau boleh saya tambahkan Mas Ricky, Manajemen Resiko juga tidak kalah pentingnya dalam bisnis ini. Karena dengan mengantisipasi resiko yang akan datang terlebih dahulu, maka kemungkinan hal-hal yang pahit atau menurunlan margin laba bisnis kita akan mudah diminimalisir.
Posting yang bagus mas, sukses buat anda dan keluarga anda.

Irwan M Santika mengatakan...
on 

Selamat siang mas Ricky.

Senang sekali sya bisa kembali blogwalking setelah beberapa hari sya melakukan kegiatan sampingan.

Mas ricky sudah membuktikan bahwa manajemen bisa dilihat dari berbagai sisi, tidak hanya menyangkut masalah mendatangkan income saja , tetapi justru menyangkut tentang bagaimana mencarai jalan atau kendara'an yang dapat menjemput peluang sebagai sarana untuk mendatangkan income.

Serta betapa pentingnya menjaga stabilitas terhadap apa yg telah kita capai.

Memanfa'atkan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual sangat perlu diterapkan, seperti yg di tulis dalam buku ESQ. karena kesenangan dalam mencapai hal2 yg diinginkan sangat relatif bagi semua org. salam.

Ricky Nova Iskandar,S.Sos, mengatakan...
on 

@Sumartono: Terimakasih tambahannya mas, seperti yang pernah ditulis oleh pak joko. Kita juga wajib meminimalisir resiko bisnis.
Sukses juga untuk anda dan keluarga dicilacap

@Irwan M.Santika: Selamat datang kembali didunia on line mas, memang akan menghasilkan perpaduan yang dasyat bila kita berhasil menjalankan ketiga metode diatas + 1 tambahan metode dari mas sumartono. Mas Irwan yang sudah berhasil memadukannya :-)

-salam sukses-

onabunga mengatakan...
on 

jadi ingat gaya rommy rafael kalau pamitan. hehe, ketahuan kalau suka nonton the master...

menarik... terutama manajemen emosinya. faktor ini seringkali luput dari perhatian. tapi justru dia memberikan pengaruh paling besar. ya tho...

Ricky mengatakan...
on 

@Ona bunga : hehe..sepertinya sulap bisa menjadi sebuah peluang industri bisnis internet juga mba :)

Yap betul mba, sebaik-baiknya rencana yang kita buat dan jalankan, hasil akhirnya akan sangat dipengaruhi kejelian kita dalam membuat berbagai keputusan yang tepat. Pada tahap ini faktor emosi bisa sangat dominan.

-salam sukses-

Rendy BlogHeboh "Blog Dofollow" mengatakan...
on 

Artikelnya bagus dan menarik..
hehehe..

ngomng2 silahkan berkunjung ke BLOG HEBOH dan berkomentar ria ya, soalnya BLOG HEBOH make sistem Dofollow

Oh iyah satu lagi gabung jadi pengikut saya yah..
Di tunggu yah kedatangannya,.

http://blogheboh.blogspot.com/

Joko Susilo mengatakan...
on 

Tentang manajemen waktu ini, kuncinya adalah pada diri kita. Bagaimana agar kita bisa mematuhi jadwal kerja yang sudah kita buat.
Salam ACTION!

Ricky mengatakan...
on 

@Rendy : Terimakasih sudah berkunjung mas, oke langsung ke TKP.

@Joko Susilo : Terima kasih inputnya pak, sangat benar bahwa kita harus jujur dengan diri sendiri dengan mengikuti aturan yang sudah kita buat sendiri.

-salam sukses-

toufan mengatakan...
on 

Sebuah konsep yang menarik, dan kesimpulan terakhir yang saya rasa PANTAS diacungi jempol adalah tulisan mas ricky soal "menggunakan uang untuk mengahasilkan banyak uang". Terkadang ini yang susah diterapkan, seoarang pedagang akan menyimpan hasil Labanya tanpa mau menyisihkan sedikit utk diputar lagi, misal untuk menambah aktifitas promonya dengan pasang iklan lebih banyak. Padahal Iklan akan mempersingkat langkah kita dalam mempromosikan blog/produk kita. Salam blogger :-)

Ricky mengatakan...
on 

@Toufan: Ya benar mas, itulah mengapa banyak orang bilang bila mau sukses harus prihatin dulu diawal.
Menggunakan keuntungan sebagai modal tambahan merupakan cara cerdik berbisnis dan salah satu wujud keprihatinan kita.

-salam sukses-

Muklis|BBM mengatakan...
on 

Wah Mas Ricky jadi ingat tentang Time Management, karena di offline itu hal wajib yang harus saya terapkan untuk memanage semua pekerjaan saya dari datang sampai pulang, baik untuk merchandie maupun sdmnya, di online baru uji coba, mantep Mas salam sukses ya

Ricky mengatakan...
on 

@Muklis: Pengalaman yang bermanfaat mas, semoga keberhasilan anda dalam mengatur waktu didunia offline, bisa diaplikasikan juga dalam bisnis on line.

-sukses selalu untuk BBM-

bisnis internet mengatakan...
on 

manajemen emosi adalah inti dari segalanya, kesuksesan sepenuhnya bisa kita kendalikan dari diri sendiri.

Ricky mengatakan...
on 

@bisnis internet: Sepakat mas, pengendalian diri adalah salah satu langkah kesuksesan yang barokah. Thanks for sharing.

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET