Cukup intermezzonya ya :)...Apakah anda sering risih melihat email-email secara tidak beraturan menumpuk didalam inbox, misalnya dari followers blog, RSS Feed, program affiliate, teman facebook, friendster, spam dsb ?..Disadari atau tidak sebenarnya masalah ini bisa mengganggu dalam menajalankan bisnis internet lho, seringkali justru ada beberapa pesan penting jadi terabaikan karena banyaknya email yang masuk dalam inbox.
Pertanyaannya, adakah solusi untuk mengatasi masalah tersebut ?
Yes!, sebenarnya ada sebuah solusi untuk mengatasinya yaitu meyusun email yang penting pada masing-masing folder sesuai dengan kategorinya...Masih bingung ?,
Oke...biar ga tambah bingung,langsung dijelaskan pake contoh saja ya...
Katakanlah saat ini saya akan menyusun email yang berasal dari aktivitas blogging pada satu folder yang diberi nama Sahabat Blogging. Dalam folder tersebut akan tersusun setiap email yang berasal dari komentar diblog ini, respon komentar dari blog lain, followers & RSS Feed yang saya ikuti dsb. Maka berikut langkah-langkahnya:
1. Sign in yahoo mail dengan user_id dan pasword yang benar :)
2. Buatlah folder baru dengan cara klik link “ADD” yang terletak disamping “My Folder” (untuk tampilan new yahoo). Selanjutnya beri nama folder tersebut, misalnya Sahabat Blogging.
Sekarang kita sudah memiliki folder baru dengan nama “Sahabat Blogging”, langkah berikutnya adalah mengaturkan email-email pilihan yang ingin diarahkan ke folder tersebut. Caranya sebagai berikut :
3. Klik link Options – Mail Options yang terletak dipojok kanan atas (No.2 pada gambar diatas).
4. Pada halaman berikutnya silahkan anda pilih link bertuliskan “Filter” yang berada disebelah kiri, kemudian klik link “Create or Edit Folder”.
5. Selanjutnya Klik Add untuk memasukan nama yang ingin diarahkan ke folder tersebut.
6. Jika benar anda akan dibawa kehalaman "Add Massage Filter"
7. Pilihlah satu nama yang terletak pada kolom “Form” diinbox atau spam. Misalnya pada gambar paling atas (dilingkari biru) saya pilih email replies di kolom inbox yang berasal dari blog mas fadlymuin, pertama-tama saya isi kolom "Filter Name" dengan tulisan From : Fadly Muin.
8. Selanjutnya masukan nama yang anda pilih dikolom "From header – Contains – Nama" (gambar no.1). Pada contoh diatas menjadi Form header – Contains – fadlymuin (penulisan nama yang ingin diatur harus sama)...misalnya nama pada kolom inbox fadlymuin, maka saya tulis dikolom form header adalah fadlymuin (perhatikan kesamaan penulisan huruf, spasi, dan tanda baca).
9. Setelah itu arahkan nama tersebut ke folder yang sudah kita buat dengan cara tekan scrool “Chose Folder” dikolom Move the massage to (No.2 pada gambar), kemudian pilih folder yang telah kita buat. Contoh diatas saya memindahkan nama fadlymuin didaftar inbox ke folder Sahabat Blogging.
10. Tekan Add Filter – Selesai.
* Jangan lupa lakukan test, apakah nama yang anda pilih sudah mengarah pada folder yang sudah dibuat. Jika belum, coba cek lagi kesamaan penulisan nama di Form Inbox/Spam dengan nama di From Header - Contain.
Bagaimana sobat lebih paham ?, anda bisa ulangi langkah-langkah diatas bila ingin mengumpulkan nama pada satu folder. O iya, Tips diatas juga bisa digunakan bagi sobat yang mengikuti situs jejaring social, program affiliate, dsb. Misalnya anda ingin mengumpulkan semua prospek dari beberapa program affiliate pada satu folder bernama Affiliate Prospek atau yang lainnya.
Sekian dulu sobat, semoga bisa membantu. Bila ada yang ingin menambahkan saya tunggu komentarnya ya :)
Up date : Silahkan klik disini untuk melihat versi Blog Tips : Organisir Google Mail
Saya ricky, Terimakasih dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya..
P.S: Untuk memperjelas gambar, klik mouse anda pada gambar.
wah.. pertamax nih mas...
segera ke TKP.. lagsung praktek...
terimaksih mas ricky atas tips nya..
nice post mas...
Tipsnya bermanfaat mas Ricky. email masuk terkadang bikin ribet apalagi kalau tidak teratur.. dengan tips ini saya rasa kegiatan bisnis internet akan makin menyenangkan.
Salam Hangat Sobat
Tips keren untuk mengatur dan mengoptimalkan email kita. Dengan penambahan folder memudahkan kita untuk mengarsip email yang masuk sesuai kepentingan kita.
Salam ACTION!
tipsnya udah lama gua coba, emang bermanfaat banget. apalagi jika trafik email yang masuk ke kita lumayan banyak. thanks atas infonya. maen ke blog aku donk! :)
Saya agak tidak konek dengan tipsnya Mas. Maklum,email-email saya nebengnya di gmail. Ada satu yang nebeng di Yahoo tapi dah lama gak terpakai.
Tapi boleh juga tipsnya dipelajari nih. Yang jelas sangat bermanfaat untuk mengorganisir email dengan baik.
Salam Istimewa!
baru 1 hari saya baca artikel pak ricky. Eh muncul lagi yang baru.memang benar pak ricky suka repot kalau lht email yg masuk berantakan apalagi kalau salah pecet utk balas email. Udah pernah saya coba pak dl . Thaks atas infonya pak. Saya tunggu artikel selanjutnya.
@Tri wahyudi: terimakasih sudah menjadi yang pertama mas, selamat mencoba..semoga bermanfaat :)
@Fadly muin: Oke mas, terimakasih atas kunjungannya...salam hangat kembali.
@Joko susilo: Betul pak, mengatur ruang kerja adalah salah satu trik untuk memperlancar aktivitas bisnis kita. Terimakasih dan mohon bimbingannya pak.
Ricky
Businessman
Ilmu baru nih Mas Ricky. Terima kasih kuliahnya di malam hari ini, di saat udara kota Bekasi sangat cerah. Bagaimana hawa gunung slamet? Lama nih gak pulang Cilacap, biasanya lewat Purwokerto.
@marurat.com: oke mas, langsung ke TKP..
@Umar P.K: Wah kebetulan mas umar, insyaallah posting selanjutnya tentang organisir Google mail...semoga tidak ada halangan ya :)
@Heru: Wah, selamat ya pak heru,..terimakasih sudah berkunjung.
Ricky
Businessman
@Sumartono: heheh..mas sum memang paling bisa becanda, wah digunung slamet lagi suka hujan nih mas. Boleh tuh kapan-kapan mampir ke desa saya, tar ta suguhin mendoan hangat sama bandrek :)
salam sukses
Saya punya email di yahoo sejak th 2000. Belakangan ini gak saya pk lg krn pusing kl lihat inboxnya yang jumlah emailnya nyampek ribuan dan campur aduk kayak pecel disitu. Tp dengan tips dr mas ricky ne kyaknya bakal kepakek lg neh.
Thanks f' de great tips mr.bisnisman hehe
@Ahmad: Wah campur aduk kaya pecel enak dong mas..hehe, sama-sama mas ahmad semoga bisa membantu :)
Ricky
Businessman
nice tips mas. Keteraturan memang memudahkan hidup kita, terutama saat harus mencari hal2 yg sering ketelesut! Hahaha
@Blog motivasi arief: benar mas, bekerja dengan teratur bisa meningkatkan efektivitas kerja lho...btw ketelesut = ketelingsut kan.. :)
Sip Mas infonya,.. sy juga bikin folder sendiri2 buat ngatur biar gk brantakan.. nah klo ada kiriman yg kira2 gk kenal langsung lempar dulu smentara ke box spam.. hehe..
Btw, link dh sy add.. thank ya..!
saya jarang sekali menggunakan email yahoo tapi ada 2 akun di sana. membaca tulisan ini saya ingin maksimalkan lg keduanya. masih aktif namun tidak terorganisir. thanks atas pelajarannya.
@Benny Andhika: Sip mas benny, terimakasih sudah berkunjung...
@Haris: Sama-sama mas haris, semoga membantu dan terimakasih sudah berkunjung ya :)
Ricky
Businessman
emang kalo lagi cari sesuatu nggak ketemu, karena ulah kita sendiri bikin repot.
jadi segalanya harus teroganisir supaya lancar kerjaan kita
sukses mas Ricky
@Candradot.com: Sip mas, mengatur ruang kerja adalah salah satu cara mempermudah pekerjaan kita..
salam sukses
yach jadi terakhirxxx, gpp. anyway nice posting. Salam persahabatan ya,mas
sip....
salam kenal ya?
http://www.formulabisnis.com/?id=07110081
@Aguscwid: belum yang terakhir kok mas, tenang saja..hehe..salam persahabatan juga mas agus
@Humaini: salam kenal kembali mas humaini
Terimakasih untuk tips nya, selama ini saya memindahkan email kedalam folder2 tersebut secara manual (Move to..) tapi sekarang saya akan coba dengan cara baru ini, pasti lebih praktis
@David: Sama-sama mas, semoga membantu.
waduh kayaknya ribettuh...kalo aku sih delete delete aja deh...tapi infonya oke juga tuh mas ! thanks
biasanya kalau aku nyari email yang sudah lama, pakai search.. semisal seperti passward ikutan program diinternet dll. dengan info ini bisa lebih mudah nih mas Ricky.. thanks infonya
@Angga chen: oke mas, yang ribet-ribet kalo bisa dipecahin mengasyikan lho..sama-sam mas.
@zams: oke mas, semoga membantu.
Ricky
Businessman
wahhh langsung praktek nih!!!
Silahkan mas, semoga bermanfaat..terimakasih sudah berkunjung :)
wah, info yg bermanfaat...emg kdg jadi capek harus hapus email yg g perlu, ditunggu bwt yg gmail ya mas...
@mr.ip : oke mas, kebetulan memang ada rencana buat yang g-mail..terimakasih sudah berkunjung..
Simple tips, tapi sangat berguna. Apalagi yang traffic e-mailnya bisa ratusan atau bahkan ribuan per harinya.
Btw, saya pakainya Gmail. Harusnya tidak berbeda jauh dengan ini ya. Thks mas.
@Adi F. Paputungan: Betul mas, untuk G-mail insyaallah akan saya posting pada artikel selanjutnya. Terimakasih sudah berkunjung.
Prinsipnya sama dengan yang di outlook ya bos...
Hhhmmm..., Sip!
@Hade: Mungkin kurang lebihnya seperti itu bos, terimakasih sudah berkunjung..Hanya merapikannya dalam folder-folder tertentu.
salam sukses