Seluk Beluk Affiliate Marketing

Beberapa waktu lalu saat sedang duduk santai di depan rumah, tiba-tiba saya dihampiri oleh dua orang pria dan wanita muda berpakaian rapi warna hitam putih. Setelah dekat mereka lalu menegur dan langsung bertanya “pagi mas, mau survey kompor gas…”. Oohh., sales gas pikir saya. Biasalah, paling malas kalo kedatangan sales-sales gas yang suka memaksa masuk tapi buntut-buntutnya nawari regulator,dsb…Akhirnya saya tolak saja, dan mereka pun pergi.

Setelah itu, saya sempat berpikir..Hmm..melelahkan juga ya jadi sales, keliling kota seharian hanya untuk mendapatkan komisi yang mungkin tidak bisa mencukupi biaya hidup mereka

Tapi, disadari atau tidak sebenarnya profesi ini sangat digemari para marketer online lho. Yup..mereka mengistilahkan profesi ini sebagai affiliate marketer

Sebenarnya apa sih affiliate marketing itu ?, dan darimana program itu berasal ?

Ok sobat, beberapa pihak mengartikan affiliate marketing atau program afiliasi adalah sebuah model pemasaran yang dilakukan oleh seorang pemilik produk, dengan cara membayarkan komisi kepada siapa saja yang berhasil menjual produk mereka kepada pihak lain, istilah untuk sistem ini adalah CPA (Cost Per Action).

Tapi tahukah anda dimana pertamakali model pemasaran seperti ini dipraktekan ?,

Dari beberapa penelusuran yang saya lakukan menyebut sejarah affiliate marketing atau program afiliasi sebenarnya diawali pada tahun 1994 oleh sebuah toko musik online bernama CD NOW dengan alamat situs www.CDNow.com., yup mereka adalah situs pertama yang berani membayar situs lain untuk membawa atau mengarahkan pengunjung (traffic) ke situs tersebut.

Barulah di tahun 1996 “Raksasa” toko online bernama amazon.com mulai mempelopori model pemasaran ini, dan pada mulanya hanya dikenal sebagai program bersama atau program patner. Tidak berselang lama, ternyata amazon berhasil mengembangkan secara luas program affiliate menjadi salah satu model pemasaran yang sangat digemari oleh para pelaku bisnis internet.

Lalu bagaimana dengan Indonesia sendiri, sejak kapan program afiliasi mulai masuk dan dipopulerkan ke Indonesia ?

Mungkin tidak ada kepastian sejak kapan program afiliasi masuk ke Indonesia. Tapi pada salah satu perdebatan di sebuah forum online, pernah tercetus bahwa orang yang pertamakali mempopulerkan model pemasaran afiliasi di Indonesia adalah Joko Susilo dengan sistem reseller untuk pemasaran produk onlinenya. Entah sampai sejauh mana kebenaran berita tersebut..Tapi yang jelas saat ini pemasaran model afiliasi merupakan jenis yang sangat disukai oleh para merchant maupun para affiliate.

Ok sobat, sekian dulu sedikit cerita tentang seluk beluk program afiliasi. Pembahasan ini akan kita sambung ada artikel selanjutnya ya,...Bila ada yang ingin menambahkan atau merevisi monggoh silahkan, kita sama-sama belajar dan stop dreaming start action.

semoga bermanfaat.

Saya Ricky, terimakasih dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.





Sumber : majalahim.com - sumber informasi perniagaan internet malaysia

Comments :

26 komentar to “Seluk Beluk Affiliate Marketing”

Benny Andhika mengatakan...
on 

mantab mas seluk beluk mengenai affiliate marketing nya, mungkin yang harus dijelaskan lagi siapa pencutus pertama penyebut kata2 "affiliate Marketing" dari mana asal mulanya kata itu terbentuk, dsb.. :) yang penting keep action.!! hehe..

Salam Sukses.

Ricky mengatakan...
on 

@Benny Andhika: gubrakk..coba tar di cari lagi ya mas, tapi yang pasti bukan mbah surip..heheh..

salam sukses juga

heru mengatakan...
on 

kalau menurut saya pak ricky pencetusnya adalah goyang inul =))
salam action

Ricky mengatakan...
on 

@Heru: wah pak heru bisa aja...hehe

rudy azhar mengatakan...
on 

Saya kok jadi tergerak untuk mbahas sales kompor gas tersebut, kadang saya merasa kasihan juga liatnya Mas...
Kalau saya sering saya beri kesempatan mereka untuk bicara, ngecek kompor gas kita tapi ujung-ujungnya kalau disuruh beli ini itu ya saya tolak juga, biar mereka ada laporan kerjanya aja gitu.
itung-itung tolong mereka mensurvey...
kalau masalah affiliasi belum ada komentar Mas, masih saya pelajari lebih lanjut masalah pertama kali affiliasi diperkenalkan di Indonesia...
Thanks infonya.... :)]

Ricky mengatakan...
on 

@Rudy azhar: Terkadang saya juga suka kasihan mas, tapi sayangnya sekarang banyak sales kompor gas yang menawarkannya maksa. Pernah kejadian bilangnya dibersihin..Setelah itu kompor dibongkar, lha kok malah jadi bermasalah sekalian..Maka itu saya suka antipati sama sales-sales itu akibat ulah beberapa oknum,.

Terimakasih mas Rudy,ditunggu kabar selanjutnya ya...

st_hart mengatakan...
on 

hmm, ternyata program affiliasi pun ada sejarahnya juga ya...trims mas infonya..

lagi usil mengatakan...
on 

hehe, pemasaran affiliasi itu mau offline, mau online tetap melelahkan... tapi tergantung yang menjalani juga sih :)

yanuar mengatakan...
on 

wah semakin mantap nich artikel mas...sukses selalu ya......

Ricky mengatakan...
on 

@st_hart: oke mas,semoga bermanfaat :)

@lagi usil: Bilanya cuma satu mas, di off line keliling dengan kaki, kalo di an line dengan tangan... terimakasih

Ricky mengatakan...
on 

@yanuar: oke mas, terimakasih :)

Bang Dje mengatakan...
on 

Istri saya juga pernah dikerjain sama orang yang mengaku mo survey kompor gas. Awalnya ditolak tapi dia bilang mo ngecek tabung gas. Setelah dibukakan pintu tahu2 tanpa diminta "menservis" kompor gas yang tidak ada keluhan sama sekali. Setelah itu minta bayaran 20rb per tungku, jadi total 40rb. Istri saya menolak. tapi karena takut (mereka dua orang sedang istri sendirian dan sedang dalam kondisi lemah karena sedang hamil anak pertama) akhirnya membayar 20rb.
Sepulang saya kerja, istri cerita sambil agak takut karena yang dipakai adalah uang belanja. (kondisi kami waktu itu masih sangat pas-pasan sehingga uang 20rb begitu terasa sangat berarti).
Saya memeluknya, menenangkannya dan mengganti uangnya serta berpesan untuk lain kali tidak memberi pintu untuk orang2 spt itu.
Hal-hal semacam inilah yang menjatuhkan citra sales itu sendiri. Untuk survey semacam itu biasanya bikin janjian terlebih dahulu dan tidak mendadak spt itu. Semoga ini jadi pengalaman bagi yang lain.

Ricky mengatakan...
on 

@Bang Dje: Benar bang dje, memang sangat disayangkan ya karena ulah beberapa oknum, bisa merusak citra kelompoknya...Ini juga terjadi pada bisnis affiliate di Indonesia, karena ulah beberapa scamers yang melakukan kejahatan menyebabkan rusaknya citra bangsa ini. Contoh: kasus banned oleh clickbank, dll.

haris mengatakan...
on 

Betul juga ya. saya baru tahu seluk beluknya seperti itu. saya dulu pikir pencetusnya amazon, ternyata CDNow.

sekarang ini affiliate network sudah banyak sekali. menjamur di mana-mana dan membingungkan. yang dibutuhkan adalah kejelian dan kehati-hatian.

cerita Bang Dje di atas mungkin sebagai peringatan juga bagi affiliate online. bahwa kalau membuka pintu bagi sebuah program, tahu konsekuensinya. misalnya komisi tidak dibayar. itu bisa terjadi kalau salah pilih program affiliate. thanks mas

Ricky mengatakan...
on 

@Haris: Yang pertama kali menggunakan model pemasaran seperti ini adalah CD Now tapi yang mempopulerkan memang amazon.com mas, jadi sebagian besar orang tahunya pencetus ide ini adalah amazon.

Sepakat mas, untuk meminimalisir resiko memang dianjurkan riset dulu sebelum menentukan pilihan..

Terimakasih

Sumartono mengatakan...
on 

Yang namanya affiliate marketing dalam bisnis online ataupun tenaga penjual dalam bisnis konvensional, mereka adalah ujung tombak. Tapi kadang citranya dirusak oleh oknum yang tidak menghargai pada profesinya. Tapi kita harus bijak dalam menyikapinya. Karena ujung-ujungnya adalah bisnis jadi taruhannya.

Ricky mengatakan...
on 

@Sumartono: Analogi yang mantap mas sum, saya sepakat bahwa seorang leader harus bijaksana dalam menyelesaikan suatu persoalan, karena nama baik adalah harga mati yang harus dipertaruhkan.

salam sukses

Candradot.com mengatakan...
on 

kadang kasian juga ya mas liat sales kompor itu.
belum nawarin apa2 kadang udah ditolak duluan.

info yang sangat berguna tentang affiliate marketing.
sukses mas Ricky

Ricky mengatakan...
on 

@Candradot.com: iya mas, gara-gara ulah sebagian orang menyebabkan kerugian buat banyak orang ya...Terimakasih.

sukses juga buat mas chan :)

Handoko Tantra mengatakan...
on 

Program ini memang banyak digemari para marketer online karena inilah Viral marketing yang sebenarnya...:)

yang pasti di program ini hampir tidak ada biaya sama sekali kecuali kita melakukan pembelian produk. Emang program yang dicetuskan dengan brilian..:)

Mengembalikan jati diri bangsa

Fadly Muin mengatakan...
on 

paling enak baca artikel mas Ricky kalau berkaitan dengan affiliate.. :D

wah ternyata bukan amazon toh pelopor system affiliate itu? baru tau saya.. he he he

dadang firdaos mengatakan...
on 

pasti aja pembahasannya selalu menarik

Bisnis Online mengatakan...
on 

Artikel yang bagus nih ... Boleh diterapkan nih

Ricky mengatakan...
on 

@Handoko Tantra: Benar mas, program afiliasi memang sebuah tekhnik pemasaran yang brilian, sepertinya ada unsur-unsur metode MLM juga didalamnya.

Ricky mengatakan...
on 

@Fadly Muin: Benar mas, menurut beberapa kalangan amazon.com hanya mempeloporinya saja hingga populer. Terimakasih

Ricky mengatakan...
on 

@Dadang firdaos: haha..bisa aja mas.Btw mas dadang kemana aja jarang muncul. salam sukses mas

@Bisnis Online: silahkan mas, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET