Apa itu Hosting ?

Menurut wikipedia.org hosting atau web hosting adalah adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user

Helo sobat, penjelasan diatas merupakan definisi dari web hosting. Bila kita sedang berbicara masalah web hosting maka secara tidak langsung akan menghubungkannya dengan domain. Yaa, secara garis besar domain dan hosting memang merupakan salah satu komponen utama dari sebuah website.

Bila domain adalah nama website maka hosting adalah tempat menaruh file-file sebuah website agar dapat ter-akses di internet. Sebagai contoh, bila anda mengunjungi affiliatebussiness.com maka anda akan melihat berbagai jenis tampilan visual sebuah website dimana terdapat tulisan, gambar, kolom opt in form untuk mengisi email, dsb.

Nah pada contoh diatas, kita bisa merumuskan bahwa sebuah website terdiri dari beberapa komponen. Diantaranya yaitu :
affiliatebussiness.com adalah sebuah domain, yaitu nama dari website tersebut.
Tampilan-tampilan visual yang anda lihat disana merupakan konten atau isi website dalam bentuk file-file yang sudah di upload atau dimasukan ke dalam server hosting.

Banyak profesional marketer mengilustrasikan hubungan domain dan hosting layaknya sebuah toko. Domain bisa diumpamakan nama toko sedangkan hosting merupakan bangunan fisik toko, dimana anda dapat meletakkan berbagai macam barang dagangan disana.

Ada 2 fungsi layanan utama yang dijalankan server hosting yaitu HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan FTP (File Transfer Protocol). Secara singkat HTTP berfungsi untuk membantu para pengguna internet mengunjungi situs yang sudah ada di server lewat sebuah web browser, seperti IE, google Chrome atau Fire fox. Sedangkan FTP berfungsi untuk membantu pemilik web mengupload / memasukan file-file website mereka ke server hosting.

Disamping 2 layanan tersebut, biasanya masih banyak fasilitas-fasilitas lain yang disediakan oleh hosting diantaranya menampung list contact pelanggan, autoresponder, email pribadi, dll.

Untuk memudahkan penggunanya, para penyedia hosting biasanya memberikan guide user interface dengan menggunakan fasilitas Control Panel, seperti cPanel. Melalui control panel ini, pemilik website bisa melakukan hampir seluruh pengaturan yang berhubungan dengan sebuah website.

Ok sobat, itu dulu artikel singkat tentang hosting...Masih sangat banyak pembahasan mengenai komponen-komponen sebuah hosting, semoga artikel singkat diatas dapat sedikit menjawab pertanyaan anda mengenai dasar-dasar web hosting. Next time kita coba bahas komponen hosting yang lainnya yah. Silahkan klik [link ini] untuk penjelasan lebih lanjut mengenai domain.

Silahkan kunjungi Hosting Ceria.com salah satu contoh penyedia layanan hosting dan domain.

Kesimpulan :
1. Hosting atau web hosting merupakan salah satu komponen utama sebuah website.
2. Fungsi utama hosting adalah menaruh file-file sebuah website agar bisa di akses oleh pengunjung web tersebut.
3. Dua fungsi utama layanan yang dijalankan server hosting adalah HTTP dan FTP.
4. Fasilitas control panel merupakan kemudahan yang diberikan oleh penyedia layanan hosting untuk para pelanggannya.

Semoga bermanfaat...



P.S : Beberapa penjelasan di ambil dari e-book milik ardhosting.com

Comments :

0 komentar to “Apa itu Hosting ?”

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET