RSS for Blog : Format Terbaik Untuk Subscriber

Seperti kita tahu bahwa ada banyak sekali cara mendatangkan pengunjung ke sebuah blog, diantaranya melalui blogwalking, search engine, social network, link exchange, dan yang lainnya. Nah, dari sekian banyak tersebut ada satu cara yang menjadi rekomendasi para professional marketer online, yaitu mendatangkan pengunjung loyal melalui RSS Feed.

RSS atau Real Simple Syndication adalah file berformat xml untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs berita dan weblog. Tehnologi yang dibangun RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs/web yang menyediakan umpan (feed), biasanya situs yang isinya selalu diganti secara reguler. (*sumber : wikipedia.org)

Bila anda melihat salah satu widget yang terletak dibagian sidebar blog ini dengan judul GRATIS : Berlangganan Artikel Blog Ini. Yup, widget itu merupakan salah satu contoh pemanfaatan tehnologi RSS, dimana anda bisa berlangganan untuk mendapat update artikel blog ini secara berkala langsung pada email yang di tinggalkan.

Nah, itu hanya penjelasan singkat mengenai RSS. Tapi yang ingin saya ulas pada artikel ini adalah format RSS seperti apa yang paling baik diberikan bagi para pelanggan blog.

Secara umum ada 2 pendapat berbeda tentang salah satu format RSS yang berhubungan dengan penyampaian informasi kepada pelanggan blog, yaitu :

1. Memberikan informasi yang hanya bersifat ulasan atau sebagian, kemudian persilahkan para pelanggan datang ke blog kita untuk membacanya secara lengkap.
2. Memberikan informasi secara utuh

Dari dua cara diatas, sebenarnya hanya cara pertama yang menimbulkan perbedaan pendapat pada sebagian blog yang kebetulan membahas tentang RSS. Ada yang mengatakan bahwa cara tersebut sebenarnya kurang benar jika digunakan, dengan asumsi fungsi RSS adalah mempermudah pelanggan untuk mendapat berita/informasi tanpa ‘harus’ mengunjungi sebuah situs secara rutin.

Tapi disisi lain ada pendapat yang mengatakan bahwa pemberian informasi secara singkat merupakan salah satu strategi yang bisa digunakan untuk meningkatkan traffic sebuah blog.

Hmm..bagaimana menurut anda sobat, format seperti apa yah yang sebaiknya kita gunakan untuk para pelanggan blog ?

Bagi saya pribadi kedua cara tersebut sebenarnya bisa kita kembalikan pada tujuan blogging yang sudah dibuat. Bila tujuan blogging semata-mata hanya untuk mendatangkan banyak pengunjung maka format memberi ulasan artikel bisa dijadikan alternatif terbaik. Cara ini memang umum digunakan oleh blog-blog yang besifat komersil atau bisnis.

Tapi bila tujuan blogging kita semata-mata hanya ingin berbagi informasi yang dianggap bermanfaat. Maka memberikan informasi secara utuh adalah langkah yang terbaik, karena hadir atau tidaknya pengunjung tujuan utama kita adalah memberi berita atau informasi yang bisa bermanfaat untuk mereka.

Jika berita yang kita sampaikan dianggap bermanfaat, biasanya mereka tak akan segan untuk datang dan bahkan aktif berinteraksi dengan pengunjung yang lain, pun begitu sebaliknya. Jadi pada intinya selama info yang kita berikan bisa memberi manfaat, jangan khawatir akan kehilangan pengunjung.

Salah satu penyedia layanan RSS terbesar didunia adalah feedburner.google.com. Berikut ini adalah cara memanfaatkan tehnologi RSS pada feedburner :

1. Daftar gratis pada kolom Create an Account, atau jika sudah memiliki google account (gmail, blogger, dsb) anda bisa langgsung log in dengan user + password google account tersebut pada kolom Sign in.
2. Masukan URL blog anda pada kolom Burn a feed right this instant kemudian klik next. Abaikan saja check list I am a podcaster.
3. Pada halaman selanjutnya, pilih saja bullet RSS sebagai sumber feed.
4. Masukan judul blog pada kolom Feed Tiitle, misalnya Peluang Bisnis | Bisnis Internet | Ricky. Dan judul feed pada Feed Address, misalnya The Businessman.
5. Bila sudah muncul tulisan Concrats! Your FeedBurner feed is now live serta feed address sesuai dengan yang dipilih, berarti proses sudah berhasil. Tapi jika belum, mungkin alamat feed yang anda pilih sudah digunakan orang, anda bisa rubah dulu dengan yang lain. selanjutnya klik next.
6. Centang saja semua check list yang ada disana. Klik next.
7. Selesai.

Sekarang anda sudah memiliki feed address di Feedburner, jangan lupa aktifkan dulu fasilitas browser friendly, smart feed dan feed flare pada tab Optimize. Dan berikut adalah sedikit tutorial yang bisa anda gunakan bila ingin memberikan artikel yang sifatnya ulasan saja.

1. Log in google.feedburner.com kemudian klik judul blog yang ingin disetting
2. Pada halaman selanjutnya klik tab. Optimize >> summary burner.

3. Atur jumlah kata atau ulasan yang ingin anda beri ke subscriber pada kolom Maximum Length. Misalnya 400 kata.
4. Pada kolom Teaser anda bisa berikan kalimat yang bisa memancing pelanggan untuk berkunjung. Misalnya “Silahkan kunjungi blog saya, untuk membaca artikel secara lengkap”, dll.
5. Klik Activate. Selesai.

Setelah semua pengaturan selesai, anda tinggal mengambil script RSS untuk di masukan ke salah satu wiget blog, caranya klik tab Publicize >> Email Subcription >> copy script pada bagian Subcription Management dan paste ke widget blog. Atau bisa juga anda baca disini.

Ok sobat, sekian dulu untuk artikel kali ini. Semoga bermanfaat.

Kesimpulan :
1. RSS merupakan sebuah layanan yang mengijinkan pengunjung untuk menerima update berita atau informasi langsung pada email mereka.
2. RSS bisa digunakan untuk meningkatkan traffic blog.
3. Ada dua cara penyampaian informasi yang bisa kita lakukan untuk para pelanggan RSS blog, yaitu memberikan informasi secara utuh atau hanya ulasan saja.
4. feedburner.google.com merupakan salah satu layanan RSS gratis.

O iya, silahkan berlangganan artikel blog businessman dengan cara memasukan alamat email pada kolom RSS yang sudah disediakan.

Best Regards,



P.S : Bila info yang kita berikan menggunakan format ulasan, maka backup artikel via email yang pernah saya ulas {disini} tidak efektif untuk dilakukan.
P.P.S : sumber gambar dari adcet.edu.au

Comments :

46 komentar to “RSS for Blog : Format Terbaik Untuk Subscriber”

T. Wahyudi mengatakan...
on 

thanks mas ricky atas sharingnya... maaf nih... baru mampir....

Deka mengatakan...
on 

Menarik, saya sendiri sudah menerapkan RSS untuk blog pribadi saya walaupun belum sempat saya optimalisasikan secara utuh.

Andrik Sugianto mengatakan...
on 

pertamax kah saya? ya wis mas aq langsung langganan rss blog ini .

Ricky mengatakan...
on 

@T. Wahyudi: sip mas, thanks yah..

Ricky mengatakan...
on 

@Deka: Lho kenapa belum di optimalkan mas ?,

Ricky mengatakan...
on 

@Andrik Sugianto: Ketigax mas, jebakan betmen..heheh..ok, silahkan :)

Muhammad Arifin mengatakan...
on 

bagus infonya bos, mksih ya udah mampir, apa ga di branding dot com aja nih webnya? biar makin caem heeee

belajar investasi mengatakan...
on 

makasih dah sudi mampir bos ... RSS feed memang bagus untuk list building...alhamdulillah saya dah punya 50 subscriber

Ricky mengatakan...
on 

@Muhammad Arifin: Ok mas, thanks masukannya yah. dot com nya udah untuk blog yang lain..hehe..

Ricky mengatakan...
on 

@belajar investasi: Wah, selamat mas.

peluang bisnis mengatakan...
on 

Thanks infonya, sangat bermanfaat

yons mengatakan...
on 

Salam Kenal Mas Ricky...
Artikelnya melengkapi apa yang saya belum pahami tentang layanan feedburner. Trims sharingnya....

heru mengatakan...
on 

terima kasih mas ricky atas sharingnya, salam sukses selalu

Saung Web mengatakan...
on 

Wah dah banyak ya.. punya saya baru 23 nih.. hehe..

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...
on 

saya kok gag paham ya cara pakai RSS feed ini :)

Sugiana Hadisuwarto mengatakan...
on 

Saya mau nanya mas saya sudah nyoba make aplikasi ini namun saya merasa masih belum optimal untuk meningkatkan traffic blog saya.Bagaiman caranya mengeffektifkan penggunaan feedburner ini?
Trima kasih dan salam sukses.

Saung Tani mengatakan...
on 

Mo nyoba nih mas, mudah-mudahan meningkatkan ttraffic blog saya...

iskandaria mengatakan...
on 

Saya belum lama ini memasang form berlangganan feed di blog saya. Manfaat utamanya lebih kepada kemudahan para pengunjung setia untuk memantau artikel-artikel terbaru kita, biar mereka nggak kelewatan dan juga bisa lebih menghemat waktu maupun biaya koneksi internetnya.

buwel mengatakan...
on 

nice sharing... thanks..

a-chen mengatakan...
on 

thanks banget mas, kendala di sayah masih sekitar kemalasan dengan tetek bengek seperti ini, padahal ini bagus khan tuk kemajuan blog... hiks...

Joko Susilo mengatakan...
on 

Menarik sekali ulasananya. Memang dengan menggunakan feedburner yang free bisa dimanfaatkan untuk menyebarkan konten terbaru blog secara otomatis. Hanya saja memang lebih fleksibel lagi jika menggunakan autoresponder sendiri.

Joko Susilo mengatakan...
on 

@Belajar Investasi: gelembungkan terus subscribernya mas biar tambah banyak.

Ricky mengatakan...
on 

@peluang bisnis: ok, sama sama.

@yons: okeas, semoga bisa membantu.

Ricky mengatakan...
on 

@heru: sip mas,

@saung web: wah belum juga kok mas. thanks for visit yah.

Ricky mengatakan...
on 

@Sugiana Hadisuwarto: Sekedar sharing, coba saja optimalkan dulu kunjungan dari para subscriber anda mas. salah satu caranya yaitu rutin lakukan analysis aktivitas pengunjung loyal di web anda. Misalnya jenis artikel seperti apa yang disukai, jumlah klik, download, dsb. Setelah tahu, coba sering-sering tampilkan apa yang mereka suka. Kalau persentase kunjungan loyal sudah mencapai diatas 30% atau lebih dari jumlah subscriber saya rasa sudah lumayan.

Atau mas sugiana punya cara yang lain ?, silahkan disharingkan.

Ricky mengatakan...
on 

@a-chen: Yupz, sayang fasilitas gratis ga dimanfaatkan mas.

Ricky mengatakan...
on 

@Saung Tani: sip mas, silahkan..

@Iskandaria: Yup, fungsi utama dari RSS memang sepeti itu mas. thanks for visit.

Ricky mengatakan...
on 

@Joko Susilo: Benar pak...dengan autoresponder memang terkesan lebih personal. Tapi saya justru belum pernah broadcast artikel blog untuk subscriber pak, mungkin nanti sesekali bila kebetulan temanya masih searah dengan materi yang saya beri. Thanks atas masukannya :).

kikakirana mengatakan...
on 

wah QK jadi bingung... >_<

Ahmad IM-bisnis mengatakan...
on 

sudah pake fasilitas ini, tapi lom dimaksimalkan :)

magic-simple.blogspot.com mengatakan...
on 

thx infonya...

Ricky mengatakan...
on 

@kikakirana: bingung yang mana mna :)

Ricky mengatakan...
on 

@Ahmad IM-bisnis: sip mas, yang penting semangat tho :)

Ricky mengatakan...
on 

@magic-simple.blogspot.com: sip...

suarakelana mengatakan...
on 

saya baru pasang, belum diperhatikan betul manfaatnya
uraiannya lengkap utk menambah pemahaman saya ttg ini
makasih mas Ricky

Joko Susilo mengatakan...
on 

@suarakelana: segera pasang Mas buat menambah pilihan pengunjung untuk mengkonsumsi isi blog anda.

Bonar13 mengatakan...
on 

selamat siang mas Ricky,
kalau ingin melihat video penjelasan simpel dan deskriptif tentang RSS, silahkan kunjungi :
http://bonar13.web.id/2010/01/rss-in-plain-english-with-video/

Salam sukses selalu :)

evan mengatakan...
on 

uraiannya emang lengkap,,, saya belum tahu gmn cara optimalisasinya,, saya dah ngantuk nih mas,, besok saya balik lagi ya ...

Kristanto-wds mengatakan...
on 

Saya belum paham bener tentang RSS dan febuner.... makasih mas sharingnya....

A9YnD1LV3R mengatakan...
on 

Ulasan yang menarik mas. Kalau saya malah menyarankan untuk memasang feedburner untuk para blogger. Agar, saya dapat kembali berkunjung. Hehehe
Sedikit narsis ya? Tapi, itulah yang saya jalani. Mau blog itu baru atau lama umurnya. Pasti saya menjadi subcribernya.

Sebelumnya salam kenal mas!:D

Visit Now:
Motivasi Sederhana|Pengembangan Diri|Blog Motivasi|Motivasi|Motivasi Diri|Tips Sukses|Tips Motivasi Diri

Ricky mengatakan...
on 

@Bonar13: Okey cuy, makasih yah infonya :)

@evan : ok mas, ga papa. thanks for visit...

Ricky mengatakan...
on 

@Kristanto-wds: Coba lihat refrens video yang dikasih bonar13 pada komentar diatas mas, aplikatif tuh. Semoga bermanfaat.

Ricky mengatakan...
on 

@A9YnD1LV3R: Boleh..boleh..narsis yang penting oke mas :)

Yolizz mengatakan...
on 

lhoo komen aku yang tadi ga keluar yah?! yowis diulang lagi...

makasih buat infonya yah, soalnya aku masih belajar juga neehh... :D

bang FIKO mengatakan...
on 

Cuma ada satu yang agak mengganjal... RSS kadang malah membuat orang tidak mengunjungi blog kita. Karena mereka bisa membacanya tanpa datang ke blog kita. Jadi pilihannya adalah langganan pembaca atau langganan pengunjung. Hehehe... Kalau bisa sih dua-duanya.

Ricky mengatakan...
on 

@Yolizz: ok mas, tuh udah keluar :)

@bang FIKO: Yup, idealnya kita bisa raih keduanya mas. Tapi selama informasi yang kita berikan dirasa bermanfaat dan pengunjung blog interaktif berkomentar, saya rasa harusnya tak ada alasan yah untuk mereka tidak berkunjung.

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET