Filezilla FTP Client

Filezilla. Seperti pernah saya ulas pada artikel berjudul - apa itu hosting - bahwa Ada 2 fungsi layanan utama yang dijalankan server hosting yaitu HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan FTP (File Transfer Protocol). Secara singkat HTTP berfungsi untuk membantu para pengguna internet mengunjungi situs yang sudah ada di server lewat sebuah web browser, seperti IE, google Chrome atau Fire fox. Sedangkan FTP berfungsi untuk membantu pemilik web mengupload / memasukan file-file website mereka ke server hosting.

Nah pada artikel kali ini saya ingin berbagi cara mengupload file dengan menggunakan FTP client bernama Filezilla.

Dalam bahasa mudahnya FTP bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk layanan yang berfungsi membantu para pemilik web untuk meng-upload dan mendownload file-file dari PC mereka ke dalam server hosting atau sebaliknya.

Ada beberapa proses pen-transferan file antara PC dan server hosting, antara lain melalui fasilitas Cpanel hosting dan software FTP external. Mengenai cara up-load / unggah file lewat Cpanel hosting sudah pernah saya ulas pada salah satu artikel blog disini. Dan kali ini saya akan ulas cara mentransfer file dengan menggunakan salah satu software FTP client external bernama Filezilla.

Filezilla adalah salah satu dari sekian banyak FTP client berbasis open source yang bertebaran diinternet. Software gratisan ini merupakan sebuah produk yang terbilang lengkap dan banyak digunakan oleh para web desaigner.

Bila belum memiliki software ini silahkan download terlebih dahulu pada http://filezilla.net/download/, dan setelah selesai install software tersebut di PC anda.

Berikut tutorial menggunakannya :

1. Buka Filezilla, dan anda akan melihat ada tiga kolom utama yang bisa di gunakan untuk mengakses FTP, yaitu host, username, password dan port. (point a pada gambar 1).

gambar 1

- Hostname : anda bisa isi dengan nama domain web anda tanpa http://www. (contoh penulisan: affiliatebussiness.com)
- Username : isi dengan user name FTP yang dikirim oleh data center pada saat aktivasi hosting.
- Password : isi dengan password FTP yang dikirim oleh data center pada saat aktivasi hosting.
- Port : biarkan sesuai default atau dikosongkan saja.

Setelah semua kolom diisi tekan enter / quickconnect dan tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan “Directory listing successful”.

2. Selanjutnya akan muncul folder-folder yang ada di server hosting anda pada jendela sebelah kanan bagian “Remote site” (point c). Serta folder yang ada di PC anda pada jendela sebelah kiri bagian “Local site” (point b).

3. Mulai proses upload dengan cara drag dan drop file yang ada pada “Local site” ke arah “Remote site”, atau sebaliknya untuk proses download. Bisa juga dengan cara klik kanan dan pilih upload (point d pada gambar 1).
Untuk proses upload anda bisa arahkan file dari “Local site” pada directory /www di bagian “Remote site”,



sedangkan file-file gambar bisa anda masukan ke directory www >> images.



4. Biarkan proses upload berjalan, anda bisa lihat proses berhasil atau gagal pada jendela paling bawah bagian Queued files, Failed transfers dan Successful transfers.



Bila file sudah terdapat pada bagian Successful transfers berarti proses upload yang anda lakukan berhasil, selanjutnya tunggu beberapa saat dan lakukan test menggunakan browser apakah file tersebut sudah bisa di buka atau belum.(perhatikan besar kecil huruf dan tanda baca penulisan nama file yang anda upload).

Penulisan url pada saat melakukan test di browser :

- http://www.namadomainanda, bila meng-upload file “index”.
Contoh : http://www.affiliatebussiness.com

- http://www.namadomainanda/nama.format file, bila meng-upload file-file lain.
Contoh : http://affiliatebussiness.com/Product.html

Bagaimana sobat, masih bingung ?, silahkan download dulu panduan tutorial diatas dan cara me-manage daftar site pada Filezilla pada link berikut :

=> Tutorial Filezilla <=


Ok, sekian dulu artikel kali ini. Semoga bermanfaat

Best Regards,


Ricky Nova Iskandar


P.S : klik pada gambar untuk memperbesar.

Comments :

2 komentar to “Filezilla FTP Client”

Yan mengatakan...
on 

Makasih infonya ya...

anfal mengatakan...
on 

terima kasih infonya sangat membantu sekali

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET