Plan ‘ B ’ ( story of life )

Sahabatku, pernahkah anda berpikir bahwa hidup adalah sebuah teka-teki..Kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi nanti malam, besok pagi atau mungkin lusa...ya, sampai kapanpun kita tak kan pernah tahu apa yang akan terjadi pada diri kita,..

...Selasa, 10 Agustus 2005 pkl 20.33 WIB...

Tak terasa sudah hampir 4 tahun berlalu...tapi masih teringat benar dimemori saya dinginnya udara malam itu,..Saat itu usia saya masih 24 tahun, dan menurut sebagian teman, saya adalah seorang mahasiswa yang mempunyai aktivitas sangat tinggi dikampus. Aktivis beberapa organisasi lingkup kampus sampai kabupaten, bekerja disebuah perusahaan jasa pariwisata, bagian dari management sebuah band yang sedang rilis album, dan lain-lain..Memang sibuk, tapi semua aktivitas itu saya lakukan dengan enjoy, meskipun terkadang tekanan datang dari sana sini dan semua itu wajar sebagai proses pembelajaran...Sampai pada akhirnya, sebuah peristiwa tak terduga yang terjadi keesok paginya telah merubah total semua rencana dan arah hidup saya..

Sebuah peristiwa yang tidak pernah ada dalam bayangan saya sebelumnya, dan saat itu jauh dalam pikiran untuk mengantisipasinya. Sesuatu telah datang menimpa diri dan kehidupan saya...Sesuatu yang tak pernah saya bayangkan sebelumnya tiba” datang disaat saya membuka mata dari tidur. Ada suatu perubahan besar sedang terjadi pada diri saya..ya, suatu perubahan sangat besar...karena saat itu saya tidak bisa bangun untuk berdiri lagi..dan ini bukan mimpi !!!

Sahabatku tercinta, itu hanyalah sebuah kutipan pengalaman hidup yang akan memberi makna arti sebuah Plan ‘B’ atau sebuah rencana cadangan dalam hidup. Saya yakin bahwa saya, anda dan setiap orang pasti punya rencana dalam hidup, tapi apakah kita sudah mempersiapkan ‘rencana lain’ diluar dari rencana inti tersebut?..mungkin..

Selama 3 tahun setelah peristiwa itu, saya hidup dalam ketidakpastian..Perubahan pada fisik yang saya alami tidak sebesar perubahan secara mental. Saat itu saya merasa sudah kehilangan segalanya…cita”,teman,kebanggaan, semuanya,..Satu”nya harapan yang saya miliki saat itu hanyalah impian untuk sukses!..Ya, sebuah impian yang saya buktikan 1,5 tahun kemudian dengan berhasil menyelesaikan gelar sarjana disebuah Universitas Negeri dengan kondisi yang tidak senormal mahasiswa umumnya. Perasaaan bangga yang tak terkira pada waktu itu, dan bahkan sempat diliput dan di masukan berita pada stasiun TV Lokal daerah.

Sayangnya perasaan itu hanya sekedar lewat saja, karena tidak lama berselang perasaan ketidakpastian hidup kembali muncul, semua gelar,pengalaman kerja, organisasi,dan lainnya seperti waktu yang terbuang sia-sia karena kondisi ini..
Sampai akhirnya pada Februari 2008, saya membuka usaha dengan modal seadanya. Satu tahun sudah berjalan, saat ini usaha tersebut alhamdullilah terus berjalan dan sudah bisa membayar tenaga kerja.

Tapi mungkin benar yang dikatakan semua orang sukses bahwa pengalaman adalah guru terbaik..Antara november - desember 2008, belajar dari pengalaman masa lalu, saya mencoba membuat plan ‘B’ dalam hidup setelah diperkenalkan sebuah situs bisnis internet bernama formulabisnis.com. Dan ternyata, dari plan ‘B’ inilah saya menemukan sebuah harapan baru dalam hidup, Sudah pernah saya singgung pada artikel Affiliate Kaki Lima (bag.2) pendapatan saya dalam waktu 3 bulan dari bisnis ini, dan itu tidak seberapa dibanding sesuatu yang lain bisa saya dapat dari sini.

Melalui dunia ini saya dapat mengenal teman" baru yang sangat luar biasa, Pak Joko Susilo dengan perjuangannya selama hampir 1 dekade membangun bisnis internet diindonesia, Umar Puja Kusuma dengan pengalaman hidupnya yang dapat menginspirasi siapapun, M. Irwan Santika dengan keberaniannya keluar dari Zona aman pekerjaan, Habibie Afsyah dengan segala keluarbiasaannya, Dadang Firdaos dengan kebanggaannya sebagai no.2, Ona bunga dengan perjuangannya untuk kaum perempuan..dan semuanya yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu. Dari merekalah saya mulai belajar merancang rencana” besar dalam bisnis ini..

Plan ‘B’ adalah sesuatu yang jarang terpikirkan bagi sebagian orang yang sudah merasa berada dizona aman hidupnya, mungkin bagi mereka rencana ini hanyalah sesuatu yang tidak pasti dan bisa dilakukan kapanpun,..
Tapi sahabatku, percayakah kalian bahwa roda kehidupan terus berputar...Kita tak kan pernah tahu apa yang akan terjadi pada diri kita nanti...

Saat ini saya dapat menjalani usaha konvensional dengan tenang, karena saya tidak khawatir bila sewaktu-waktu terjadi sesuatu dengan usaha tersebut. Plan ‘B’ sedang saya siapkan untuk tetap bisa membawa saya meraih semua impian, saya tahu masih terlalu panjang perjalanan kearah itu, tetapi satu hal yang pasti adalah
...akan selalu ada perbedaan antara PEMIMPI dan PENGEJAR IMPIAN...


Saya Ricky, Terimakasih dan Sampai jumpa pada artikel selanjutnya...


Comments :

14 komentar to “Plan ‘ B ’ ( story of life )”

byme mengatakan...
on 

ntar kalo g berhasil plan c
byme

dadang firdaos mengatakan...
on 

SAYA MEMAKSAKAN DIRI UNTUK MENULIS KOMENTAR INI. KARENA SAAT MEMBACA ARTIKEL INI TANGAN SAYA LANGSUNG BERGETAR. (JUJUR SAYA KATAKAN).

SAYA UNTUK MENJADI SEKARANG INI BUKAN ATAS PILIHAN SAYA (MELAINKAN PILIHAN ORANG TUA). TAPI DIBALIK SEMUA ITU PENUH DENGAN MANFAAT YANG BERHARGA BAGI SAYA DAN MENCOBA BERMANFAAT JUGA BAGI ORANG2 YANG DEKAT DENGAN SAYA.

TAPI, SEKARANG RENCANA APAPUN / LANGKAH APAPUN YANG SAYA BENTUK DARI DULU SUDAH SAYA RASAKAN HASILNYA. DAN PASTINYA DARI HAL YANG SUDAH SAYA DAPATKAN PASTI AKAN SAYA JAGA DAN PELIHARA. SEJARAH MASA LALU MENGINSPIRASIKAN SAYA UNTUK TERUS MEMBUAT RENCANA LANJUTAN.

SUKSES PA...
BOLEH TENGOK PROFILE SAYA DIBAGIAN BAWAH BLOG REKAN BISNIS.
BERIKAN ARTI TERSENDIRI MENURUT SOHIB, SIAPA DADANG FIRDAOS (JIKA DIANGGAP PENTING)

Ricky mengatakan...
on 

@byme: Yang utama adalah bagaimana kita segera action kan semua rencana kita, dan bukan hanya menunggu semua berjalan sesuai keinginan. betul tidak :)

@dadang firdaos: Salut buat mas dadang, bisa menjalankan sesuatu dengan maksimal meskipun bukan keinginan pribadi. Kedepan saya musti belajar banyak dari sampeyan mas...
Profile pengalaman hidup yang menginspirasi mas, itulah kenapa saya beri trackback untuk melengkapi artikel ini.

-salam sukses-

Irwan M Santika mengatakan...
on 

Pagi mas Ricky, plan B dalam hal apapun sya rasa penting adanya untuk mempersiapkan jika sesuatu terjadi pada rencana kita sebelumnya juga memaksimalkan persentasi pendapatan, karena semakin banyak yg kita kerjakan maka potensi pendapatan semakin besar ( tentu saja harus dengan managen yg kuat, jika tidak kita akan kehilangan fokus terhadap apa yg kita kerjakan )

btw : tapi ma'af sebelumnya, apa boleh sya minta deskripsi lebih detail tentang yg mas alami ketika ada sebuah kejadian yg menimpa "ketika mas terbangun dari tidur" dan kejadian yg menimpa mas setelah mendapat gelar sarjana yg mas katakan " Sayangnya perasaan itu hanya sekedar lewat saja, karena tidak lama berselang perasaan ketidakpastian hidup kembali muncul, semua gelar,pengalaman kerja, organisasi,dan lainnya seperti waktu yang terbuang sia-sia karena kondisi ini.." dengan tujuan supaya saya lebih bisa memahami lebih mendalam apa yg mas rasakan, karena sya pikir dengan membayangkan saja atas suatu kejadian belum tentu cukup tanpa bisa menjiwainya, yg mudah2 han dapat bermanfa'at untuk diri sya dan secara umum untuk org2 disekitar saya.

Mungkin mas bisa ceritakan lewat email ke saya.
Sebelumnya sya minta ma'af,mungkin hal tersebut tdk mau mas ungkapkan secara lebih detail. terima kasih mas.

Irwan M Santika mengatakan...
on 

@byme, sebaiknya apa yg telah kita rencanakan pelajari sampai benar2 terkuasai baru melangkah ke tahap selanjutnya, salam..

Ricky mengatakan...
on 

@Irwan M Santika: wah pertanyaannya lengkap ya :),Yap tentu saja semua harus dengan manajemen yang kuat dan skala prioritas untuk semua kegiatan yang sedang kita jalani.

Pada waktu bangun saya tidak bisa berdiri mas, setelah itu ada beberapa diagnosa secara medis atau non medis a,l : Astenia,Stroke,Bellpase,teluh, dan banyak istilah lain yang saya tidak ingat semua.
Ya ketidakpastian itu muncul setelah sadar bahwa semua prestasi yang sudah diraih, ternyata bila tidak didukung dengan fisik yang sempurna menjadi suatu kendala besar bagi sebagian perusahaan.

Bukan bermaksud menutup-nutupi mas,kita harus selalu bersyukur dengan apa yang kita dapat bukan :), tujuannya agar artikel ini tidak kepanjangan dan membosankan saja.Karena pengalaman pribadi itu hanya sebuah cerita kecil yang mengandung makna pentingnya sebuah rencana cadangan dalam hidup. Entah itu berupa usaha pribadi,investasi,tabungan pribadi,dsb untuk mengantisipasi terjadinya hal" yang tidak diinginkan.Bagaimana ada yang ingin ditanyakan lagi mener :)

-salam sucses-

Ricky mengatakan...
on 

@Irwan M.Santika: Benar mas, yang penting adalah fokus dulu terhadap apa yang sedang kita kerjakan. Setelah itu pilihlah rencana cadangan yang tidak mengganggu fokus kita terhadap aktivitas utama.

-salam sucses-

Zamahsari mengatakan...
on 

salut atas perjuangannya mas.. dan ikut prihatin dengan kejadian yang luar biasa itu yang merubah total kehidupan mas ricky.. Semoga Allah memberi kemudahan dan kelancaran untuk mas Ricky

sumartono mengatakan...
on 

Ternyata Mas Ricky adalah sosok yang luar biasa. Sungguh saya kagum akan perjuangan Mas Ricky dalam menggapai kesuksesan hidup ditengah-tengah cobaan yang datang mendera. Sukses Mas, "Allah SWT tidak akan mencoba umatnya melebihi batas kekuatannya."

Irwan M Santika mengatakan...
on 

@Ricky, Luar biasa mas, dengan apa yg sudah mas dapatkan sampai sa'at ini merupakan hal2 yg bisa membangkitkan semangat semua org, jabat erat mas.

Umar Puja Kesuma mengatakan...
on 

Perjuangan hidupnya sungguh mengesankan. Saya memperoleh banyak pelajaran baru dari artikel ini.
Jika dipikir-pikir, memang perlu adanya Plan B agar kita bisa tetap survive dalam segala kemungkinan di masa mendatang.
Dan rasanya ini perlu segera di ACTIONkan sekarang juga. Bukan begitu Mas ?

Btw, terimakasih telah menganggap saya sebagai partner dan inspirator sukses Mas Ricky.

Salam Istimewa!

Ricky mengatakan...
on 

@zamashari: Terimakasih atas supportnya mas, Saya juga banyak belajar dari pengalaman mas zams berani mundur dari pekerjaan demi prinsip hidup.

@Sumartono: wah tidak terlalu luar biasa begitu to kang :), yap..Allah selalu memberi kemudahan dalam hidup ini, itu yang saya rasakan.

@Irwan M.Santika: Mungkin lebih tepatnya saya bersemangat karena orang lain mas, jabat tangan erat juga dan terimakasih atas link yang sudah bisa melengkapi artikel ini.

@Pak Guru: Wah pak guru memang panutan setiap orang. Plan-B mungkin baru terasa perlu bagi orang yang telah mengalami suatu kejadian. Dan itulah yang coba saya sampaikan lewat artikel singkat ini.
Mas Umar memang salah satu patner dan inspirator sukses saya.

-salam istimewa-

Obrolan lepas mengatakan...
on 

mantapp,, pertamaxxxxxx

Ricky mengatakan...
on 

@Rizal: Thanks pertamaxxx :)

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET