Affiliate Kaki Lima ( Bag. 2 ) : Follow Up vs Conversion Rate

Melanjutkan posting tentang Affiliate Kaki Lima yang pernah saya ulas pada artikel sebelumnya atau klik disini dulu bila sobat belum membaca. Setelah melihat beberapa tanggapan dari para sahabat, terutama komentar yang diberikan oleh sdr madysta dan syahru. Saya jadi tertarik untuk melanjutkan artikel Affiliate Kaki Lima pada bagian kedua, semoga pada bagian kedua ini kita bisa lebih memahami fenomena bisnis internet.

Sales. atau bahasa kerennya dalam dunia internet biasa disebut Affiliate,Reseller,Asociate merupakan ujung tombak dari maju mundurnya sebuah usaha. karena merekalah inilah orang-orang yang berjasa memasarkan suatu produk secara langsung kepada konsumen.
Sebagaimana kita tahu, dalam bisnis internet Banyak sekali metode yang harus dipelajari oleh seorang reseller untuk bisa memasarkan suatu produk secara on line. Diantaranya : metode promosi dengan menggunakan situs” iklan baris, PPC advertising, blog, ‘direct selling’ sampai dengan pemasangan iklan pada media cetak dan TV seperti yang dilakukan sahabat saya linggawati, dan masih banyak lagi. Lalu dengan sudah menjalankan semua metode tersebut apakah berarti closing penjualan bisa langsung terjadi?, tidak semudah itu kawan, karena masih ada satu tahapan lagi yang banyak direkomendasikan oleh para internet marketer professional yaitu metode 'Follow Up' terhadap prospek yang kita dapat, Mengenai strategi follow up pernah diulas secara lengkap oleh sahabat saya Arief Maulana,.
Sekarang coba sobat perhatikanlah alur penjualan sampai dengan tahap ini:

PromosiProspek - Follow upClosing Rate

Pada dasarnya sama dengan strategi pemasaran pada bisnis konvensional bukan?..Lalu dimanakah letak perbedaan dengan pemasaran di internet ?

Disinilah keunikan itu muncul sobat. Dalam bisnis internet ‘Conversion Rate’ merupakan suatu proses yang dapat membedakan dengan metode pemasaran produk bisnis konvensional pada umumnya.Proses yang berfungsi untuk menganalisa persentase pengunjung sebuah situs yang memiliki keinginan untuk mengambil tindakan. Hasil analisa tersebut merupakan sebuah metode pendekatan yang memberikan nilai rata” tindakan pengunjung terhadap suatu produk/jasa. Bila sudah mempunyai nilai ‘CR’ sebuah produk maka akan lebih mudah bagi kita untuk menentukan langkah selanjutnya, dengan begitu maka seperti pernah dibahas pada Blog Joko Susilo kita dapat mengelola resiko bisnis kita.

Setelah kita sudah mengetahui ‘CR’ suatu produk, apakah follow up sudah tidak penting lagi ?
Salah!, Follow up tetap merupakan suatu proses yang penting sobat, itulah mengapa proses ini sangat direkomendasikan oleh para internet marketers professional. Karena dengan follow up prospek menjadi lebih yakin akan kehadiran kita untuk mereka.

Lalu apa manfaatnya kita riset untuk mengetahui ‘CR’ sebuah produk diinternet, bila masih repot” follow up juga… 
Sobat boleh saya bertanya pada anda, bila saat ini sobat sedang menjalankan program afiliasi / Reseller, dari semua prospek yang sudah anda dapat:
- Sudah berapakah dari mereka yang tidak merespon follow up dari anda ?
- Sudah berapa lamakah anda menunggu pembeli pertama,kedua,ketiga,dst nya ?
- Berapa banyak yang berakhir dengan penjualan sebelum anda melakukan follow up ?

Yap…disitulah arti nilai ‘CR’ bagi kita, suatu PERKIRAAN langkah yang akan dilakukan dan sebuah HARAPAN dari penantian sobat !,



Sedikit berbagi pengalaman, Itu hanyalah sebuah bukti komisi reseller salah satu dari 4 program Afiliasi yang saya ikuti kurang lebih 3-4 bulan ini. Sudah menghasilkan 60 penjualan dalam tempo 3 bln, Sangat besar untuk orang kecil seperti saya :-). Dan percayakah anda bila saya katakan, sampai artikel ini diterbitkan belum pernah sekalipun saya bertemu langsung atau mengetahui wajah para pembeli saya, mungkin inilah salah satu keajaiban bisnis internet..
*Maaf, sama sekali tidak bermaksud menyombongkan diri dengan menampilkan screenshot diatas, karena saya yakin anda sudah / bisa mendapatkan lebih dari itu. Tampilan screeenshot itu hanya bermaksud untuk meyakinkan bahwa yang saya tulis merupakan sebuah pengalaman pribadi.. :-)

Key, lanjut ceritanya..Setelah sebelumnya tips untuk memilih program Affiliate Kaki Lima sudah pernah saya berikan, atau klik disini bila sobat belum membaca. Berikut beberapa tips yang bisa dipraktekan bagi sobat yang sedang serius menjalankan program afilliate Kaki Lima :
1. Promosikanlah produk anda, dengan menggunakan berbagai macam metode pemasaran diinternet, seperti iklan baris, PPC advertising, Buat website presell dan tempatkan pada halaman utama search engine melalui metode SEO, blogging dan bila perlu lakukan metode ‘direct selling’.
2. Follow up kepada setiap prospek yang sudah kita dapat.
3. Teruslah melakukan evaluasi terhadap nilai ‘CR’ dan ‘CTR’ untuk produk yang sedang anda pasarkan.
4. Berbagilah, seperti pernah saya bahas pada artikel sebelumnya atau klik disini bila sobat belum membaca.

Mengikuti Program Affiliate Kaki Lima merupakan sarana paling baik untuk mempelajari bagaimana cara memasarkan sebuah produk diinternet, karena dengan sudah menguasai strategi pemasaran yang benar maka akan lebih mudah bagi kita untuk menjual apapun diinternet, termasuk pruduk kita sendiri tentunya.Bagi sobat yang ingin serius menekuni strategi pemasaran dalam Affiliate Kaki Lima tetapi belum menemukan cara yang tepat, saya rekomendasikan cobalah kunjungi thegeniusbiz.com, mungkin sobat bisa menemukan solusi disana.

Ada satu hal yang perlu di renungi, tahukah sobat apakah metode ‘Conversion Rate’ dalam program affiliate di internet berlaku untuk suatu jenis produk atau untuk penjual produk tersebut ?, karena dengan metode dan produk yang sama ternyata hasil setiap orang masih bisa berbeda bukan :)

Bila sobat punya jawabannya, saya tunggu komentarnya anda ? bila tidak, pertanyaan tersebut akan kita bahas pada artikel Affiliate Kaki Lima (Bag.3) okey..

Saya Ricky, Terimakasih dan Sampai Jumpa pada artikel selanjutnya..


Comments :

42 komentar to “Affiliate Kaki Lima ( Bag. 2 ) : Follow Up vs Conversion Rate”

Zamahsari mengatakan...
on 

Sukses ya mas.. Tapi saya mau tahu berapa % conversion rate formulabisnis mas?? Karena conersion rate untuk PPC jelas berbeda dengan iklan jenis iklan lainnya. Tapi tetap saja hebat euy...Blog Bisnis Online

Umar Puja Kesuma mengatakan...
on 

Di bisnis OL sepertinya lebih mudah untuk mencari CR. Karena sistem sangat mudah mendeteksi jumlah kunjungan, prospek, dan pembeli. Jadi, dengan kemudahan ini kita juga lebih mudah memfokuskan media promosi.

Analisa CR mutlak diperlukan jika kita betul-betul menghendaki penjualan yang maksimal, namun benar juga kata Mas Ricky, kualitas follow up dari kita juga mempengaruhi CR yang akan dihasilkan. Untuk itulah dengan produk yang sama, bisa berbeda-beda CR-nya antarreseller.

Oya, satu lagi! Jangan mudah menutup layar jika setelah dianalisis ternyata CR yang dihasilkan perbandingannya sangat dramatis. Coba dianalisis sekali lagi, di mana yang perlu diperbaiki, sampai menemukan CR yang mendekati keseimbangan.

Btw, penjualan SMUO Mas Ricky cukup mengesankan. Semoga semakin memotivasi rekan-rekan yang masih sepi order.

Salam Istimewa!

Ricky mengatakan...
on 

@zamahsari: CR tidak secara langsung berhubungan dengan iklan mas, mungkin yang mas zams maksud adalah 'CTR' (click through Rate) dan itu lebih dipengaruhi oleh bahasa kita. Kalo 'CR' lebih menganalisa pada pengunjung yang sudah melakukan register atau bahasa marketingnya prospek kita.Jadi memang keduanya mempunyai ikatan yang kuat.

-salam persahabatan-

@Umar Pujakusuma: Komentar pak guru umar memang selalu menenangkan hati, mungkin betul yang dikatakan para internet marketer profesional, bahwa bisnis internet adalah bisnis cerdas.Karena semua langkah yang ingin kita ambil harus melalui sebuah riset terlebih dahulu dan diakhiri dengan evaluasi.
Terima kasih atas pujiannya mas, Benar bahwa SMUO merupakan bisnis internet yang paling direkomendasikan saat ini.

yanuar mengatakan...
on 

mas saya ingin bertanya knapa jmlah kunjungan dan jumlah prospeknya harus ditutup..hehehe

wah gede juga ya penghasilannya..sukses selalu ya mas , semoga semakin banyak yang order...

Ricky mengatakan...
on 

@Yanuar: Maaf ya mas, Itu semua demi etika bisnis..Karena belum tentu semua pemilik produk suka nilai 'CR' produk mereka dipublikasikan. Karena ketiga angka diatas bisa dijadikan panduan utk hitung nilai 'CR' suatu program afiliasi mas, semuanya saling berhubungan.
Begicu mas..hehe..

-salam sukses-

sumartono mengatakan...
on 

Ssst hasil yang mantabbbs dari program resseller. Btw, boleh tahu dong jurus-jurus promosinya yang begitu ampuh itu?
Salam sukses mas Ricky

Ricky mengatakan...
on 

Ssttt, tapi jangan bilang siapa" ya. Makanya artikel dibaca, disitu sudah saya ungkap jurus"nya :)

-salam sukses-

sumartono mengatakan...
on 

Weleh-weleh, kemarin saya bacanya ngantuk kali ya, maklum habis pulang kerja...kepala masih penat. Tapi sekarang sudah ngeh, saya ulangi lagi poin 1 :

"Promosikanlah produk anda, dengan menggunakan berbagai macam metode pemasaran diinternet, seperti iklan baris, PPC advertising, menempatkan situs pada halaman utama search engine, bloging dan bila perlu praktekan juga metode ‘direct selling’.

Banyumasan bae ya, pokoke sukses. Postingku sing anyar wis dadi, bisa ditiliki.

mr-mung mengatakan...
on 

waw... keren juga nih pak... 6 juta, boleh bagi2 jurus saktinya dong...

Ricky mengatakan...
on 

@sumartono: weleh" piye to kang :), yoi betul kang sumartono tapi setelah itu jangan lupa untuk mengevaluasi 'CR' dan 'CTR' okey..

@Mr. mung: lah sampeyan iki bisa aja, lah wong saya ini juga banyak belajar dari blog mr.mung :)

-salam sucses-

Obrolan lepas mengatakan...
on 

wah,, artikel yang bagus,, membuat saya lebih memahaminya,, thanks atas artikelnya,,,,

salam manisss,,,,,,,

irwan m santika mengatakan...
on 

sya tertarik terutama point yg ke 4 "Berbagilah" dengan begitu akan ada timbal balik, tentu saja timbal balik yg postif.

Salam selalu mas..

Ricky mengatakan...
on 

@rizal: terimakasih mas, semoga bisa bermanfaat untuk mas rizal..

-salam succses-

Ricky mengatakan...
on 

@irwan M santika: yap itu adalah strategi tambahan mas, saya pribadi juga tak pernah tahu pastinya alur proses tersebut bisa terjadi.
Tapi setelah mempraktekannya, keajaiban itu benar" muncul mas..yaitu peningkatan omzet setiap bulannya.

-salam sukses-

SUGIANA mengatakan...
on 

Mas Ricky, tulisan yang bagus dan bermanffaat banget untuk saya yang saat juga sedang belajar internet marketing dengan mengikuti affiliasi. Tulisan Mas Ricky, memberikan wawasan dan pengetahuan yang sangat penting bagi saya.
Salam sukses.

ARIEF MAULANA mengatakan...
on 

1. Terima kasih sudah memberikan trackback ke artikel saya.

2. Saya kagum dan salut luar biasa sama Anda. Hanya dalam 3 bulan sudah menghasilkan 6 juta. Bagaimana dengan setahun? hehehe...

Jadi saya mesti banyak belajar sama anda neeh mas ricky,

3. MEmang benar adanya, follow up sangat membantu menaikkan CR kita. Tapi jangan lupa untuk senantiasa melakukan riset ulang. KArena boleh jadi metode follow up kita juga perlu diupdate.

Salam SUkses

BLOG MOTIVASI ARIEF - Support Your Success for a Better Life

Ricky Nova Iskandar,S.Sos, mengatakan...
on 

@Sugiana : sama-sama mas, semoga bisa membantu. o iya saya juga suka artikel terbaru anda "kesuksesan terbesar berasal dari diri sendiri".

@Arief Maulana:
1. Sama-sama dan terimakasih artikelnya sudah bisa melengkapi artikel saya.

2. Inilah wujud orang sukses, sering merendah...Selalu menjadi motivasi saya perjuangan mas arief untuk memasarkan forbis sampai bisa mencapai lebih dari 80 penjualan.

3. Setuju

salam sucses-

byme mengatakan...
on 

mantap bos dan sukses selalu
byme salam kenal

Ricky mengatakan...
on 

Terimakasih atas kunjungannya mas.

-salam kenal kembali-

madhysta mengatakan...
on 

Saya selama ini kok selalu gagal yah... baik affiliati di online maupun offline... mungkin saya lebih cocok untuk yang serba self... self product, self promotion, self manage, hehehehe... trus self profit jugha..hahahaha

Ricky mengatakan...
on 

@madhysta: Gagal itu biasa mas, berusaha terus baru luar biasa. Mengikuti program afiliasi atau memasarkan produk sendiri diinternet sebenarnya sama mas, semua metode pemasaran yang digunakan pun sama.
Jadi pergunakanlah program afiliasi sebagai Riset untuk mencari cara yang pas memasarkan sebuah produk diinternet, betul tidak
...haaahaha jugha...

-salam sukses-

dadang firdaos mengatakan...
on 

terus bahas mas... saya pasti akan tunggu artikel lanjutannya...
================
informasi yang sangat bagus begini, saya dapatkan dengan telat.... (emang aktifitas offline membuat saya jadi sedikit terlambat, tapi menguntungkan)
================
boleh bergabungkan dengan jurusnya...
tapi, meskipun jurusnya sama... hasilnya kan berbeda ya...

Ricky mengatakan...
on 

@dadang firdaos: terimakasih atas kunjungannya mas, senang artikel ini bisa bermanfaat buat mas dadang.
====================
tak ada kata telat dalam hidup..yang penting adalah segera action rencana anda, btw kayana lg untung besar nih..hehe..
====================
Silahkan bergabung mas, sebagai awal jangan utamakan perbedaan besar kecil hasil masing" tapi utamakan jurus ampuh yang bisa kita temukan bukan...
Situs milik sdr nicko yang saya referensikan dan adalah seseorang internet marketer yang sudah berhasil menemukan sebuah metode pemasaran produk diinternet dan metode tersebut ternyata cocok buat saya praktekan.

Semoga bermanfaat, dan..

-salam sucses-

Fadly Muin mengatakan...
on 

Pas dulu mas Ricky.. masih bleng soal CR dan temen2nya...

selamat atas prestasinya yah..

muliawan mengatakan...
on 

sebelumya salam kenal mas..beberapa minggu ini saya pingin menjadi pedagang kaki lima...saya bersyukur bisa menemukan web mas ni jadi bisa belajar banyak, biar lapak saya gak kena gusur satpol PP..hehehe..thanks

Ricky mengatakan...
on 

@Fadlymuin: ga papa mas, terimakasih sudah berkunjung.

@Muliawan: salam kenal juga mas, wah selamat ya semoga segera terealisasi untuk menjadi PKL mas. Setelah itu dagang kaki lima juga secara on line. Ya seperti saya ini :-)

Rahasia sukses berbisnis Internet mengatakan...
on 
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
evriansyah mengatakan...
on 

Perlu banyak belajar dari Mas..nih!
thanks masukan yang sangat berguna sekali

Ricky mengatakan...
on 

@Evriansyah: Ayao kita sama-sama belajar mas,.

-salam sukses-

Gdsetia mengatakan...
on 

artikel yang ampuh mas, judul-nya membuat saya tertarik untuk membacanya...tips yang bagus

back2village mengatakan...
on 

nuhun cm mau numpang pasang iklan :
klik http://pulsa2duit.co.cc/

Ricky mengatakan...
on 

@Gdsetia: oke, silahkan dibaca mas semoga bermanfaat :)

@back2village: sip, silahkan mas.

-salam sukses-

Untaian Hikmah mengatakan...
on 

Bagus sekali, mudeng saya...
Mau tanya lagi ya mas...saya beberapa kali mengiklankan formula bisnisnya pak joko dan pulsagram, tapi selalu kehilangan jejak, bagaimana ya cara mengendalikan iklan2 itu biar kita tahu apakah iklan kita itu efektif atau tidak ? Thanks

Ricky mengatakan...
on 

@Said : Maksudnya kehilangan jejak gimana pak?. Coba anda evaluasi berapa besar konversi iklan yang anda pasang...bila efektif coba tingkatkan promosinya dan lihat apakah omset meningkat juga atau tidak.

Tapi bila ternyata tidak efektif, coba cari cara yang lainnya. Intinya anda harus berani mencoba berbagai metode.
Semoga membantu pak, bila ada yang kurang jelas anda bisa hubungi saya lewat email ricky_nova_iskandar@yahoo.com

Keep Spirit

Ricky
Businessman

bisnis internet mengatakan...
on 

ok mas, akan saya coba praktekan. Terimakasih :)

Ricky mengatakan...
on 

@bisnis internet: silahkan, semoga bermanfaat.

usaha internet mengatakan...
on 

Terimakasih tipsnya mas,,, semoga bermanfaat busat saya,,,

reizky mengatakan...
on 

mksh mas infonya...

mudah2an saya bisa mmpraktekannya...

gagah Perkasa mengatakan...
on 

Tips dan Tulisan postingannya bermanfaat, saya dalam ide baru dari postingan ini. Terima kasih banyak

SEO Basic mengatakan...
on 

wah mantap nich mas bro... sukses ya dengan formula bisnisnya. semangat terus.. :)

Ari Giduk mengatakan...
on 

belum berani ikut program yang seperti ini, ngrasain duit dari internet saja belum masa harus ngrogoh kantong

limatigaempat mengatakan...
on 

Mantep ni mas baru kali ini saya menemukan artikel yang power banget.

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET