Bisnis Online & Penipuan

Halo sobat netter, pa kabar ?, beberapa waktu lalu saya membaca beberapa thread bisnis internet dikaskus. Tenyata melalui komentar-komentar yang sesekali diselingi adanya perdebatan para marketer yang ada disana, saya malah jadi tertarik menulis artikel ringan ini.

Sebenarnya yang membuat saya jadi tertarik adalah sejumlah komentar yang menyangkut pautkan beberapa nama-nama beken top marketer Indonesia yang sempat disinggung sebagai penipu...hmm..Untung nama saya ga ada ya , siapa elo..wkwk..

Ok, sobat, menyambung artikel berjudul Industri internet marketing Indonesiaku yang pernah saya buat, seharusnya kita bisa menjadikan internet sebagai peluang bisnis yang potensial…Tapi kenapa ya sekarang justru marak beredar klaim produk-produk sampah, penipuan, dan sebagainya pada bisnis ini ?

Apakah mungkin maraknya klaim-klaim seperti itu pertanda makin tingginya peminat bisnis online di Indonesia ?, jika iya maka sudah tidak ada waktu lagi bagi anda untuk secepatnya mengambil keputusan action.

Lho kok ?, gimana dengan berita penipuan bisnis online itu...

Ahhh, dikesampingkan aja dulu beritanya. Lagipula sebagian besar sumber klaim-klaim itu juga tidak jelas asal usulnya dan hanya mengedepankan analisa saja. Jadi waspada boleh, takut jangan..wkwkwk…

Ada satu hal yang harus kita luruskan adalah anggapan yang mengatakan bahwa bisnis internet adalah cara mudah untuk menghasilkan uang. Nah, untuk anggapan yang satu ini cobalah kita gunakan logika dalam menerima setiap informasi...Bahwa yang namanya bisnis pasti butuh modal, waktu, tenaga, pengorbanan dan tentu saja proses untuk dapat menikmati hasilnya.

Begitupun dengan peluang pada bisnis online, dengan potensi penghasilan yang sangat menjanjikan ini semestinya kita justru harus sadar bahwa dibutuhkan pengorbanan untuk bisa mendapatkannya...Tapi seperti yang pernah saya ulas pada artikel mitos darwin dalam bisnis internet bahwa kelebihan bergerak dibisnis online adalah kita bisa minimalisir semua problem itu.

Bagaimana pengalaman anda sendiri sobat, apakah setuju bila ada anggapan yang mengatakan bahwa bisnis online itu penipuan ?

Saya Ricky, Terimakasih dan sampai jumpa pada artikel peluang bisnis selanjutnya...



P.S : Tips mengenai bagaimana memanfaatkan e-book pernah saya ulas disini.

Comments :

38 komentar to “Bisnis Online & Penipuan”

hill mengatakan...
on 

bagus mas ricky ulasannya,utk ukuran sy bisnis online susah karena sy belajar dr 0 jd hrs merangkak secara perlahan, tp klo dibandingkan dgn bisnis konvensional jelas bisnis online relatif lbh mudah, utk pnghasilan sendiri msh ngos2an, msh bnyk mengandalkan beriklan di ppc :D

trims
salam
hill

fadly muin mengatakan...
on 

Cakupan terhadap Bisnis Online seharusnya di pandang dengan sorotan yang lebih luas. bukan hanya do lihat sebagai tempat jualan ebook, tapi lebih dari itu.

saya yakin, analisa mas ricky ini sedikit banyak akan mengungkit perasaan takut pengunjung awam. tks mas

Khery Sudeska mengatakan...
on 

Besarnya gaung isu penipuan bisnis online ini sebenarnya kurang sehat. Tapi, yang namanya bisnis, isu yang seperti ini sulit dihindari. Dan, di lain sisi, ini menunjukkan sebuah perkembangan yang cukup menarik dari peluang bisnis online ini.

Jadi, kita ambil sisi baiknya saja. Isu ini juga akan semakin membuat para internet marketer semakin meningkatkan kualitas produk mereka masing-masing. Semakin berkualitas produk, tentu akan semakin berkualitas pula nilai bisnis ini. Ujung-ujungnya, masing2 internet marketer akan semakin bersaing dalam mutu. Kalo mutu meningkat, tentunya penjual dan pembeli akan sama2 mendapatkan input yang menguntungkan...

Saya kira demikian, Mas Ricky :)

Benny mengatakan...
on 

Sebenarnya berita di forum2 tersebut udah lama terdengar, namun alangkah baiknya kita selalu berfikir positif saja. biarlah orang yang tertipu/ merasa tertipu/ korban penipuan itu mengambil pelajaran sebagai pengalaman dan bagian proses mereka menjadi lebih pintar dalam penalaran, bahwa bisnis online di internet itu tidaklah gampang.

Dan bagi para pelaku berdoa saja agar undang2 ITE tidak pernah berlaku, sehingga anda masih dapat sebebas2nya berekspresi. :p


cuma heran koq ebook yang katanya sampah itu malah tambah laris yah...?? hehe..

Alfred mengatakan...
on 

Mantab mas ricky...saya suka...waspada harus, tapi jangan takut :D

Harus jeli memilih siapa yang pantas (produk atau service bisnis online) untuk kita andalkan, :D

Ricky mengatakan...
on 

@Hill: yup, kita semua pasti mulai dari 0 ya mas...Yang penting adalah usaha kita untuk mencapai 10.

@fadly muin: yup benar mas, bisnis online memang banyak jenisnya. Bukan sebatas pada jualan buku,

@Khery Sudeska: Itu yang kita harapkan mas, semua marketer akan meningkatkan kualitas produknya.

@Benny: Semoga UU ITE segera disahkan ya mas, agar semua pihak merasa terlindungi. Pemilik produk bisa tenang dari praktek-praktek pencemaran nama baik, dan konsumen pun bisa terhindari dari praktek-praktek penipuan.

@Afred: oce mas, waspadalah..waspadalah.. :)

dadangsupriadi mengatakan...
on 

Saya setuju kalo bisnis online itu penipuan...
maksudnya banyak yang tertipu..

bidan desa mengatakan...
on 

terima kasih sudah berkunjung mas...

saya setuju dengan anda....." Waspada boleh, takut jangan "

wellsen mengatakan...
on 

Setuju, mas..
kalo kita cuma mau debat kusir dan hobi cari ribut, mungkin di situ tempatnya..
Tapi kalo kita benar-benar ingin sukses di bisnis online, sebaiknya kesampingkan dulu komentar2 miring seperti itu.. yang penting kita tidak menipu pelanggan dan tidak menjanjikan kaya instan, serta menyajikan yang terbaik untuk customer :)

sumartono mengatakan...
on 

Biarin aja dech mas apa kata mereka yang tidak suka, yang jelas saya optimis dan sudah terbukti bahwa bisnis internet sangat menjanjikan. Yang penting tetap konsisten.

KangBoed mengatakan...
on 

Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
I Love U fuuulllllllllllllllllllllllllllll

KangBoed mengatakan...
on 

waaaaaaaaaaah ikutan belajar dunk.. saya masih enda ngerti kok bisa dapat uang yak

arief maulana mengatakan...
on 

kadang kala penipuan atau tidaknya tergantung masing-masing pribadi mas. Kecuali bisnis yang memang ponzi scheme. Seperti artikel yg pernah saya tuliskan mengenai orang yg protes sama Pak Kusuma. Bisa jadi karena ybs gagal mempraktekkan, maka berkoar-koar penipuan.

Reference :
http://ariefmaulana.com/2009/08/bisnis-investasi-online-dan-skema-ponzi

casrudi mengatakan...
on 

Penipuan atau tidak itu relatif sih Mas... Kalu merasa tertipu biasanya berhenti dgn bisnis tersebut, tapi kalau tidak merasa tertipu ada kalanya melanjutkan bisnis itu ke orang lain... tinggal tindakan kita selanjutnya bagaimana, apa punya niatan menipu orang lain juga setelah kita tertipu?... :P

Artikel yg inspiratif mas, salam hangat dr Jakarta...

Ricky mengatakan...
on 

@dadangsupriadi: Mungkin kalo dijabarkan kategori penipuan itu yang seperti apa lebih baik mas...Siapa tahu bisa bermanfaat buat temen-temen disini :)
Thanks for share.

@Kangboed: Wah si akang bisa aja, lagi sembunyikan jati diri ya kang...wkwkwk..thanks udah berkunjung..

@arief maulana: yup, benar mas memang sangat disayangkan ya. Tidak sedikit klaim masalah penipuan itu justru datang dari orang-orang yang tidak berhasil sebelum mencoba.
yup reference-nya sudah pernah saya baca mas, semoga bisa bermanfaat buat temen-temen disini..

@Wah, kalo masalah penipuan sih kayanya mendingan jadi korban daripada pelaku deh mas..hue..
salam hangat juga untuk jakarta

Zamahsari mengatakan...
on 

untung nama saya juga nggak ada wkwk.. siapa juga saya hehe.. klo saya sih biarin aja mas tentang pendapat pro kontra.. artikel saya tentang JS juga saya biarkan mereka berpendapat .. biasalah pro dan kontra..

sugiana.com mengatakan...
on 

Perlu kita semua meluruskan anggapan keliru di masyarakat bahwa bisnis online sama dengan penipuan, padahal itu mungkin hanya ulah 1 atau 2 oknum saja tetapi dampaknya masyarakat menggeneralisir semuanya. Mari kita tunjukkan bahwa bisnis online bukan itu tetapi bisnis yang penuh dengan etika dan kejujuran. Sukses untuk bisnis online Indonesia.

penyuluhpertanian.com mengatakan...
on 

Informasi yang penting bagi saya. Penipuan mungkin ada dan kewajiban kita untuk selalu berhati-hati dan cari informasi yang cukup dan memadai mengenai suatu bisnis online.

Bisnis Online mengatakan...
on 

Yg penting kita tetep terus berusaha agar tetap sukses :)

MasWienNews.com mengatakan...
on 

Ulasan yang mantap Mas Ricky, memang bisnis online banyak yang kapok dan tertipu dengan janji-janji. Memang berbisnis tidak ada yang instan... perlu perjuangan. Yang penting bangun kepercayaan...

Dollar dari PeopleString mengatakan...
on 

Namanya dunia bisnis, baik dunia offline maupun online, selalu akan ada pihak2 yang berusaha ambil keuntungan dari nafsu serakah orang atau kekurang-informatifan seseorang (alias orang-orang yang terlalu malas untuk lakukan proses research atau tanya2).
Walaupun tetap saja ada kemungkinan tertipu (scammed) setelah research yg mendalam. Anggap saja 'investasi' pengalaman.
Tetap semangat IM Indonesia!

PS

Mrs.TITIK mengatakan...
on 

Bener dik Ricky, saya sependapat dengan Anda jangan katakan "MUDAH", karena memang tidak semudah itu, Bahwa yang namanya bisnis pasti butuh modal, waktu, tenaga, pengorbanan dan tentu saja proses untuk dapat menikmati hasilnya. ( Dalam bisnis apapun tidak terkecuali BISNIS Internet )...

dony mengatakan...
on 

harus teliti dan hati-hati...

T. Wahyudi mengatakan...
on 

saya 100% tidak setuju mas...!!!! banyak juga kok yang tidak menipu... mungkin yang bikin bisnis internet indonesia rusak.. karena produk yang di tawaran tidak berkwalitas... sehingga banyak yang merasa tertipu.... :)

rudy azhar mengatakan...
on 

netter sekarang udah pada kritis kok, mereka udah bisa memilah-milah mana bisnis yang bagus dan mana yang menjebak. betul betul betul...

Ricky mengatakan...
on 

@zamahsari: yup, bener mas sepertinya sekarang bukan cuma JS aja, kayanya sudah tambah lagi ya...hehe..

@sugiana.com: sip mas, semoga anggapan itu bisa lurus seiring berjalannya waktu..

@penyuluhpertanian.com: Benar mas, langkah itulah yang harus kita lakukan untuk meminimalisir kesalahan.

@Bisnis online: sip bos, maju terus..

@MasWienNews: Sepakat dengan mas wien bahwa semua butuh perosessss.. :)

Ricky mengatakan...
on 

@Dollar dari Peoplestring: Mendukung mas, maju terus Internet Marketing Indonesia!!

@Mrs. Titik: Ok bu, mudah bukan berarti tidak ada tantangannya. Mudah untuk yang udah bisa gitu bu..hehe..

@dony: sip mas,

@T. Wahyudi: Berarti kedepan UU IT harus dibuat ya mas, biar orang-orang yang merasa tertipu bisa melapor gitu :)

@Rudy Azhar: Sip mas. Terimakasih sudah berkunjung :)

infoGue mengatakan...
on 

Hai, salam kenal, artikel anda ada di

sini

ayo gabung bersama kami dan promosikan artikel anda ke semua pembaca. Terimakasih ^_^

hpnugroho mengatakan...
on 

kembali ke diri sendiri aja, biasanya di iklan-2 itu kan ada iming-2 yg "tidak wajar" harusnya kita pakai rasio bukan emosi, mana ada bisnis gampang, kecuali bisnis warisan yg tinggal duduk dapet duit .. :D

maizul mengatakan...
on 

alhamdullillah nama saya gak ada didaftar penipuan :)

Ricky mengatakan...
on 

@InfoGue: salam kenal kembali mas, terimakasih ya...

@hpnugroho: yup, sayang saya ga ada awrisan mas. Jadi ya harus kerja keras..hehe..

@maizul: syukurlah mas, semoga masuknya daftar top marketer aja ya :)

aris mengatakan...
on 

Dunia ini banyak sekali bisnis, untuk menarik simptipun banyak sekali trik, persaingan pun marak sekali, jadi so kita harus hati-2 dengan comentar yang mengatakan itu sampah, penipuan etc, toh di bilang penipu tapi kok banyak ya, pengikutnya dan mereka merasa manfaat dengannya, jadi abaikan saja dan terus hati-2 dalam menjalankan bisnis Online ini, ini dunia maya, sah-sah saja orang bilang apa...
Terus semangat IM Indonesia

Mrs-titik mengatakan...
on 

halo adik .. sibuk nih lama gamuncul....

Semangat yuk ....

Afiff mengatakan...
on 

Bisnes/Perniagaan bukan shj ditipu di alam siber, di alam nyata pun ada bisnes yg menipu. Apa yg perlu kita lakukan adalah sentiasa berhati-hati dn jgn mudah tertipu dgn janji2 manis.

Ricky mengatakan...
on 

@Aris: Komentar yang bijak mas, tidak ada bisnis tanpa resiko didunia ini..Termasuk bisnis online tho :)

@Mrs. Titik: Hehe..iya bu lagi agak..

@Afiff: Yups, perniagaan memang penuh dengan janji-janji manis..

YUGA mengatakan...
on 

om ricky...jadi bisnis online yang tidak menipu itu yg bagaimana sich..:D..?? kasih contoh supaya kita bisa ikutan berbisnis dan tidak tertipu....

YUGA mengatakan...
on 

om ricky...kalau memang mas tau bisnis online yg tidak menipu, kenapa tidak ditunjukin caranya belajar bisnis online yg benar benar menghasilkan, supaya anak bangsa ini punya kerjaan semua....

Ricky mengatakan...
on 

@YUGA: Bagi saya cara yang terbaik untuk memilih bisnis yang tidak menipu adalah rekomendasi dari orang yang kita kenal atau sosok yang memang sudah terkenal karena konsistensinya terhadap suatu bidang. Kalo cara menjalankan bisnis online banyak sekali pilihannya mas, salah satu cara yang saya jalankan dan sudah memberikan hasil yaitu menjadi sales online. Jadi rekomendasi saya, mas bisa coba profesi tersebut.

Kalo tertarik Silahkan baca-baca dulu gratis panduan bagaimana menjadi sales online.

Posting Komentar

UNTUK KEMAJUAN DUNIA INTERNET MARKETING DI INDONESIA, TERIMAKASIH

←   →
 

Copyright © 2009 by PELUANG BISNIS | BISNIS INTERNET | BISNIS ONLINE TANPA RIBET